Inspirasi

Manfaat Tidur Teratur

340Views
EKSEKUTIF.id — Tidur tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik tetapi juga memberikan banyak manfaat penting lainnya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.
Penelitian telah membuktikan bahwa jika Anda cukup tidur yang baik maka mood, hati, otak dan kehidupan seks Anda meningkat secara signifikan.

Tidur memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, metabolisme, kemampuan belajar dan fungsi tubuh vital lainnya. Jika Anda tidak tidur nyenyak, maka akan merasa tidak enak. Jika siklus tidur yang buruk ini berlanjut setiap hari, maka kesehatan Anda akan terkena dampak serius.
Semua jenis tidur tidak sama sehingga kita perlu mempelajari perbedaan dan tidur yang nyenyak untuk mendapatkan semua manfaatnya.
Jenis dan tahapan tidur
Saat Anda tidur, siklus tidur ini terdiri dari 4 tahapan dalam dua jenis tidur yang berbeda.
Tidur Normal atau NREM Tidur
Ini adalah tipe tidur normal di mana Anda tidak mendapatkan mimpi. Ini juga disebut tidur Non Rapid Eye Movement (NREM) tidur. Tidur ini dapat dipecah menjadi 3 tahap
NREM Tahap 1 – Tahap ini terjadi ketika Anda pertama kali memutuskan untuk tidur dan mata Anda tertutup. Ini adalah tidur yang ringan dan biasanya berlangsung selama 1-10 menit. Jika Anda bangun pada tahap ini, Anda akan sepenuhnya terjaga.
NREM Tahap 2 – ketika Anda memasuki tahap ini, tidur menjadi serius.
Denyut jantung Anda melambat menurunkan suhu tubuh Anda dan itu mempersiapkan Anda untuk tidur nyenyak. Itu berlangsung selama sekitar 20 menit dan sedikit sulit untuk bangun dari tahap ini.
NREM Tahap 3 – Tahap ini dimulai 35-45 menit setelah Anda memutuskan untuk tidur. Gelombang otak melambat dan menjadi lebih besar.
Suara-suara di luar tidak mengganggu Anda di tahap ini. Jika Anda bangun selama tahap tidur ini Anda akan bingung selama beberapa menit.
Tidur REM Ini juga disebut tidur tahap 4. Ini tahap terakhir dari siklus tidur, yang berlangsung sekitar 20 menit. Mata Anda bergerak dengan cepat saat gerakan mata cepat tidur dan otot-otot Anda benar-benar tidak aktif.
Anda bermimpi selama periode ini tetapi Anda mungkin tidak ingat mimpi Anda selama bangun. Beberapa orang bahkan tidur sambil berjalan dan mengompol selama tahap ini.
Sepanjang malam Anda memasuki empat tahap ini dan setiap tahap berlangsung lebih lama saat malam berlanjut. Dalam siklus terakhir, tidur tahap 4 Anda berlangsung selama satu jam.
Berapa lama sebaiknya kita tidur?
Kebutuhan tidur Anda sebagian besar bergantung pada usia dan gaya hidup Anda. Para ilmuwan telah mempelajari pola tidur secara ekstensif dan memperoleh jem tidur yang direkomendasikan.
Yayasan Tidur Nasional, seperti dilansir dari Home Remedies for All, yang terus meninjau persyaratan tidur berdasarkan studi ilmiah baru saat ini mengikuti rekomendasi tidur, meliputi:
Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam
Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam
Balita (1-2 tahun): 11-14 jam
Anak-anak prasekolah (3-5): 10-13 jam
Anak usia sekolah (6-13): 9-11 jam
Remaja (14-17): 8-10 jam
Dewasa muda (18-25): 7-9 jam
Dewasa (26-64): 7-9 jam
Orang dewasa yang lebih tua (65+): 7-8 jam
Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan fisik dan emosional. Anda tidak dapat meremehkan manfaat dari istirahat yang teratur setiap hari yang ditawarkan oleh tidur.
Berikut alasan mengapa Anda harus tidur nyenyak:
1. Hidup panjang umur dan lebih sehat
Studi membuktikan bahwa tidur yang lebih baik akan meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.
Jika Anda mengalami tidur yang buruk atau tidak cukup tidur selama seminggu, tubuh Anda akan mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan kesehatan. Gula darah dan tekanan darah meningkat. Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan serangan jantung dan diabetes.
2. Mood lebih baik
Tidur nyenyak meningkatkan suasana hati Anda. Kesehatan emosional secara keseluruhan jauh lebih baik setelah tidur dibandingkan dengan ketika tidak cukup tidur. Anda mungkin menjadi rewel dan lelah karena kurang tidur yang terlihat pada suasana hati Anda secara keseluruhan.
3. Berpikir jernih
Kehilangan tidur dapat merusak pemikiran dan kognisi. Ingatan Anda menjadi lemah dan Anda menjadi tidak jelas dan mudah bingung. Otak Anda berfungsi suboptimal.
Jika Anda kurang tidur akan berdampak pada kemampuan Anda untuk memecahkan masalah dan kemampuan pengambilan keputusan.
Juga ditemukan bahwa selama tidur, otak kita menyimpan informasi dalam sebuah firma indeks yang membantu mengingat ketika diperlukan. Kurang tidur mengganggu pengindeksan (menganalisa) ini sebagai akibatnya Anda tidak dapat mengingatnya.
4. Mengurangi nyeri
Tidur yang teratur dan cukup mengurangi peradangan dan rasa sakit di tubuh. Anda juga tidak udah cedera karena otak waspada.
Cukup tidur berfungsi sebagai obat untuk membunuh sakit kronis. Ini adalah lingkaran setan di mana rasa sakit memengaruhi tidur Anda dan kurang tidur meningkatkan rasa sakit. Anda perlu memutus siklus ini dengan meditasi yoga dan olahraga untuk tidur nyenyak.
5. Menjaga berat badan
Penambahan berat badan adalah masalah psikologis dan fisiologis. Ketika Anda belum tidur dengan baik, suasana hati Anda menurun sehingga Anda tidak ingin berolahraga. Siklus ini menetapkan rutinitas tidak ada latihan dalam kenaikan berat badan jangka panjang terjadi.
Pada tingkat fisiologis, rasa lelah mendorong Anda untuk mencari makanan dan meningkatkan asupan makanan dalam jangka panjang menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi tidur nyenyak dan kendalikan berat badanmu.
6. Kehidupan seks lebih baik
Jika Anda lelah dan tidak tidur maka dorongan seks Anda mengurangi dampak kehidupan seks. Tidur malam yang nyenyak dapat membuat Anda sehat dan lebih aktif.
7. Lebih kreatif
Kreativitas Anda akan jauh lebih baik ketika Anda memiliki tidur yang baik secara teratur. Sementara tubuh yang lelah memiliki pikiran yang lelah.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa fungsi otak meningkat sebagai akibat dari kualitas yang cukup baik jika tidur.
MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
%d blogger menyukai ini: