Valmet Resmikan Technology Center di Indonesia

  • Churry
  • 28 September 2017
  • 0

Dalam rangka memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di Indonesia, Valmet menghadirkan fasilitas workshop technology center di Indonesia. Berlokasi di Kawasan Industri KITIC di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Valmet Technology Center yang berdiri di atas area 16.000 m2 (meter persegi) menyediakan produk dan layanan untuk industri power energi (pembangkit), pulp kertas, dan sistem otomatisasi mesin-mesin dari berbagai kebutuhan pelanggan.

Selama tiga dasawarsa terakhir, Valmet telah mengirimkan berbagai mesin, sistem otomasi, dan layanan kepada pelanggan pulp, kertas dan energi di Indonesia. Beberapa pelanggan Valmet, di antaranya Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Tjiwi Kimia, Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Kiani Kertas, Cikarang Listrindo, Pura Group, serta beberapa perusahaan lain. Mesin dan teknologi Valmet selama ini telah banyak membantu pelaku industri tersebut dalam meningkatkan produksi.

“Selama ini kami juga memberikan layanan purna jual, seperti perawatan mesin secara berkala hingga penggantian suku cadang. Di Indonesia kami memiliki perwakilan kantor pelayanan di Riau, Palembang, Surabaya, dan Jakarta. Namun untuk perbaikan besar, seperti roll rekondisi, overhaul, dan pekerjaan perbaikan besar lainnya, selama ini harus dikirim ke Valmet Technology Center yang ada di luar negeri, seperti Laem Chabang Thailand, atau ke Australia. Dengan hadirnya Valmet Technology Center di Cikarang Indonesia ini, semua pekerjaan tersebut kini bisa ditangani di Indonesia. Sehingga akan menghemat biaya pengiriman mesin-mesin dan juga waktu pengerjaan menjadi lebih cepat dari sebelumnya,” ungkap Gaurav Gosh, Business Intelligence Manager Valmet, Asia Pacipic Region, kepada pers saat Grand Opening & Launching of Valmet Technology Center pada (27/9), di Cikarang-Bekasi –Jawa Barat.

Acara Grand Opening & Launching of Valmet Technology Center di Cikarang-Bekasi –Jawa Barat, antara lain dihadiri unsur pejabat Pemkab Bekasi, Pejabat Embassy Finladia di Indonesia, Presiden Direktur Valmet Indonesia, Inawan pamungkas, dan Yutong Feng, Head of Indonesia Region Valmet. Bahkan juga dari jajaran manajemen Valmet Global, di antaranya Jukka Tiitinen, President Srvice Business Line Valmet, Hannu T, Pettila, President Valmet Asia Pacific.

Menurut Gaurav Gosh, Business Intelligence Manager Valmet, Asia Pacipic Region, seperti hal fasilitas Valmet Technology Center yang ada di negara lain,Valmet Technology Center Cikarang juga memiliki sumber daya dan kemampuan yang andal dengan support Valmet Global yang berkantor pusat di Espoo, Finlandia yang sahamnya terdaftar di Nasdaq Helsinki. Pembukaan fasilitas service center baru di Indonesia ini sekaligus untuk menunjukkan komitmen perusahaan untuk lebih dekat dengan pelanggan, khususnya yang ada di Indonesia untuk melayani mereka dengan lebih baik.

Sementara itu, Tandi Miharram, General Manager Sales & Technology PT Valmet, mengatakan, untuk tahap awal ini, pihaknya akan fokus untuk melayani pelanggan Valmet, namun demikian tidak tertutup kemungkinan untuk melayani dari pelanggan luar, non Valmet. Baik dari industri pulp & paper, energi, dan siostem otomatisasi mesin. “Kami optimistis karena di Indonesia banyak industri dan pabrik yang membutuhkan layanan perawatan dan perbaikan mesin, baik perawatan ringan, sedang, hingga perbaikan besar. Di Industri kertas saja, termasuk afiliasinya untuk skala besar ada 80 perusahaan lebih, belum dari perusahan lain. Karena itu ke depan, kami juga akan banytak membuka pasar untuk melayani kebutuhan serupa untuk mesin-mesin di brand (merek) lain, terutama dari industri kertas dan pulp, energi, dan sistem otomatisasi permesinan industri. Apalagi dari sisi bisnis dengan pusat layanan baru ini, kami ditargetkan bisnis bisa tumbuh hingga 30% di tahun 2018,” ujarnya.

Adapun layanan Valmet Indonesia mencakup segala hal, mulai dari perawatan di pabrik, perbaikan mesin, penggantian suku cadang dan up date teknologi baru. Mencakup pabrik pulp, jaringan, jalur produksi kertas, pembangkit listrik untuk produksi energi. Selain itu juga solusi otomatisasi canggih. Saat ini, di Indonesia Valmet memiliki lebih dari 100 profesional dan support dari tenaga ahli Valmet Global.

Untuk perbaikan, mencakup jasa pemelirahaan roll – roll grinding, roll balancing, hingga test runs, roll rekondisi, penutup karet, overhaul, layanan headbox, dan layanan total perbaikan mesin dengan dukungan teknologi terkini. Layanan Valmet didasarkan pada teknologi terdepan dan dorongan berkelanjutan untuk mengembangkan solusi inovatif baru dalam upaya meningkatkan kinerja pelanggan baik dari segi daya saing dan keberlanjutan. “Dengan adanya Pusat Teknologi baru ini, Valmet menghadirkan produk dan layanan teknologi kelas dunia dengan lebih mendekati konsumen Indonesia,” ujarnya.

Dengan fasilitas ini, pihaknya optimistis akan bisa makin berkontribusi dalam pertumbuhan dan kemajuan di wilayah ini. Bahkan, Valmet memiliki fleksibilitas dalam meningkatkan kegiatan manufaktur dengan ekspansi bertahap sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar. PT Thermax International Indonesia juga telah membentuk beberapa kemitraan dengan para pelanggan. Selain itu juga bertekad mendukung pengembangan proyek energi di Indonesia dengan solusi berkelanjutan untuk perusahaan yang peduli dengan lingkungan. (ACH)

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *