• Homepage
  • >
  • TIPS
  • >
  • Daihatsu Gelar Program Peduli Thalassaemia

Daihatsu Gelar Program Peduli Thalassaemia

  • Karyoto
  • 13 November 2017
  • 0

Banyaknya penderita  penyakit Thalassaemia di Indonesia, namun belum banyak kalangan yang peduli akan keberadaannya. Penyakit Thalassaemia sendiri merupakan penyakit keturunan terbesar di dunia yang jumlah penderitanya di Indonesia cukup signifikan.

Ironisnya, meskipun frekuensi pembawa sifat Thalassaemia di Indonesia berkisar 6-10 % yang berarti setiap 100 orang terdapat 6-10 orang pembawa sifat Thalassaemia, banyak masyarakat di Indonesia yang belum mengerti Thalassaemia, baik penyebab maupun cara penanggulangannya.

Oleh karena itulah, Daihatsu Indonesia sebagai perusahaan otomotif  yang beroperasi di Indonesia melalui program CSR nya, menunjukan kepeduliannya terhadap para penderita Thalassaemia dengan menggelar rangkaian program Company Social Responsibility (CSR) Daihatsu Peduli Thalassaemia yang bertajuk “Yes We Care”.

Rangkaian program CSR tersebut meliputi  program edukasi Thalassaemia dan program Galang Donor Darah bagi warga Jabodetabek yang berlangsung di tengah acara Jakarta Car Fee Day hari minggu pagi di Jakarta, 12 November 2017. Program tersebut merupakan bagian dari kegiatan rutin tahunan perusahaan sebagai wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap penyakit Thalassaemia.

Penyelenggaraan program Daihatsu Peduli Thalassaemia dan Galang Donor Darah yang  digelar di tengah acara Jakarta Car Fee Day tersebut dimaksudkan agar masyarakat yang datang ke arena Jakarta Car Free Day dapat ikut dalam program edukasi dan sosialisasi tentang penyakit dan penanggulangan Thalassaemia.

Selain itu kegiatan tersebut bertujuan  untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar peduli terhadap penyakit genetik Thalassaemia dengan memberikan pengetahuan mengenai penyakit tersebut. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mengajak mereka berpartisipasi aktif dalam program screening (test darah deteksi pembawa Thalassaemia).

Melalui program screening, para peserta akan mengetahui apakah mereka adalah pembawa bakat penyakit Thalassaemia atau tidak shingga mereka dapat mengambil tindakan antisipatif agar penyakit ini tidak menurun ke keturunannya kelak.

Sementara kegiatan  donor darah yang merupakan kegiatan utama di kegiatan CSR tersebut dimaksdukan untuk membantu para penderita penyakit Thalassaemia agar memiliki semangat hidup dan dapat beraktivitas normal.

Menurut Supranoto, Deputy Chief Executive Daihatsu Indonesia, dua faktor utama yang mendasari Daihatsu Peduli Thalassaemia adalah karena tingkat kepedulian masyarakat yang masih kurang dan makin meningkatnya jumlah penderita Thalassaemia di Indonesia, khususnya di Jakarta.

“Program ini sudah berjalan 6 tahun, sejak pertama digelar pada tahun 2011, kegiatan ini merupakan ajang sharing pengetahunan seputar penyakit Thalassaemia bagi masyarakat, penggalangan donor darah, masyarakat juga dapat melakukan screening deteksi penyakit Thalassaemia secara gratis, ”  ujar Supranoto, di sela-sela acara program Daihatsu Peduli Thalassaemia, Minggu (12/11/2017) di Jakarta.

“Harapan kami, melalui program ini masyarakat semakin peduli akan penyakit Thalassaemia dan mereka dapat berperan aktif memberikan dukungan dan bantuan dalam kegiatan penanganan penderita Thalassaemia di lingkungan terdekat mereka, “ tambahnya.

Selain kegiatan edukasi dan penggalangan kegiatan donor darah, sebagai wujud nyata juga Daihatsu Indonesia memberikan bantuan pengadaan sarana transportasi berupa satu unit Mobil Grand Max sebagai kendaraan operational bagi Yayasan Thalassaemia Indonesia untuk dijadikan sarana dalam melakukan pemberian edukasi dan bantuan penanganan kepada penderita Thalassaemia.

 

 

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *