Khong Guan Kembali Luncurkan Program Kompetisi Khong Guan SMK Jago Jualan

  • Karyoto
  • 10 April 2018
  • 0

Khong Guan Biskuit Factory Indonesia (Khong Guan) , perusahaan industri biskuit yang telah berdiri sejak tahun 1970 dan telah menjadi pemimpin pasar dalam bidang industry biskuit kini kembali menggelar program tahunannya yang bertajuk Khong Guan SMK Jago Jualan 2018’ yang terbuka bagi pelajar SMK yang ada di seluruh Indonesia.

Para peserta program ini adalah siswa dan siswi kelas X – XII ( kelas 1 dan 2 ) SMK , khusus untuk jurusan pemasaran atau   Kompetensi Keahlian Pemasaran. Peserta program ini  dalam bentuk kelompok, yang masing-masing kelompok beranggotakan 12 orang siswa/i. Dan setiap sekolah dapat mengirimkan sebanyak-banyaknya kelompok untuk mengikuti kegiatan KHONG GUAN  SMK JAGO JUALAN 2018.

Secara teknis, setiap peserta KHONG GUAN SMK JAGO JUALAN 2018 ini wajib mendaftarkan kelompoknya (melakukan registrasi) ke website www.smkjagojualan.com. Registrasi dibuka pada tanggal 14 Februari 2018 hingga 10 Maret 2018.

Saat ini total team yang sudah mendaftar untuk program tersebut sebanyak 242  team.

Selama masa kompetisi ini, peserta akan terus dibekali dengan pelatihan secara online class  serta pendampingan oleh masing-masing mentor pada kota masing-masing untuk terus menyemangati dan memberikan tips-tips serta strategi mengenai marketing dan penjualan. Pelatihan secara online class (webinars) akan diadakan pada Facebook dengan account @Indowebinars setiap Senin, jam 19:00 – 20:00.

Kompetisi Khong Guan SMK Jago Jualan 2018 ini terbagi menjadi 3 tahap sebelum Grand Final yang dilakukan di Jakarta. Untuk Kompetisi Tahap Pertama, akan dimulai dari tanggal 12 Maret hingga 12 Mei 2018 dengan kriteria penilaian yang meliputi omset penjualan, presentasi produk, keaktifan dan kreatifitas pemanfaatan social media dan penilaian dari team panitia selama event berlangsung.

Selama kompetisi berlangsung, peserta diwajibkan melakukan reporting dan upload photo aktivitas yang dilakukan ke social media (Facebook & Instagram) dengan memberikan hashtag #JualanKalengMerah #KhongGuan #SMKJagoJualan dan Apps yang telah disediakan oleh panitia Khong Guan SMK Sales Award 2018.

Kompetisi Tahap Penjualan Tahap Kedua akan dilakukan pada tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2018 dengan kriteria omset penjualan, kreatifitas dan keaktifan pemanfaatan social media serta penilaian dari team panitia selama event berlangsung. Penilaian kualifikasi Tahap Kedua akan dilangsungkan setelah tanggal tersebut, dan hasil kelompok yang memenuhi kualifikasi babak 10 besar akan diumumkan via Website www.SMKjagosales.com. Kesepuluh finalis yang terpilih akan mewakili kota/propinsi dan bersaing menuju Tahap III dan Grand Final.

Kompetisi Tahap Ketiga menjadi persyaratan utama memasuki Grand Final KHONG GUAN SMK JAGO JUALAN 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 12 Agustus 2018 yang akan memilih 10 kelompok. 10 Kelompok otomatis mewakili TOP 10 Finalis yang akan diundang untuk mengikuti Kompetisi Grand Final Khong Guan SMK Sales Award 2018 yang akan dilakukan di Jakarta.

Dari masing-masing kelompok, panitia akan memberikan akomodasi dan transportasi untuk 5 orang yang akan mewakili kelompoknya untuk melakukan GRAND FINAL SALES MARATHON, yang akan dilakukan di Jakarta, pada tanggal 22 Juli 2018 yang akan diwakili oleh 5 orang peserta dari masing-masing TOP 10 Finalis yang telah dipilih oleh team juri dari Khong Guan – SMK Sales Award 2018.

Pada sesi grand final  mereka akan berlomba-lomba untuk menjual product KHONG GUAN, yang dibagi menjadi 2 sesi :

–          Sesi I pada venue Car Free Day, dari pukul 07:00 – 10:30

–          Sesi II pada venue Taman Mini Indonesia Indah, dari pukul 13:00 – 16:30

Kemudian hasil pemenang akan diumumkan pada saat GRAND FINAL DINNER bersama dengan perwakilan dari PT. Khong Guan Biscuitt dan KOMISI ( Komunitas Sales Indonesia .)

 Menurut Dedy Budiman, M.Pd, CMA selaku Penanggung Jawab Program KHONG GUAN SMK JAGO JUALAN 2018, sistem penilaian bagi peserta tidak semata-mata diukur dari berapa jumlah produk yang terjual, tapi lebih menilai  proses secara keseluruhan. “ Omset akhir penjualan hanya merupakan bagian saja dari penilaian,” ujar Dedy, saat presentasi dihadapan media, di jakarta, Senin (09/04/2019).

Menurut Dedy, omset hasil penjualan mempunyai bobot penilaian 40%, aktivitas atau proses penjualan 40%,  dan 10 % sosialisasi aktivitas kegiatan di sosmed serta 10 % nya lagi merupakan hasil penilaian panitia.

“Kegiatan dalam program KHONG GUAN SMK JAGO JUALAN 2018 ini bener-bener merupakan program untuk melatih proses penjualan yang seseungguhnya,” pungkas  Dedy menegaskan.

PT Khong Guan Biscuits yang menjadi main sponsor  dalam prohram KHONG GUAN SMK JAGO JUALAN 2018, akan  menurunkan produk unggulan miliknya, yakni KG Saltcheese Combo, KG Superco, KG Wafer Classic, KG Malkist Crackers (series), KG Assorted Biscuits. KG Ozlo Cookies, dan KG Kaleng Merah.

Dengan adanya event KHONG GUAN SMK JAGO JUALAN 2018 ini semakin menunjukkan perhatian dan kontribusi yang nyata bahwa para pelaku bisnis semakin peduli dan memberikan peluang serta kesempatan bagi para siswa-siswi SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran untuk terjun dan merasakan bagaimana pengalaman bekerja secara nyata ketika mereka lulus dari sekolah.

Program tersebut sekaligus merupakan langkah nyata dari PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia untuk berpartisipasi dan mendukung program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mewujudkan SMK Bisa SMK Hebat.

 

 

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *