Majalah Eksekutif

Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

Views

Menjadi seorang pengendara harus memiliki sikap disiplin dan mengikuti peraturan yang ada.

Memang semua pengendara menginginkan perjalanan yang aman, mudah dan juga cepat.

Namun juga perlu Anda sadari bila jalanan bukanlah milik pribadi. Banyak pasang mata yang menggunakan jalan sebagai jalur tujuan mereka.

Pada umumnya dari keseluruhan panduan berikut ini bisa Anda lakukan dengan mudah.

Akan tetapi, butuh diperhatikan terkait bahan bakar.  Baiknya gunakan bahan bakar yang bagus, seperti bahan bakar berkualitas serta ramah lingkungan agar kendaraan anda tetap dalam kondisi baik.

Berikut diantaranya 10 Panduan berkendara yang aman di jalan raya (sebagai rujukan) :

1. Periksa Kendaraan Anda

Yang pertama, yakni dengan mengecek mesin kendaraan Anda.

Cek perlengkapan yang butuh Anda bawa, seperti kondisi mesin, lantas “Check” perlengkapan — jika naik motor — seperti spion, helm, dan peralatan keamanan yang lain.

Selain mengecek dari sisi fisik, Anda juga harus memerhatikan bahan bakar yang dipakai karna bila bahan bakar Anda tidak bagus. Maka,  akan memengaruhi kecepatan atau stabilitas kendaraan. Pakai bahan bakar yang berkualitas, agar kendaraan Anda tetaplah stabil.

2.Atur Posisi Mengemudi.

Sebaiknya atur lebih dahulu posisi bagaimana yang nyaman serta tidak buat Anda jadi pegal, kram dan selainnya.  Agar di perjalanan lebih aman dan nyaman serta terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

3.Pakai Sabuk Pengaman.

Bila Anda menggunakan mobil, jangan sampai lupa untuk menggunakan sabuk pengaman.

Sabuk pengaman ini,  peranannya bukanlah untuk hiasan namun membuat perlindungan kita dari bahaya yang tidak diinginkan.

4.Ikuti Arus Lalu Lintas.

Pengendara yang disiplin harus ikuti arus jalan raya dan rambu-rambu yang benar sesuai dengan ketentuan. Karena, bila Anda tidak mematuhi ketentuan jalan raya. Mungkin saja dijerat pasal hukum serta Undang-undang tentang Transpotasi.

Tidak cuma itu saja, dengan menaati ketetapan jalan raya yang ada, kita akan terlepas dari banyak hal yang tidak diinginkan.

5.Atur Kecepatan Berkendara.

Berkendara dengan kecepatan tinggi memang bisa tapi cermati pengendara lain yang berada di samping kanan kiri. Mereka juga memerlukan jalan sebagai kendaraan mereka.

6.Seringkali Check Kaca Spion Anda.

Kaca Spion berfungsinya untuk melihat kendaraan lain yang ada dibelakang. Jika kita ingin belok atau waktu akan menyeberang ke persimpangan, jangan lupa,  gunakan kaca spion.

7.Pakai Jalur Kanan Untuk Mendahului.

Sudah jadi ketentuan jalan raya yang sudah di tentukan dalam Undang-undang Transportasi untuk menggunakan jalur kanan untuk mendahului mobil dan motor. Hal seperti ini memiliki maksud untuk mengindari yang namanya kecelakaan dan kemancetan.

8.Janganlah Menggunakan Hp.

Janganlah menggunakan Hp saat berkendara. Karena, bisa menggangu Konsentrasi anda saat dijalan raya. Berhenti sejenak di persimpangan jalan untuk hindari kemancetan dan kecelakaan jika ingin menggunakan handphone.

9.Istirahat Bila Mengantuk.

Jila Anda merasa mengantuk serta capek sebaiknya berhenti sejenak untuk beristirahat. Dan bisa teruskan perjalanan kembali jika badan sudah terasa fit.

10.Jagalah Penglihatan Pada Malam Hari.

Jagalah pandangan Anda dengan baik supaya terlepas dari banyak hal yg tidak diinginkan jika anda terpaksa berkendara pada malam hari.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »