• Homepage
  • >
  • TIPS
  • >
  • Permudah Belajar Bahasa Korea – KLC dan Hanijemi Luncurkan EPS TOPIK

Permudah Belajar Bahasa Korea – KLC dan Hanijemi Luncurkan EPS TOPIK

  • Karyoto
  • 29 November 2017
  • 0

Pesatnya kemajuan teknologi dan ekonomi Korea Selatan tak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan asal Indonesia, namun juga menjadi magnet bagi tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja di Korea Selatan. Setiap tahunnya jumlah kebutuhan tenaga kerja Asing di Korea Selatan terus meningkat, kekosongan untuk mengisi tenaga kerja pada level-level tertentu tersebut didatangkan dari berbagai Negara, salah satunya Indonesia melalui kerjasama antar pemerintah.

Minat calon tenaga kerja Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya bahkan mencapai puluhan ribu dari berbagai daerah setiap tahunnya, sementara yang dapat diterima jumlahnya mencapai 4,000 orang. Salah satu penyebab rendahnya calon tenaga kerja dapat diterima adalah karena tidak lulus dalam proses seleksi antara lain tes bahasa Korea EPS TOPIK.

EPS TOPIK merupakan persyaratan mutlak yang harus dipenuhi tenaga kerja yang ingin bekerja di Korea Selatan disamping persyaratan keterampilan teknis lainnya. Buku EPS TopiK, “Test Employment Permit System  Test of Proficiency Korea”,  adalah buku untuk belajar lulus Tes lancar berbahasa Korea.

Olehkarena itulah  KLC, sebagai perusahaan Konsultan Traning dan Edukasi bekerja sama dengan Hanijemi perusahaan Edukasi Literasi asal Korea Selatan  baru saja menerbitkan buku EPS TopiK. Buku EPS TOPIK ini dibuat oleh Profesor Jeoung-Sun Bae, Ph,D. Pedagogigs Ahli Linguestic, Penulis Buku EPS TOPIK dan anggota Tim Penyusun dan Tim Evaluasi materi EPS Topik dari Busan University, Korea Selatan.

Peluncuran buku EPS TOPIK yang didukung oleh KOTRA (Korea Trade Investment Promotion Agency) ini dimaksudkan untuk membantu mempermudah  para calon tenaga kerja asal Indonesia yang mau bekerja di Korea Selatan.

Buku EPS TOPIK sendiri  terdiri dua pokok bahasan yaitu Materi Ajaran dan Materi Tes, dala buku ini diajarkan bagimana cara belajar cepat dan cara agar dapat lulus dengan baik  dalam EPS Topik khususnya bagi para peminat bahasa Korea yang ingin bekerja  di Korea Selatan.  Di dalam buku ini terdapat 30 Chapters (EPS TOPIK 1) dan 20 Chapters (EPS TOPIK 2) , terdapat 3(tiga) Mock test. Materi buku ini fokus pada Vocabulary, Practice, Listening Practice, Reading Practice dan Grammar ( EPS TOPIK 2)

Menurut  Eka Mutya Yuliandarin sebagai Direktur Utama dari KLC, dalam era globalisasi bahasa menjadi alat utama dalam menjalin komunikasi dengan negara asing. Dengan menguasai Bahasa, dunia menjadi kecil sejalan dengan perkembangan teknologi kominikasi dan informasi.

“Khususnya bagi  Indonesia, banyak produk-produk dan Investor Korea dalam berbagai bidang berkembang pesat di Indonesia, banyak pengusaha dan investor serta tenaga kerja Korea Selatan bekerja dan fasih berbahasa Indonesia . Sementara itu sebaliknya di negara asalnya Korea Selatan, banyak membutuhkan tenaga-tenaga kerja dari luar negaranya untuk bekerja di Korea Selatan,”  ujar  Eka saat peluncuran buku tersebut di Jakarta, Selasa ( 27/11/2017).

Buku EPS Topik ini, menurut Eka,  nantinya dapat dibeli di toko buku seperti Gramedia, Gunung agung, TM BookStore, Periplus, Aksara, Bukupedia, Karisma, Buku Kita, Eureka Book House. Selain offline buku ini akan dipasarkan secara online.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama   Profesor Jeoung-Sun Bae, Ph,D. Pedagogigs  yang lebih akrab disapa Profesor Lucy Bae , mengatakan bahawa dengan EPS Topik kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan atau beasiswa di Korea Selatan semakin terbuka lebar,. “ Buku ini dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lulus tes EPS Topik,” ujar Profesor Lucy Bae.

Menurut Profesor Lucy Bae, dengan menguasai buku EPS TOPIK, hampir dipastikan bahwa tes bahasa Korea untuk calon tenaga kerja akan lulus. Hal itu menurutnya, karena yang  menyusun tes bahasa Korea tersebut adalah  Profesor Lucy Bae sendiri.

Oleh karenanya menurut professor, keesempatan untuk bekerja di Korea Selatan terbuka lebar untuk semua orang.  “Untuk itu jangan ragu untuk mencoba dengan mengikuti EPS Topik, ” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama pula Kim Byungsam dari Kotra mengungkapkan bahwa dengan diluncurkannya buku EPS Topik  tersebut diharapkan hubungan Indonesia dan Korea Selatan dapat semakin baik, dengan adanya  pekerja asal Indonesia di Korea Selatan yang  mempunyai kemampuan yang baik.  Dengan demikian diharapkan pula kedua negara ini dapat saling membagi pengetahuan melalui para pekerjanya sehingga dapat saling mendukung dalam kemajuan bangsa.

 

 

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *