LANXESS Bukukan Rekor Pendapatan di Tahun 2017 dan Optimisme di Tahun Fiskal 2018

  • Karyoto
  • 9 April 2018
  • 0

LANXESS, perusahaan multinasional  bahan kimia khusus ini telah membukukan laporan tahunan perusahaan dengan hasil yang  menunjukan laju pertumbuhan perusahaan yang menguntungkan. LANXESS telah mengakhiri tahun fiskal 2017 dengan rekor pendapatan. LANXESS juga telah memulai awal yang baik untuk tahun fiskal yang baru.

EBITDA pre exceptionals naik 29,6% di tahun fiskal 2017 menjadi EUR 1,29 miliar, yang merupakan hasil tertinggi dalam sejarah perusahaan. Pada tahun sebelumnya, EBITDA pre exceptionals adalah sebesar EUR 995 juta. Oleh karena itu, hasil operasi berada di ujung atas kisaran perkiraan EUR 1,25 miliar hingga EUR 1,3 miliar.

Pendorong utama kenaikan laba yang kuat  tersebut  adalah volume yang lebih tinggi di semua segmen, serta kontribusi yang besar dari bisnis Chemtura yang diakusisi pada tahun sebelumnya. Margin EBITDA pre exceptionals meningkat dari 12,9% menjadi 13,3%, bergerak selangkah lebih dekat ke target margin jangka menengah.

Pendapatan grup juga meningkat secara substansial sebesar 25,5% menjadi EUR 9,66 miliar pada tahun fiskal terakhir dibandingkan dengan EUR 7,7 miliar pada tahun sebelumnya. Mulai tahun 2021, margin rata-rata diperkirakan antara 14% dan 18%.

Laba bersih perusahaan kini mencapai EUR 87 juta, dibandingkan dengan EUR 192 juta pada tahun sebelumnya. Namun penurunan tersebut disebabkan oleh pengeluaran luar biasa yang signifikan sebanyak satu kali, terutama untuk integrasi bisnis Chemtura dan konsolidasi jaringan produksi dan rantai nilai, serta satu kali biaya yang timbul dari reformasi pajak AS. Disesuaikan untuk hal-hal luar biasa ini dan amortisasi aset tidak berwujud, laba bersih naik 53,9% dari EUR 246 juta menjadi EUR 379 juta.

Rasio keuangan utama yang dilaporkan sejalan dengan ekspektasi pasar saat ini.

Menurut Matthias Zachert, Chairman of the LANXESS Board of Management, dalam keterangannya mengungkapkan bahwa pihaknya mencapai banyak hal secara strategis dan operasional di tahun fiskal terakhir, dan meletakkan dasar yang kuat untuk masa mendatang.

“Dengan Chemtura, kami berhasil menyelesaikan akuisisi terbesar kami hingga saat ini, dan juga secara signifikan semakin meningkatkan kualitas portofolio kami. Dalam pengaturan ini, kami mencapai pendapatan terbaik dalam sejarah LANXESS hingga saat ini, sekaligus semakin meningkatkan profitabilitas Grup,” kata Matthias Zachert, dalam keterangannya, ( Rabu, 4/04/2018).

Dengan kinerja perusahaan yang sangat baik tersebut maka Board of Management dan Supervisory Board akan mengusulkan dividen 14% lebih tinggi sebesar EUR 0,80 per saham ke Rapat Pemegang Saham Tahunan pada tanggal 15 Mei 2018. Hal ini akan sesuai dengan total pembayaran dividen sekitar EUR 73,2 juta.

Beberapa indikasi kinerja yang baik ditahun fiskal 2017 tersebut diantaranya adalah :

  • Penjualan naik 25,5% menjadi EUR 9,66 miliar di tahun fiskal 2017
  • Peningkatan volume yang kuat di semua segmen
  • EBITDA pre exceptionals naik 29,6% menjadi EUR 1,29 miliar
  • Margin EBITDA pre exceptionals meningkat dari 12,9% menjadi 13,3%
  • Laba bersih pre exceptionals meningkat sebesar 53,9% menjadi EUR 379 juta
  • Usulan dividen untuk tahun 2017 naik 14% menjadi EUR 0,80 per saham
  • Perkiraan di TA 2018: EBITDA pre exceptionals untuk “New LANXESS” diperkirakan sedikit di atas tahun sebelumnya

 Lebih jauh  kinerja tahun fiskal 2017 tersebut digambarkan sebagai berikut :

 Pabrik di Jerman Diperkuat, Wilayah Pertumbuhan Diperluas

Seiring dengan akuisisi, LANXESS juga mempercepat pertumbuhan organiknya pada tahun 2017. Grup ini menginvestasikan sekitar EUR 550 juta dalam jaringan pabrik globalnya, termasuk sekitar EUR 235 juta di pabrik Jerman. LANXESS juga membuat kemajuan sehubungan dengan tujuannya untuk mencapai keseimbangan regional yang lebih besar dari bisnisnya pada tahun 2017.

LANXESS terus memperluas kehadirannya dan penjualannya di wilayah pertumbuhan Amerika Utara dan Asia. Amerika Utara meningkatkan pangsa penjualan globalnya dari 17% menjadi 19%, sementara pangsa Asia Pasifik naik dari 26% menjadi 28%. Hal ini berarti bahwa Grup LANXESS kini menghasilkan hampir setengah penjualannya di dua wilayah pasar ini.

Penjualan dan Pendapatan Naik di Semua Segmen

Penjualan segmen Advanced Intermediates mencapai EUR 1,97 miliar pada tahun fiskal 2017, atau 13,1% di atas angka tahun sebelumnya sebesar EUR 1,74 miliar. EBITDA pre exceptionals meningkat 2,8% menjadi EUR 335 juta dibandingkan dengan EUR 326 juta pada tahun sebelumnya. Kenaikan volume yang kuat untuk segmen intermediet menghasilkan kinerja positif ini, diimbangi oleh lemahnya permintaan di sektor pertanian dan efek mata uang yang merugikan. Margin EBITDA pre exceptionals adalah 17,0%, dibandingkan 18,7% di tahun sebelumnya.

Penjualan di segmen Specialty Additives meningkat hampir dua kali lipat, melonjak sebesar 90,7% menjadi EUR 1,60 miliar dibandingkan dengan EUR 841 juta pada tahun sebelumnya. EBITDA pre exceptionals kembali tumbuh kuat sebesar 76,8% menjadi EUR 267 juta dibandingkan dengan EUR 151 juta pada tahun sebelumnya. Kinerja pendapatan yang kuat ini adalah hasil dari integrasi bisnis aditif Chemtura. Volume yang lebih tinggi juga berdampak positif pada pendapatan. Margin EBITDA pre exceptionals adalah 16,6%, dibandingkan 18,0% pada tahun sebelumnya.

Penjualan di segmen Performance Chemicals naik 10,5% dari EUR 1,30 miliar menjadi EUR 1,44 miliar. EBITDA pre exceptionals adalah sebesar EUR 252 juta, naik 13,0% pada tingkatan tahun sebelumnya sebesar EUR 223 juta. Peningkatan pendapatan terutama disebabkan oleh pertumbuhan volume yang kuat. Unit Bisnis Pembersih dan Disinfektan yang diakuisisi LANXESS dari Chemours pada tahun 2016 juga memberikan kontribusi besar pada pendapatan. Dengan demikian, margin EBITDA pre exceptionals meningkat menjadi 17,5% dari 17,1% pada tahun sebelumnya.

Penjualan di segmen Engineering Materials meningkat 29,4% dari EUR 1,06 miliar menjadi EUR 1,37 miliar. EBITDA pre exceptionals adalah sebesar EUR 219 juta, naik substansial sebesar 37,7% pada tingkatan tahun sebelumnya sebesar EUR 159 juta. Hal ini didorong oleh bisnis urethan yang diakuisisi dari Chemtura, serta harga dan volume penjualan yang lebih tinggi. Dengan demikian, margin EBITDA pre exceptionals meningkat dari 15,1% menjadi 16,0%.

 Di segmen ARLANXEO, penjualan naik 19,2% menjadi EUR 3,23 miliar dibandingkan dengan EUR 2,71 miliar setahun sebelumnya. EBITDA pre exceptionals sebesar EUR 385 juta, yaitu 3,2% lebih tinggi dari tingkatan tahun sebelumnya sebesar EUR 373 juta. Pendapatan dipengaruhi oleh situasi persaingan yang terus menantang, harga bahan baku yang sangat fluktuatif, dan nilai kurs dolar AS yang lemah. Margin EBITDA pre exceptionals adalah sebesar 11,9% dibandingkan dengan 13,8% pada tahun sebelumnya.

Perkiraan di Tahun 2018: Akuntansi tanpa ARLANXEO

Kinerja positif tahun 2017 telah berlanjut dengan awal yang baik untuk tahun fiskal yang baru. Di tahun 2018, akan terjadi perubahan akuntansi di LANXESS: Perusahaan joint venture karet ARLANXEO akan dilaporkan sebagai operasi yang dihentikan mulai dari kuartal kedua tahun 2018. Di empat segmen lainnya yang digabungkan dengan nama “New LANXESS” – Advanced Intermediates, Specialty Additives, Performance Chemicals dan Engineering Materials – Grup LANXESS memperkirakan sedikit peningkatan keseluruhan dalam EBITDA pre exceptionals. Tidak termasuk ARLANXEO, rasio utama ini adalah EUR 925 juta pada tahun 2017.

Grup LANXESS akan menentukan pedoman pendapatannya bersamaan dengan pengumuman laba kuartal pertama perusahaan. Pernyataan triwulanan akan dipublikasikan pada tanggal 4 Mei 2018.

“Kami mencapai banyak hal secara strategis dan operasional pada tahun fiskal terakhir, dan meletakkan dasar yang kuat untuk masa mendatang,” ujar  CEO LANXESS Matthias Zachert dalam keterangannya.

 

 

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *