• Homepage
  • >
  • TIPS
  • >
  • IoT: Sebuah Model Komputasi Terdistribusi Baru

IoT: Sebuah Model Komputasi Terdistribusi Baru

  • Karyoto
  • 19 Oktober 2017
  • 0

Era IoT Baru Menandakan Kembalinya ‘Komputasi Terdistribusi’

Dell Technologies (Dell) kembali menegaskan komitmennya membantu para pelanggannya untuk merealisasikan masa depan digital mereka. Seiring dengan semakin maraknya implementasi Internet of Thing (IoT), Dell kali ini ingin membantu para pelanggan menjelajahi lingkungan IoT yang kompleks dan terfragmentasi secara aman.

Hal ini tak lepas dari perkembangan industri Teknologi Informasi (TI) dimana sebagian besar jenis perangkat telah terhubung secara ‘pintar’ dan real-time. Kondisi ini tak hanya sekedar membutuhkan cloud computing, tapi lebih dari sebuah infrastruktur yang mumpuni yang mampu merealisasikan IoT dalam hitungan detik. Di sisi lain, juga untuk menjawab kebutuhan pelanggan dimana kebanyakan perusahaan membutuhkan solusi-solusi IoT lengkap yang dapat diterapkan di dalam perusahaan mereka terus meningkat.

“IoT telah mengubah cara kita hidup, cara perusahaan beroperasi dan cara dunia bekerja,” kata Michael Dell, Chairman dan Chief Executive Officer, Dell Technologies. “Dell Technologies membuka jalan para pelanggan kami dengan suatu arsitektur komputasi terdistribusi baru yang menyatukan IoT dan kecerdasan buatan dalam satu ekosistem yang saling bergantung mulai dari edge ke core hingga cloud. Dampaknya terhadap komunitas global kami akan sangat luar biasa.”

Pendekatan komprehensif terhadap IoT yang dihadirkan Dell Technologies didasarkan pada teknologi dan layanan terdepan di industri dan ekosistem kemitraan yang dirancang dengan seksama guna mewujudkan nilai sesungguhnya bagi para pelanggan saat ini dan membantu mempersiapkan mereka menghadapi masa depan.

David Webster, President, APJ Enterprise, Dell EMC, menjelaskan bahwa di wilayah Asia Pasifik dan Jepang, dengan jumlah populasi dan perangkat yang saling terhubung yang terus tumbuh dengan sangat cepat, kesempatan yang dihadirkan IoT bagi perusahaan-perusahaan besar sama signifikannya dengan tantangan yang akan dihadapi.

Mendapatkan hasil terbaik dari kumpulan besar data yang dihasilkan oleh perangkat-perangkat berbasis IoT ini memerlukan infrastruktur TI modern yang aman mulai dari edge ke core hingga cloud. “Dell Technologies membantu berbagai organisasi mengatasi hambatan-hambatan teknologi yang mereka hadapi dan memahami keseluruhan ekosistem IoT, untuk membantu mereka berinovasi dan menciptakan pengalaman pelanggan yang berbeda dari yang lain,”ujarnya.

Amit Midha, President, APJ Commercial, Dell EMC menambahkan bahwa transformasi digital telah menjadi kebutuhan bagi perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik dan Jepang agar dapat tetap bertahan saat ini. implementasi IoT terbukti menjadi faktor pembeda sebagai bagian dari transformasi ini.

Namun dengan memperhatikan berbagai pasar dan industri di kawasan ini, jalan untuk merealisasikan manfaat penerapan IoT tidak selalu terlihat jelas. Bahkan langkah-langkah awal berbagai proyek IoT terhambat oleh kurangnya contoh kasus terbaik atau kompleksitas teknologi itu sendiri. Mulai dari menjadikan kota-kota kita lebih cerdas hingga memungkinkan praktik pertanian yang lebih berkelanjutan. “Dell Technologies menghadirkan solusi, layanan dan ekosistem mitra IoT yang dibuat sesuai kebutuhan untuk membantu berbagai organisasi mengatasi berbagai hambatan tersebut dan mendorong perjalanan transformasi digital mereka,” tegasnya.

Komitmen Dell Technologies ini telah diwujudkan dengan dibentuknya divisi khusus untuk IoT. Divisi ini bertanggung jawab untuk menata pengembangan berbagai produk dan layanan IoT di seluruh lini bisnis Dell Technologies. Divisi solusi IoT ini akan menggabungkan teknologi-teknologi yang dikembangkan secara internal dengan beragam penawaran dari ekosistem Dell Technologies guna menghadirkan solusi lengkap bagi para pelanggan.

“Dell Technologies telah lama melihat peluang dari pesatnya perkembangan dunia IoT, merujuk pada pengalaman panjang perusahaan di pasar komputasi edge,” ungkap Ray O’Farrell, EVP & CTO VMware, dan General Manager Divisi IoT Dell Technologies. “Divisi IoT baru ini akan memanfaatkan kekuatan dari seluruh lini bisnis Dell Technologies untuk memastikan kami menghadirkan solusi yang tepat – yang dikombinasikan dengan ekosistem mitra kami – untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membantu mereka menerapkan sistem IoT terintegrasi dengan lebih mudah.”(**)

 

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *