Majalah Eksekutif

20 Judul Board Game Indonesia, Ikuti Esse SPIEL 2019

Messe Essen Jerman (24-26 Oktober 2019)

Views

Board game merupakan permainan interaktif,  aktivitas yang zero (nol) memanfaatkan teknologi. Board game mengedepankan kebersamaan dan nilai sosial lain. Juga memiliki fungsi edukasi yang luar biasa.

EKSEKUTIF.id —  “Eseen Spiel merupakan salah satu pameran skala internasional terbesar dan menjadi rujukan industri board game dunia,” ujar Joshua Puji Mulia Simadjuntak, Deputi Pemasaran Bekraf Deputi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Bekraf sebagai lembaga pemerintah non kementrian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif ini berupaya mengangkat produk-produk industri game Indonesia, ke pasar dunia.

“Selain membawa enam board game primadona Indonesia, Archipelageek tahun ini juga diplot untuk menghadirkan area bisnis yang akan dipenuhi program dan aktivasi untuk mempopulerkan board game Indonesia melalui mekanisme product licensing ke publisher dunia,” ujar Joshua.

Essen Spiel, yang akan  berlangsung di Messe Essen Jerman pada tanggal 24-26 Oktober 2019.

Bonifasius Wahyu Pudjianto

“Merupakan tempat bertemunya para pembeli, retails, game desainer, game developer dan mereka yang gemar dengan permainan Board game,” jelas Bonifasius Wahyu Pudjianto, Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri. 

Ini merupakan ajang interaksi langsung dengan para pelaku board game seluruh dunia.

“Keikutsertaan ini sudah kedua kalinya,” ujar Andre M Dubari, Ketua Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) tentang 20 judul board game yang telah diseleksi.

Momen di antara mereka mulai dari bertanya-tanya tentang cara bermain hingga bagaimana proses di balik penciptaan game tersebut.  Juga untuk mencari investor dan penerbit board game potensial.

20 judul board game itu, merupakan hasil seleksi Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI). Proses seleksi diikuti oleh 75 judul board game.

Di pameran board game paling bergengsi di Jerman. Tujuan utama dari paviliun Indonesia di Essen SPIEL 2019, selain untuk mempromosikan board game Indonesia.

Board game merupakan permainan interaktif,  aktivitas yang zero (nol) memanfaatkan teknologi. Board game mengedepankan kebersamaan dan nilai sosial lain. Juga memiliki fungsi edukasi yang luar biasa.

Perwakilan dari Indonesia kembali akan mengusung nama Archipelageek. Harapannya, bakal ada 19 ribu pengunjung yang bisa memenuhi paviliun Indonesia seluas 66 meter persegi di Essen SPIEL 2019.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dipilihlah 6 board game “primadona” yang bakal menjadi wajah paviliun Indonesia di Essen SPIEL 2019. Board game “primadona” ini dipilih oleh para kurator saat proses penjurian final.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia  (APIBGI) gelar Konferensi Pers Essen Spiel di Activation Lounge Icinc Expo (RT), Hall 3 Indonesia Convention & Exhibition BSD (ICE) Tangerang, Kamis (17/10/2019).

Acara yang digelar itu, dihadiri beberapa narasumber yaitu Joshua Puji Mulia Simanjuntak (Deputi Pemasaran Bekraf), Bonifasius Wahyu Pujianto (Direktur Pengembangan Pasar Luar Negri ),  Ang Martin (perwakilan Tobletoys) dan Darwin (Perwakilan MSBR Studio).

Board game merupakan permainan non-digital yang ragamnya bisa dimainkan di atas meja. Bentuk lawasnya seperti permainan monopoli, catur, domino. Di era milenial, board game muncul dengan aneka tema, cara main, cerita, dan tantangannya.

Tumbuhnya elemen-elemen tersebut, baik creation (game design, ilustrasi, product design hingga manufaktur), distribution (kanal distribusi, promosi dan penjualan), dan edukasi pasar.

Elemen board game industry seperti game designer, ilustrator, komunitas, distributor dan retailer hingga perguruan tinggi. Roda dan gir industri board game Indonesia bergerak secara sistematis.

Banyak masyarakat umum di sana mencoba Board Game terbaru dari seluruh dunia dengan memainkannya dengan teman-temannya sesama penggemar Board Game. Jadi semua katalog board game dari para finalis tetap akan ditawarkan.

Ini adalah daftar lengkap 20 board game yang akan hadir di Essen SPIEL 2019.

  1. Bunaken: The Undersea Paradise oleh PeBeeS
  2. Belapati War oleh LOGI Games.
  3. Cenayang oleh Memento Craft.
  4. Cine: Write & Trade oleh Teman Maen Rutin Shuffle.
  5. Coffee Crash oleh Manikmaya Games.
  6. Dua Kerajaan oleh Dua Kerajaan Studio.
  7. Jalan-Jalan oleh Chiveus.
  8. Kancil oleh Chiveus.
  9. Korowai oleh Tabletoys Indonesia.
  10. Laga Pendekar oleh Makhluk Oranye Games.
  11. Luwenak! oleh Andeux.
  12. Mindblowon: The Card Game oleh MSBR
  13. Nusa Rasa oleh Ketchup Games.
  14. Prabumeru oleh Novia Dwiyanti Putri.
  15. The Forbidden Ritual oleh MSBR Studio
  16. SEN: Save The Queen oleh Tabletoys Indonesia.
  17. The Adventure of Bam-Bam Aksara Jawa oleh Bam-Bam.
  18. Toraja oleh Congkak Fun Factory.
  19. Unmask! oleh Chiveus.
  20. War of The Words oleh Wisnu Widiarta

 

 

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas