• Homepage
  • >
  • TIPS
  • >
  • Dow Performance Silicones Perkenalkan Bahan Tambahan (Aditif) Silikon unik Dow Corning® HMB-6301 untuk Film BOPP

Dow Performance Silicones Perkenalkan Bahan Tambahan (Aditif) Silikon unik Dow Corning® HMB-6301 untuk Film BOPP

  • Karyoto
  • 20 Oktober 2017
  • 0

Dow Performance Silicones, unit bisnis global di divisi DowDuPont Materials Sciences, baru-baru  ini di Fakuma 2017 (Stan A3-3217) meluncurkan masterbatch baru Dow Corning® HMB-6301, sebuah solusi unik yang sedang dalam pengajuan hak paten yang didasarkan pada platform teknologi silikon dari heritage Dow Corning. Solusi ini menghadirkan kinerja slip jangka panjang yang stabil tanpa migrasi untuk memfasilitasi pemprosesan produksi kemasan dari film bi-axially oriented polypropylene (BOPP).

Teknologi canggih berbasis silikon ini mengatasi kelemahan utama dari bahan slip (slip agents) yang standar, termasuk migrasi yang terus-menerus dari permukaan film, serta degradasi seiring waktu dan di bawah suhu tinggi.

Dow Corning HMB-6301 Masterbatch dapat memberi manfaat bagi konverter dan pengolah film BOPP dengan menurunkan koefisien gesekan (coefficient of friction/COF) untuk mengoptimalkan efisiensi produksi kemasan, dan juga memungkinkan pencetakan dan metalisasi yang unggul guna menghasilkan kemasan yang menarik dan berkualitas tinggi.

“Gesekan merupakan masalah yang terjadi berulang dalam produksi kemasan dengan menggunakan film BOPP (misalnya, dalam operasi form-fill-seal) karena dapat berdampak negatif terhadap penampilan film, menyebabkan deformasi dan bahkan pecah, sehingga mengganggu keluaran (throughput),”  ungkap Christophe Paulo, Global Segment Leader dari Dow Performance Silicones.

Dow Corning HMB-6301 Masterbatch yang baru ini tidak hanya mengatasi masalah tersebut, namun juga dapat membebaskan para pelanggan dari keterbatasan waktu dan suhu penyimpanan, serta mengurangi kekhawatiran tentang migrasi aditif, sehingga memungkinkan mereka untuk memaksimalkan kualitas, konsistensi dan produktifitas.

Pendekatan Terbaru untuk Tantangan yang Klasik

Lilin (wax) organik, seperti erucamide, telah banyak digunakan dalam film BOPP untuk pembuatan kemasan karena kinerja slipnya yang efektif. Namun, lilin ini mudah dan terus-menerus bermigrasi dari permukaan film.

Migrasi ini dapat mempengaruhi penampilan dan kualitas bahan kemasan dengan meningkatnya level ketidak jernihan (hazyness) pada suatu film. Migrasi juga dapat berdampak negatif terhadap operasi hilir seperti pencetakan saat aditif berpindah dari permukaan yang diberi slip ke permukaan yang diberi korona selama penggulungan dan penyimpanan film. Kelemahan lainnya termasuk sensitifitas terhadap suhu tinggi, dan penurunan kinerja slip seiring waktu.

Tidak seperti aditif slip lainnya, Dow Corning HMB-6301 Masterbatch ditambahkan hanya pada lapisan luar film BOPP. Karena produk ini tidak bermigrasi maka tidak ada perpindahan dari permukaan yang diberi silikon ke permukaan yang diberi korona. Dengan menghindari dampak pada tegangan permukaan dari bagian yang diberi korona, solusi ini menjaga keefektifan pencetakan dan metalisasi.

Teknologi Dow ini juga stabil sepanjang waktu dan dalam berbagai suhu, sehingga kinerja slipnya yang sangat bagus ini bersifat permanen. Selain itu, aditif ini tidak akan mengembang atau secara signifikan mempengaruhi sifat optik dari film yang transparan.

Dow Corning HMB-6301 Masterbatch dirancang untuk film BOPP dan PP cetakan film dimana biasanya digunakan pada kantong makanan, pembungkus, kemasan pak dan kantong, yang telah lulus uji kepatuhan kontak makanan di Uni Eropa dan dalam proses persetujuan kontak makanan di FDA Amerika Serikat. Solusi ini cocok untuk garis sambungan (sequential) maupun serentak (simultaneous). Bahan ini disediakan dalam bentuk pelet yang mudah ditangani dan telah tersedia di seluruh dunia.

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *