Majalah Eksekutif

Sosok Yang Pas Sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku Utara.

833Views
MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

EKSEKUTIF.id — Pria ini, baru dilantik sebagai Kepala Satpol PP dan Linmas Provinsi Maluku Utara. Sebelumnya, Rachmat Djabir merupakan  Kabid pemuatan Dinas Perhubungan, Maluku Utara.

Dari Maluku Utara, Rachmat datang khusus ke Gedung H lantai empat di Departemen Dalam Negeri, Jakarta, 10  Mei 2019 melapor ke Direktur Satpol PP Arief M Edie, mantan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Ya, saya datang ke pak Direktur Satpol PP dan Linmas secara khusus,” ujar Rachmat Djabir, Kepala Satpol PP Provinsi Maluku Utara.

“Hari ini (10/5-2019), kami ke Istana Negara menghadiri acara pelantikan bapak Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, oleh Presiden Joko Widodo ,” Rachmat berujar.

 

Terkait hal ini, “Secara pribadi, saya mengucapkan selamat atas penunjukan pak Rachmat Djabir,  yang dilantik sebagai Kepala Satpol PP dan Linmas Provonsi Maluku Utara ,” ujar Arief M Edie, Direktur Satuan Polisi Pamong Praja Kementerian Dalam Negeri.

Arief menyebut Rachmat sebagai sosok yang pas dan kompeten sebagai Kepala  Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku Utara.

“Pemilu 2019, berjalan baik.  Ketika seluruh elemen di  Satpol PP berperan aktif dalam  tugas melaksanakan Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat,” pria bertubuh tegap dan tinggi ini menjelaskan.

Edie menegaskan,  tugas utama satpol penegakan Peraturan Daerah.

Juga berupaya menegakan aturan, agar penerimaan pajak di pemerintah  kota dan daerah maksimal dalam menerima pajak, income di bidang pajak reklame, misalnya.  Satpol PP tak identik lagi mengusir-usir pedagang, rakyat kecil yang berjualan.

“Ketika negara punya hajat, semacam pemilu kemarin, ya ini bukan saja sebagai tugas tambahan dari negara, tapi kewajiban kami untuk membantu KPU dan Bawaslu melaksanakan Pemilu berjalan  baik,” ujar Arief M Edie.

Dalam hal keuangan, untuk menegakkan Perda sesuai dalam undang-undang 23/2014 Arief mengakui, Satpol PP saat ini selalu menjadi “anak tiri” setiap urusan wajib pelayanan dasar prioritas.

Akan tetapi, itulah hebatnya dan militansi SatPol PP.

Organik Satpol PP dan Linmas , selalu mengedepankan tugas negara.  Dalam tugas pokok fungsi dibuktikan dalam kinerja meningkatkan APBD di daerah tersebut.

Dalam tugas tambahan pun,  di Pemilu kemarin seluruh Satpol-PP Kabupaten/Kota melibatkan diri secara langsung, beriteraksi dengan masyarakat dan membantu. Termasuk, teknis di lapangan  berkoordinasi baik Kepolisian dan TNI.

“Sebagai ucapan duka cita mendalam. Kami juga menyebut petugas yang gugur itu pahlawan demokrasi.  Khususnya kepada petugas Linmas, yang gugur dalam mesukseskan pemilu 2019, Menteri Dalam Negeri akan memberi penghargaan,” ujar Arief M Edie.

sumber: ANTARANEWS — klik ini —

Pemilu 2019, berjalan baik.  Ketika seluruh elemen di  Satpol PP berperan aktif dalam  tugas melaksanakan Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat

Suasana pelantikan  Abdul Gani Kasuba sebagai Gubernur dan Al Yasin Ali sebagai Wakil Gubernur Maluku Utara, di Istana Negara.

Foto: koleksi, Satpol PP Maluku Utara.

baca juga: Jokowi & Ressufle Kabinet

redaksi
the authorredaksi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
%d blogger menyukai ini: