• Homepage
  • >
  • TIPS
  • >
  • Mozilla Hadirkan Firefox Quantum dan Firefox Rocket di Indonesia

Mozilla Hadirkan Firefox Quantum dan Firefox Rocket di Indonesia

  • Karyoto
  • 10 November 2017
  • 0

Mozilla, selaku pengembang browser Firefox baru-bari ini   mengumumkan dua produk terbarunya. Perusahaan asalAmerika Serikat ini meluncurkan  Firefox  Quantum dan  Firefox Rocket yang dibikin khusus untuk Indonesia untuk pengalaman berinternet lebih baik.

Mozilla, pelopor dan penyokong untuk Open Web tersebut dengan bangga memperkenalkan Firefox Quantum, browser baru yang menggunakan mesin Web generasi berikutnya dari Mozilla, dan Firefox Rocket, browser Android yang cepat dan ringan  yang diciptakan khusus untuk Indonesia. Kedua browser Firefox tersebut telah dimodernisasi dan disesuaikan untuk merasakan perubahan besarnya.

Firefox Quantum adalah merupakan projek yang di rilis Oktober lalu. ‘Project Quantum’ tersebut untuk membangun mesin web generasi berikutnya. Setelah lebih dari satu tahun pengembangan dan memperbaiki hampir 500 bug yang mempengaruhi kinerja, Mozilla melakukan beberapa perbaikan besar pada Firefox dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya.

Misalnya, “Quantum Compositor” telah mengurangi crash browser sekitar 10% dan fitur pengubah permainan seperti WebAssembly dan WebVR memungkinkan untuk mendapatkan kinerja super cepat dan hampir seperti aslinya untuk aplikasi web di desktop dan headset VR.

Beberapa minggu yang lalu Mozilla mengumumkan versi Beta untuk Firefox Quantum. Dibandingkan dengan Firefox enam bulan yang lalu, Firefox Quantum 2X lebih cepat berdasarkan benchmark Speedometer 2.0. Firefox baru juga menyeimbangkan penggunaan memori dengan 30% lebih sedikit daripada Chrome.

“Menjadi misi Mozilla untuk membuat internet dapat diakses merata secara global. Jadi, dua produk ini menawarkan kemudahan bagi para pengguna untuk mengakses internet,” ujar Chief of Staff dan SVP of Operations, David Slater, saat peluncuran Firefox Quantum dan Firefox Rocket di Jakarta, Selasa (07/11/2017).

Selain menawarkan kemudahan  untuk mengakses internet , produk  ini juga diklaim mempunyai peningkatan masif pada kinerja secara keseluruhan. Selain itu  Mozilla juga berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan ‘Tracking Protection’ dalam mode browsing private,  Mozilla mencapai 67.5 % penurunan dalam jumlah cookie set HTTP selama crawl 200 top situs berita Alexa.

“Kami mengembangkan sistem Quantum Leap yang membuat kinerjanya dua kali lebih cepat. Selain itu, peramban ini menggunakan mesin dan tampilan baru yang lebih mulus,” tutur Jeff Griffiths, Director of Product Management for Core Browser pada kesempatan yang sama.

Karena Firefox tidak mendownload dan membuat konten dari pelacakan domain, ‘Tracking Protection/Perlindungan Pelacakan’ juga memiliki kinerja pengurangan median 44% pada waktu buka halaman dan pengurangan 39% penggunaan data di situs yang sama. Selain itu, sejumlah komponen Quantum ditulis dalam bahasa Rust, sebuah bahasa yang dirancang khusus untuk memastikan perlindungan terhadap beberapa jenis kerentanan keamanan besar.

Untuk mencerminkan keseluruhan peningkatan, Mozilla juga telah menyegarkan dan mendesain ulang antarmuka pengguna Firefox melalui proyek Photon kami untuk menyediakan alur desain yang cepat, lancar dan lebih cerdas. Desain minimalis yang baru memperkenalkan tab persegi, animasi halus, dan Library/Perpustakaan, yang menyediakan akses cepat ke item tersimpan milik Anda: bookmark, Pocket List, history, downloads, tabs, dan screenshot.

Firefox Rocket dibuat Khusus untuk Pengguna Indonesia

Selain Firefox Quantum, Mozilla juga menghadirkan Firefox Rocket. Firefox Rocket merupakan browser yang diciptakan khusus untuk pengguna di Indonesia. Firefox Rocket didesain sebagai peramban yang ringan dan lebih hemat data ketimbang produk lain.

“Setelah melakukan riset, kami menemukan 40 persen pengguna muda di Indonesia tak puas dengan peramban bawaan yang ada di perangkatnya karena lambat. Untuk itu, Firefox Rocket hadir sebagai solusi,” ujar Joe Cheng, Product Manager Android Browsers, saat peluncuran produk tersebut di Jakarta.

Selain menawarkan kinerja yang cepat, ukuran aplikasi ini juga terbilang lebih kecil ketimbang produk serupa lainnya. Kapasitas memori yang dibutuhkan untuk menyimpan Firefox Rocket hanya sekitar 2,39MB.

Beberapa fitur utama Firefox Rocket antara lain Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images. Pengguna bisa melakukan browsing lebih cepat dengan Turbo Mode yang memblokir iklan untuk menyimpan data.

Jika ingin lebih hemat lagi, pengguna dapat dengan mudah memblok loading gambar (Block Images) dan menggunakan fitur Screenshot untuk mengakses konten secara offline. Dengan Storage Control,  pengguna dapat menyimpan unduhan ke SD card dan mengosongkan penyimpanan ponsel dengan mudah dan menggunakan fitur Clear Cache untuk lebih banyak mengosongkan penyimpanan ponsel.  Dengan  demikian  pengguna  dapat  mengakses konten lebih cepat.

 

 

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *