Connect with us
script data-ad-client="ca-pub-4777880934442148" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Kesehatan

10 Tips Pola Makan Sehat Selama Masa Pandemi Covid-19 – MAJALAH EKSEKUTIF

Published

on


Pada Masa pandemi saat ini, menjaga kesehatan sangatlah penting untuk itu kita diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan secara maksimal.

#sebelum masa WFH (sebagian tim majalah eksekutif) 

EKSEKUTIF.com — Selain mencuci tangan dan menggunakan masker, penting untuk memperhatikan asupan cairan dan makanan bernutrisi yang penting bagi tubuh.

Asupan gizi yang baik dapat menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan dari dalam, terlebih di masa pandemi ini, makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam mencegah dan melawan infeksi penyakit, serta memulihkan diri.

Menerapkan pola makan bergizi seimbang dapat membuat sistem imun yang lebih kuat, dan risiko yang lebih rendah untuk tertular penyakit.

Agar dapat menjaga sistem imun menjadi lebih kuat, berikut ini 10 tips pola makan yang sehat selama pandemi, berdasarkan informasi dari Kelvin Halim, S.Gz. selaku tim nutrisionist dari Jovee.

Apa Saja Nutrisi Penting yang Berperan untuk Menunjang Sistem Imun Tubuh?

Walaupun sampai saat ini belum ada bukti ilmiah kuat efektivitas pola makan atau jenis makanan terhadap pencegahan dan pengobatan infeksi virus corona, ada beberapa nutrisi penting yang berperan untuk menunjang sistem imun tubuh, seperti:

Vitamin A
Vitamin B6, B9 (folat), dan B12
Vitamin C
Vitamin D
Vitamin E

“Dalam kondisi pandemi ini, memang kita harus menjaga kebersihan dan kesehatan kita secara maksimal. Selain itu kita juga perlu asupan gizi yang baik untuk menjaga imun dan kesehatan dari dalam,” ujar Kelvin Halim.

Menurutnya, zat gizi seperti protein dan energi sangat esensial untuk membangun sel dan mengoptimalkan kerja imun tubuh untuk melawan penyakit. Sementara, asupan vitamin dan mineral juga perlu diperhatikan karena fungsinya sebagai antioksidan dan memelihara imun dan fungsi sel tubuh.

“Konsumsi makanan bergizi seimbang dengan memperhatikan buah, sayur, protein, dan karbohidrat dalam makanan sehari-hari. Olah makanan yang baik dan benar hingga matang. Untuk memenuhi asupan zat gizi vitamin dan mineral, selain konsumsi buah dan sayur, bisa juga dibantu dengan konsumsi multivitamin bila perlu dan ada.” tambah Kelvin.

Lalu apa saja  tips menjaga pola makan yang sehat?

1. Konsumsi berbagai macam buah dan sayuran yang berbeda-beda setiap harinya

Buah dan sayur mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat, serta zat aktif yang esensial bagi tubuh, khususnya sistem imun. Tetapi, anda  jangan hanya menyajikan buah atau sayuran yang itu-itu saja.

Konsumsilah bermacam-macam buah dan sayuran karena masing-masing memiliki kandungan yang berbeda-beda. Buah dan sayuran beku atau kering, serta kalengan sama sehatnya dengan jenis yang segar. Asalkan Anda memilih produk buah tanpa kandungan gula tambahan.

Konsumsi buah-buahan, sayuran, polong-polongan, kacang-kacangan dan jagung. Biji-bijian dan gandum utuh, seperti oat, millet, dan nasi merah akan membuat kenyang lebih lama. Umbi-umbian, termasuk kentang, yam, taro, dan singkong juga merupakan sumber serat yang sehat.

Namun ingat sebaiknya jangan memasak sayuran dan buah terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak hilang. Untuk sumber protein hewaninya, Anda bisa memilih daging merah tanpa lemak, ikan, telur, serta susu rendah lemak.

2. Minum air sebanyak 8-10 gelas setiap harinya, dan tidak selalu harus air putih

Minum air dapat membantu mengedarkan nutrisi dan komponen-komponen penting dalam darah ke seluruh tubuh. Cairan juga memainkan peran dalam mengatur suhu tubuh, membuang zat-zat sisa, serta melumasi sendi.

Kebutuhan air setiap orang pasti berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, berat dan tinggi badan, jenis aktivitas, serta kondisi lingkungan

Sebanyak 20-30 persen sumber cairan dalam tubuh berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Minum air sebanyak 8-10 gelas setiap hari. Tidak selalu harus air putih.

Anda  juga bisa menyajikan jus buah dan sayuran segar, sup, air lemon, kopi, dan teh. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi kafein berlebihan, jus dan sirup yang mengandung gula tinggi, serta minuman bersoda.

3. Hindari konsumsi lemak jenuh serta minyak berlebihan

Lemak memang salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, tidak semua lemak itu sehat dan memiliki efek yang positif terhadap tubuh. Sehingga, ganti sumber lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh.

Selain itu, cobalah mengukus atau merebus makanan daripada menggorengnya. Tujuannya untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dan menurunkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Kurangi makan makanan gorengan, daging merah, dan produk susu tinggi lemak. Sebagai gantinya, tambahkan kacang-kacangan, ayam, ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan lainnya, serta minyak nabati (zaitun, jagung, atau kedelai) ke dalam menu makanan keluarga.

Hindari produk daging olahan karena mengandung gula dan garam yang tinggi. Jika ingin mengonsumsi susu dan olahannya, pilih produk yang low-fat. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans, misalnya pizza, kentang goreng, ayam goreng tepung, kue, krim keju, dan selai.

4. Mengurangi asupan dengan garam dan gula tambahan

Batasi penggunaan garam dan bahan-bahan yang mengandung sodium lainnya seperti kecap. Sebagai alternatifnya, Anda bisa juga menggunakan rempah-rempah untuk menambahkan rasa pada masakan.

WHO menganjurkan untuk memakai garam beryodium dan mengonsumsi garam kurang dari 5 gram, atau sekitar 1 sendok teh, setiap hari.

Jika ingin makan makanan kemasan atau kalengan, pilihlah produk yang tidak mengandung tambahan gula dan garam.

WHO juga menganjurkan mengonsumsi gula tambahan sebanyak kurang dari 50 gram atau maksimal 4 sendok makan.

Makanan dan minuman tinggi lemak, gula, serta garam yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan asupan kalori. Kue kering, keripik kentang, cokelat, dan minuman manis juga memiliki kandungan gizi yang tidak beragam dan tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, batasi pemberian makanan dan minuman tersebut.

5. Tidak atau sama sekali hindari mengonsumsi alkohol pada menu makanan sehari-hari

Alkohol bukan merupakan sumber nutrisi yang baik, dan Anda seharusnya tidak menyertakannya ke dalam menu makanan keluarga.

Konsumsi alkohol pun tidak melindungi keluarga dari risiko Covid-19. Minum minuman alkohol, justru akan meningkatkan kemungkinan kerusakan hati, penyakit jantung, kanker, bahkan gangguan mental.

6. Hindari atau mengurangi makan di luar rumah untuk mencegah penularan

Dengan makan di rumah saja, risiko terhadap infeksi penyakit Covid-19 bisa dikurangi. Berada di restoran, kafe, atau rumah makan dapat meningkatkan kemungkinan Anda dan keluarga terpapar droplet dari orang yang diduga terinfeksi virus.

Apalagi, Anda juga tidak tahu pasti apakah permukaan meja dan kursi di tempat tersebut dibersihkan secara rutin

7. Memenuhi asupan Vitamin D dengan berjemur di bawah matahari atau dari makanan sehari-hari

Matahari merupakan sumber Vitamin D terbaik, namun saat pandemi ini mungkin beberapa orang tidak mendapatkan asupannya sesuai rekomendasi. Oleh karena itu, Anda dan keluarga perlu melengkapinya dari makanan sehari-hari.

Contohnya dengan pemberian kuning telur, hati, ikan berlemak, dan produk makanan olahan yang sudah diperkaya Vitamin D. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan Vitamin D dari suplemen.

Ajak anak untuk berjemur di bawah sinar matahari, selama 15 – 30 menit, setiap harinya. Akan tetapi, sebaiknya berjemur tidak dilakukan lebih dari 30 menit tanpa proteksi sunscreen.

8. Melengkapi nutrisi harian dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan.

Walaupun sampai saat ini belum ada bukti bahwa suplemen bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi virus, seperti Covid-19.

Dengan memberikan suplemen atau multivitamin tambahan, dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda dan keluarga.

Hal tersebut secara tidak langsung akan memelihara fungsi serta kesehatan sistem imun. Beberapa suplemen yang mampu menjaga kekebalan tubuh, yaitu Vitamin C, ekstrak echinacea, meniran, kunyit, dan habbatussauda.

9. Memenuhi kebutuhan gizi bayi dan anak-anak dengan ASI

Selain orang dewasa, asupan nutrisi bayi dan anak-anak juga harus dipenuhi. Bayi mendapatkan gizinya dari air susu ibu. Disamping itu, ASI adalah satu-satunya makanan yang bisa dicerna oleh anak.

Kandungan antibodi dan beragam nutrisi di dalamnya membantu melindungi bayi dari sejumlah infeksi penyakit yang sering menyerang anak-anak.

WHO menganjurkan ibu hamil untuk menyusui bayinya secara eksklusif, selama 6 bulan pertama setelah kelahiran. Setelah 6 bulan, tambahkan makanan pelengkap ASI, mulai dari yang bertekstur lunak, semi padat, hingga padat.Hendaknya ASI dilanjutkan hingga si Kecil berusia 2 tahun.

10. Jangan lupa menerapkan kebersihan dan keamanan pangan

Menerapkan kebersihan dan keamanan pangan juga bisa meminimalisir penularan penyakit yang diperantarai makanan, tidak terkecuali Covid-19. Maka dari itu, Anda disarankan untuk:

Mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik sebelum dan sesudah mengolah makanan, serta setelah makan.

Menutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan dalam saat hendak batuk dan bersin. Ingatlah untuk selalu cuci tangan setelahnya.

Mencuci buah dan sayuran dengan air matang sebelum memakannya.

Membersihkan permukaan meja makan dan dapur, serta alat makan sebelum dan sesudah dipakai.

Memisahkan bahan makanan mentah dan matang untuk mencegah pencemaran bakteri.

Memastikan makanan dimasak dan dipanaskan dengan temperatur ≥72°C selama 2 menit.

 

 

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

YOUVIT x ERHA Collagen “Gemesin Kulit Wajahmu”

Published

on

By


Eksekutif.com – Kolaborasi antara brand vitamin dan perawatan kulit merupakan yang pertama kali di Indonesia, menghadirkan YOUVIT x ERHA Collagen, perpaduan antara suplemen kolagen 1.000 mg dan vitamin C dalam format gummy kualitas premium yang inovatif dengan rasa strawberry yang enak.

YOUVIT x ERHA Collagen berfungsi menutrisi kulit dari dalam, mengurangi garis-garis halus, dan menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit tampak lebih muda dengan hanya mengonsumsi dua gummy setiap hari.

Wouter van der kolk selaku CEO PT. YOU Indonesia, mengatakan “Kami dengan bangga mempersembahkan kolaborasi antara YOUVIT dan ERHA yang menciptakan cara baru dalam mempertahankan keremajaan kulit, melalui suplemen kolagen berbentuk gummy yang simple, enak rasanya, dan lengkap untuk perempuan maupun laki-laki usia 25-38 tahun.”

”Kolaborasi antara ERHA dan YOUVIT mendorong kami untuk menghasilkan produk kesehatan-kecantikan yang inovatif dan juga mudah dijangkau oleh konsumen,” lanjut Alfons Sindupranata, CEO Arya Noble Dermatology.

“Banyak yang belum sepenuhnya menyadari bahwa perawatan kulit dari dalam harus dimulai sejak usia muda dan tentunya membutuhkan komitmen jangka panjang agar hasilnya lebih baik,” ungkap Rachel Olsen B.Sc, Nutrition Expert YOUVIT Selasa (23/02)

Menurut Rachel, mulai dari pertengahan hingga akhir usia 20-an, kolagen mulai berkurang. Kadar kolagen yang berkurang menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan lebih tipis sehingga elastisitas kulit menurun dan menyebabkan munculnya garis-garis halus.

Dalam kesempatan yang sama, Nutrition Expert YOUVIT Puteri Aisyaffa S. Gz, RD. Menuturkan “Di samping pertambahan usia, gaya hidup, seperti kurang tidur, kurang asupan nutrisi dan air, sering terpapar sinar matahari dan polusi udara, merokok, atau konsumsi alkohol juga bisa mengakibatkan kolagen pada kulit semakin berkurang,”

Perawatan kulit secara topikal akan jauh lebih baik jika didukung oleh perawatan kulit dari dalam untuk hasil optimal.

“Kolagen diperlukan dalam struktur kulit dan pertahanan elastisitas kulit. Konsumsi kolagen secara rutin akan melengkapi penggunaan perawatan kulit secara topikal dalam menjaga kesehatan kulit,” ujar Angelyn Bunardi, VP Product – Erha Skincare.

Berdasarkan pengalaman Beauty Vlogger Heidiana Tjahjadi, make-up yang diaplikasikan sering kali tidak tampil maksimal ketika kita mengabaikan perawatan kulit. Itu sebabnya perawatan kulit menjadi hal utama yang perlu diperhatikan agar bisa terus sukses di bidang kecantikan yang ia geluti.

“YOUVIT x ERHA Collagen ini benar-benar unik. Dilengkapi dengan packaging yang praktis dibawa ke mana saja, format gummy yang gampang banget dikonsumsi tinggal kunyah, dan rasa strawberry-nya juga enak, jadi sangat cocok untuk keseharianku yang super sibuk tapi tetap ingin bisa merawat kulit!” pungkas Heidi.

Produk terbaru ini diluncurkan pertama kali secara eksklusif dan online di Shopee tanggal 22-28 Februari 2021 dan Tokopedia tanggal 1-3 Maret 2021.

Sedangkan melalui jaringan toko offline, produk ini akan dijual secara resmi di Guardian, Ranch Market, Farmers Market, Food Hall, dan Lion Super Indo pada bulan Maret 2021.

Selain itu YOUVIT x ERHA Collagen juga bisa ditemukan di seluruh jaringan klinik ERHA, ERHA Store Botani Square Bogor & Trans Studio Mall Cibubur, website erhastore.co.id dan Erha official store di e-commerce.

Promo menarik bisa didapatkan untuk setiap pembelian dua kemasan YOUVIT x ERHA Collagen dan mendapatkan sebuah make-up pouch menggemaskan bermotif strawberry.

Untuk mendukung peluncuran produk baru ini, YOUVIT dan ERHA mengajak para followers untuk berkreasi sekreatif mungkin dalam membuat video Tik Tok dengan memamerkan gaya seru dan kulit kenyal mereka bersama teman-teman.

Selain itu, kami juga secara khusus mempersembahkan filter Instagram #GemesinKulitWajahmu yang bisa didapatkan melalui akun Instagram @YOUVITFORLIFE.

Filter Instagram ini membuat kulit wajah tampak lebih halus, kenyal, dan lebih muda untuk menunjukkan hasil akhir yang bisa didapatkan jika mengonsumsi YOUVIT x ERHA Collagen secara rutin.

Kulit sehat bisa dimiliki sejak dini lewat rutinitas perawatan kulit, tak hanya dari luar tapi juga dari dalam dengan mengonsumsi YOUVIT x ERHA Collagen. “Gemesin kulit wajahmu” sekarang dan #AlamiKenyalnya!

Continue Reading

Kesehatan

The Face Shop Resmi Hadirkan 7 Seri Skincare Premium Yehwadam

Published

on

By


The Face Shop Indonesia, merek kosmetik ternama asal Korea Selatan, menghadirkan secara lengkap tujuh rangkaian skincare anti-aging premium dari seri Yehwadam.

Yehwadam Series merupakan salah satu lini produk utama dari The Face Shop, yang mengandung bahan- bahan alami seperti bunga, tumbuhan dan rempah khas Korea, yang diyakini dapat membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan pada kulit wajah.

Variasi produk Yehwadam Series ini terinspirasi dari rahasia kecantikan wanita Korea secara turun temurun seperti gingseng dan ramuan tradisional lainnya yang sudah terbukti ber-khasiat merawat dan memperbaiki kondisi kulit.

Djunadi Satrio, Chief Marketing Officer The Face Shop Indonesia mengungkapkan, ”Tiada istilah terlalu cepat untuk melakukan perawatan kulit, dengan menggunakan produk yang tepat, berkualitas dan
terbukti berkhasiat, untuk menghindari tanda-tanda penuaan dini. Seri skincare Yehwadam merupakan produk premium anti-aging unggulan dari lini utama The Face Shop Indonesia yang dibangun dari heritage
dan kearifan perawatan kulit tradisional Korea, sehingga cocok untuk kulit penduduk Asia.

Kami yakin produk-produk dari 7 seri Yehwadam akan dicintai fans K-Beauty karena dapat memberikan hasil nyata
dengan penggunaan bahan dasar yang alami dan teruji. Ungkap Djunadi, Jumat (19/02).

Rangkaian produk Yehwadam memiliki kandungan dan khasiat yang berbeda-beda, serta diformulasikan secara khusus untuk kondisi iklim tropis, sehingga cocok untuk kulit wanita maupun pria Indonesia.

Ketujuh rangkaian ini terbagi dalam dua kategori, yaitu: kategori premium line anti-aging, merupakan produk yang disarankan untuk pemakaian pada usia di atas 40 tahun dan kategori early anti-aging, merupakan produk yang disarankan untuk pemakaian pada usia di antara 20 – 40 tahun. Adapun detil rangkaian produk Yehwadam, sebagai berikut:

1. Yehwadam Hwansaenggo Ultimate Rejuvinating:

Kandungan ‘Cheon-hye-myeong-ui-dan Complex’ merupakan formula rahasia yang terdiri dari 12 ramuan tradisional murni yang dapat menampilkan kilau alami, memberikan kekenyalan, mencerahkan dan melawan tanda-tanda penuaan pada kulit. Rangkaian produk ini terdiri dari : toner,serum, emulsion, eye cream, dan cream.

2. Yehwadam Hwansaenggo Rejuvinating Radiance:

Diformulasikan dengan ‘Cheon-hye-myeong-ui-dan Complex’ yang memberikan energi alam ke kulit dan ‘Hwa-yoon-dan Complex’ yang membantu menciptakan warna kulit yang direvitalisasi dan bercahaya dengan memperkuat kemampuan penyeimbang sel-sel kulit secara mandiri.Rangkaian produk ini terdiri dari : toner, serum, emulsion, dan cream.

3. Yehwadam Heaven Grade Ginseng:

Dengan ekstrak akar ginseng berusia 6 tahun, yang dikenal sebagai ginseng ‘surgawi’ atau ‘kelas surga’, jamur pinus alami dari Gangwondo , dan tumbuhan langka dari Pulau Yaksan, sebuah pulau obat murni yang terletak di Korea Selatan, produk ini dapat membantu mengatasi kerutan, meregenerasi kulit dan mengencangkan kulit wajah. Rangkaian produk ini terdiri dari : toner, serum, emulsion, eye cream, dan cream.

4. Yehwadam Myeonghan Miindo

Rangkaian perawatan kulit anti-aging premium dan luxury ini hadir dalam bentuk toner, emulsion, cream dan ampoule oil. Diformulasikan dengan ginseng Korea dan ramuan obat tradisional oriental yang membantu merawat kerutan, meningkatkan elastisitas kulit dengan mengencangkan dan mengangkat, serta mengembalikan kilau alami kulit.

5. Yehwadam Artemesia:

Yehwadam Artemisia Soothing Moisturizing memiliki kekayaan antioksidan dari tumbuhan, seperti Artemisia Leaf, Heartleaf, dan White Waterlily berfungsi untuk melembapkan dan menenangkan kulit. Ekstrak safflower dan ginseng merah merupakan kandungan herbal yang
dapat mengembalikan kilau alami kulit sehat pada kulit wajah. Rangkaian produk ini terdiri dari : toner, emulsion, dan cream.

6. Yehwadam Pure Brightening:

Produk early anti-aging yang diformulasikan dengan ‘Chil-baek-seol-yun-dan Complex’ sebagai formula pencerah yang terdiri dari 7 ramuan pencerah untuk memperbaiki tampilan pigmentasi, bintik hitam, dan warna kulit kusam. Rangkaian produk ini terdiri dari : toner, serum, emulsion,
dan cream.

7. Yehwadam Revitalizing:

Rangkaian perawatan kulit early anti-aging yang mengandung Safflower yang akan meratakan warna kulit dan memperlancar sirkulasi darah, Ginseng yang akan meremajakan kulit dan Goji Berries yang kaya akan anti-oksidan dan melawan munculnya garis halus. Rangkaian produk ini terdiri dari : toner, serum, emulsion, eye cream, dan cream.

Saat ini seluruh rangkaian dari produk Yehwadam di atas telah tersedia di seluruh gerai The Face Shop , dan secara online melalui situs Thefaceshop.id dan Official Store The Face Shop di marketplace Shopee, Tokopedia dan Blibli.com.

Continue Reading

Kesehatan

Gunakan FUJIFILM PACS Synapse Layanan RS Pusat Otak Nasional Makin Andal – MAJALAH EKSEKUTIF

Published

on

By


EKSEKUTIF.com- Guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional atau RS PON, sejak awal memilih menggunakan peralatan dan teknologi canggih berbasis digital. Salah satunya, sejak awal tahun 2020 dengan menggunakan FUJIFILM PACS Synapse.

PACS (Picture Archiving & Communication System) Synapse merupakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dari FUJIFILM dalam bidang perawatan kesehatan berbasis teknologi informasi (IT Healthcare) yang sedang tren dalam bidang radiologi. Teknologi ini berfungsi sebagai penyimpanan image pasien (archiving), viewer image pasien, 3D Post Processing Image, dan teleradiologi untuk menunjang klinik radiologi dalam melakuan diagnosis dengan alur kerja yang efektif, efisien dan tidak repetitif.

Menurut dr. Melita, Sp.Rad – Kepala Instalasi Radiologi di RS PON, dengan adanya AI, dokter – dokter di Indonesia seperti memiliki tambahan rekan kerja baru yang dapat membantu dan mendukung rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada para pasien. Hal ini, terutama karena dari pengalamannya ketika harus berjibaku dalam waktu cukup lama dalam mendiagnosis dan merawat pasien akibat tidak adanya alat yang dapat mempersingkat proses kerja membantu menegakan diagnosis pasien stroke kala itu.

“Inovasi dalam Synapse (PACS) mendukung dokter dan tenaga kesehatan meningkatkan efektivitas dan produktivitas alur kerja, sehingga pasien dapat segera ditangani dengan waktu tunggu minimum serta improvement dan akurasi dalam mendiagnosis. Akurasi tersebut menjadi faktor yang penting untuk membantu meningkatkan persentase kesembuhan pasien,” ungkap dr. Melita dilansir melalui siaran pers, di Jakarta, baru-baru ini.

Dengan PACS menjadikan pekerjaan manual yang repetitif menjadi digital serta memberikan kemudahan akses melalui mobile device dan dapat diakses para dokter dan tenaga kesehatan dimanapun termasuk ketika pasien ingin melakukan second opinion. Hasilnya pemeriksaan di instalasi radiologi khusus penyakit stroke kini berhasil maksimal 20 menit.

Kabar baik ini telah di presentasikan dalam pertemuan ilmiah Radiological Technologist Conference Chiangmai – Thailand dengan judul Role of PACS in Order to Maximize Stroke Disease Service at National Brain Center Hospital (RS PON) berdasarkan pengalaman pemakaian PACS Synapse. Perubahan paling signifikan yang dirasakan kini adalah semakin singkatnya alur pemeriksaan, sehingga menjadi lebih efektif dan efisien, seperti :

1. Hasil dari foto radiologi tidak perlu dicetak dan selanjutnya diberikan ke dokter klinisi karena sekarang dapat langsung dibaca secara otomatis masuk ke dalam rekam medis elektronik pasien.
2. Tidak perlu proses konversi format jpeg dan tidak memerlukan proses unggah dan unduh data melalui email.
3. Dokter Radiolog kini dapat melakukan 3D Processing di luar rumah sakit terutama dalam kasus CT Angiografi.
4. Jika data gambar yang dibutuhkan dirasa kurang, maka dapat menarik data lainnya tanpa perlu melibatkan radiografer di rumah sakit.

Selain itu, RS PON dalam beberapa bulan ini juga sudah mencoba FUJIFILM AI Chest yang dapat membantu dokter radiolog dalam menegakkan diagnosis karena dapat menunjukkan kelainan yang ada di tubuh pasien.

FUJIIFILM adalah perusahaan Jepang yang telah berdiri lebih dari 80 tahun dan telah menghadirkan berbagai produk unggulan di bidang fotografi, industri, cetak komersil dan juga perawatan kesehatan. FUJIFILM memperkuat posisinya sebagai perusahan perawatan kesehatan yang komprehensif melalui tagline Never Stop Healthcare 2020 dimana FUJIFILM melalui teknologi dan berbagai produknya secara aktif melayani kesehatan masyarakat di bidang pencegahan, diagnosis dan pengobatan termasuk pandemi COVID-19; dan bahwa FUJIFILM tidak pernah berhenti menerima tantangan baru untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat di seluruh dunia.

Di Indonesia, PT FUJIFILM Indonesia merupakan anak perusahaan langsung dari FUJIFILM Corporation, Jepang berdiri sejak 2011 telah membuktikan eksistensi dan komitmennya untuk selalu menghadirkan berbagai produk – produk inovasi berbasis teknologi kepada masyarakat Indonesia.

Dalam bidang perawatan kesehatan terutama IT Healthcare, PT FUJIFILM Indonesia menghadirkan berbagai teknologi berbasis AI untuk mendukung proses digitalisasi rumah sakit di Indonesia sehingga dapat memberikan pelayanan yang semakin efektif dan efisien serta akurasi diagnosis.

Rujukan Tertinggi

Dikenal sebagai salah satu rumah sakit rujukan yang sangat dipercaya menangani pasien stroke RS PON atau Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta merupakan rumah sakit tipe A atau rumah sakit pusat dan rujukan tertinggi dengan spesialisasi neurologi, saraf otak dan termasuk stroke, tulang belakang serta saraf tepi.

Rumah sakit yang berlokasi di kawasan Cawang, Jakarta Timur ini diresmikan pada tanggal 1 Februari 2013 oleh Menteri Kesehatan saat itu, Ibu Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH dan pada tanggal 14 juli 2014 diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyhono, ditantang untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Mengapa? Untuk menangani pasien yang baru terserang stroke, dokter dan tenaga kesehatan lainnya hanya memiliki sedikit waktu yang sering disebut golden time untuk membantu pasien tersebut terhindar dari risiko cacat maupun kematian.

Untuk memberikan pelayanan prima tersebut, RS PON memilih menggunakan teknologi digital dari awal berdiri seperti alat digital radiography dan kemudian di tahun 2014, RS PON memiliki alat CT Scan (Computed Tomography scan)dengan PACS (Picture Archiving and Communication System) Basic.

Pelayanan yang responsif inilah yang menjadi sasaran mutu di instalasi radiologi di RS PON. Seperti kutipan yang dikemukan neurologis dunia, Camilo Gomez, M.D., “Time is Brain” sebagai peraturan fundamental dalam merawat pasien stroke dimana semakin lama perawatan dan terapi dijalankan maka semakin kecil kemungkinan berhasil. (ACH)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2021 Eksekutif.ID | Kerjasama dan kolaborasi silahkan email: eksekutifmatra@gmail.com. Hotline 0816-1945-288