BNP Paribas Optimis Pertumbuhan Ekonomi pada 2018 Stabil

  • Dodo
  • 24 November 2017
  • 0

PT. BNP Paribas Investment Partners hari ini membahas tentang market outlook dan landskap politik Indonesia di 2018 optimis terhadap kondisi makro ekonomi serta prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan.

Karena tahun 2018 merupakan tahun yang penting bagi perkembangan ekonomi dan politik di Indonesia, mengingat tahun tersebut adalah pelaksanaan Pilkada serentak dan menjelang tahun pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Vivian Secakusuma, President Director PT. BNP Paribas Investment Partners (BNP Paribas IP) memaparkan,
“Kita dapat melihat tahun politik di 2018 sebagai tahun risiko atau tahun peluang, tergantung bagaimana kita memandangnya.”

Menjadi risiko jika pada tahun tersebut, kita terpaksa merealisasikan kerugian ketika pasar sedang pada kondisi turun.”
Ujar Vivian di Mandarin Hotel  Jakarta, kamis Siang (23/11).

Jika mengamati sejarah tiga kali pelaksanaan Pemilu 2004, 2009 dan 2014, maka Pemilu selalu menjadi katalis positif untuk tahun menjelang Pemilu dimana likuiditas dan pembelanjaan masyarakat akan cenderung meningkat sehingga mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi.

Lebih lanjut vivian mengatakan, namun akan menjadi peluang besar jika kita memiliki resilien dan jangka waktu yang cukup panjang sehingga memberi waktu bagi pasar untuk bergerak naik.

“Oleh karena itu, sangat penting bagi kita memahami profil risiko investasi masing-masing.”  tutup vivian.

Selain melihat kondisi perekonomian Indonesia masih cukup positif dan stabil hingga akhir tahun, BNP Paribas IP juga mengantisipasi fokus pembelanjaan pemerintah pada tahun 2018 adalah tetap untuk pembelanjaan infrastruktur dan peningkataan di pembelanjaan sosial yang diharapkan akan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga turut menyokong perekonomian Indonesia.

Perusahaan memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan berada pada kisaran 5,3 sampai 5,4% dan target IHSG berada di level 6,500 – 6,600. (*)

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *