BERBISNIS

SAP Express  Jalin Kerjasama dengan PowerCommerce

497Views
MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

 

Maraknya e-commerce di era digital saat ini membuat industri jasa logistik turut berkembang lebih baik, seiring pertumbuhan industri e-commerce tersebut. Hal itu membuat para pelaku industri logistik berupaya untuk melebarkan sayapnya dengan menjalin kerjasama dengan para pemain e-commerce.

Tak terkecuali dengan PT Satria Antaran Prima Tbk atau lebih dikenal sebagai SAP Express (Perseroan) adalah perusahaan jasa pengiriman yang didirikan dan mulai beroperasi pada tahun 2014 dan termasuk  dalam jajaran perusahaan Kurir Ekspres dan Logistik terkemuka di Indonesia.

Oleh karena itulah SAP Express, kini menjalin kerjasama dengan  PowerCommerce, sebuah perusahaan yang memiliki teknologi eCommerce dengan platform omnichannel. Kerjasama tersebut telah ditandatangani oleh Budiyanto Darmastono, Presiden Direktur SAP Express di Jakarta, Kamis ( 12/03/2020 ).

Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk lebih memperkuat layanan Cash On Delivery (COD)   SAP Express  yang telah memiliki tagline #Jagonya COD  ini.

Kolaborasi antara SAP Express dan PowerCommerce  tersebut akan membawa benefit yang signifikan terhadap perkembangan usaha ke dua perusahaan dan diyakini akan memberikan kontribusi 10-20% dari pendapatan ke dua perusahaan.

Saat ini, menurut  Budiyanto  perusahaan telah miliki 150 cabang di Indonesia dengan pelanggan ecommerce mencapai 600 perusahaan.  Budiyanto  menjelaskan bahwa pasar e-commerce  saat ini begitu  besar.

“Transaksi kami untuk ecommerce saja dalam satu minggu bisa mencapai Rp 20 miliar, jadi bisa dibayangkan besarnya pasar ini,” ujar Budiyanto, saat acara penandatangan kerjasama tersebut di Jakarta, Kamis (12/03/2020).

Oleh karenanya menurut Budiyanto,   perusahaan bakal menerapkan sistem bisnis omnichannel  agar dapat mengembangkan dan menggenjot bisnis pengirimannya, serta perusahaan akan lebih ekspansif dengan menambah cabang baru setiap bulannya.

Kerjasama dengan PowerCommerce  tersebut  dimaksudkan untuk meng-upgrade keberadaan cabang yang kebanyakan masih sekadar operasional kurir menjadi fulfillment, alias seluruh proses pengiriman dapat berlangsung secara komplit di masing-masing cabang.

Untuk pengiriman barang ekspor, SAP Express akan memproses barang yang akan diekspor dari warehouse fulfillment SAP Express dan pengerjaan custom clearance ekspor juga akan dilakukan oleh SAP Express.

Sebaliknya untuk pekerjaan impor, custom clearance impor akan dikerjakan oleh SAP  Express, barang import tersebut akan dimasukkan ke dalam warehouse fulfillment SAP Express untuk diproses sebelum dikirim ke alamat tujuan pengiriman.

Untuk pekerjaan fulfillment, SAP Express akan menjadikan seluruh cabang dan subcabang SAP Express yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai hub dan warehouse fulfillment untuk mendukung proses kolaborasi ini.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
%d blogger menyukai ini: