5 Dampak Positif dari Internet

  • Whatsapp


EKSEKUTIF.COM, JAKARTA – Hampir semua aktivitas manusia sehari-hari bergantung pada internet, terlebih sejak pandemi. Mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, politik, sosial hingga budaya, semua kegiatannya didukung oleh internet.

Hal itu dijelaskan, Riskia Putri, Dosen FEBI IDIA AL Amien Prenduan, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat (12/11/2021).

Lajutnya, dampak positif internet memang dirasakan berbagai pihak dengan lebih cepat dan mudahnya penyelesaian pekerjaan. “Keberadaan internet dapat memudahkan aktivitas sehari-hari, asal dapat menggunakannya secara bijak,” terangnya.

Berikut ini adalah beberapa dampak positif internet yang bisa kamu rasakan dari internet:

Sejak aplikasi bertukar pesan, WhatsApp, dirilis pada 2009, berbagai lapisan masyarakat mulai terbiasa memanfaatkan internet untuk mengirim pesan. Tak berselang lama, muncul aplikasi perpesanan lain untuk bersaing dengan WhatsApp, seperti Line, Kakao Talk, WeChat, dan sebagainya. Belum selesai di situ, platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram turut membuat fitur pesan pribadi.

  • Memudahkan Pencarian Informasi

Dampak positif internet selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah kemudahan akses terhadap berbagai informasi yang bisa didapat pula secara real time. Selain berita dari portal online, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi dari media sosial. Alhasil, seorang ilmuwan, Marshall McLuhan, mencetuskan istilah “global village” sebagai representasi kemudahan pertukaran informasi di seluruh dunia.

  • Memudahkan Transaksi Bisnis

Kehadiran internet membuat transaksi dan proses belanja semakin mudah karena dapat dilakukan melalui internet. Selain proses pembelian, proses pembayaran pun dapat dilakukan melalui aplikasi dan website perbankan atau uang digital. Kemudahan ini juga dirasakan oleh penjual produk online, karena mereka tidak diwajibkan untuk memiliki toko fisik untuk menjual produk.

Sesuai penjelasan di poin sebelumnya, internet dapat digunakan untuk mencari buku atau referensi belajar bagi siswa. Namun, dampak positif internet tak hanya berhenti di situ. Melalui berbagai platform seperti artikel blog, media sosial, atau platform berbagi video, YouTube, kini semua orang bisa belajar dari internet. Bahkan sejak pandemi, internet menjadi sarana utama dalam mendukung kegiatan belajar mengajar secara formal. Selain itu, tak sedikit pula yang memanfaatkan internet untuk belajar dari web seminar alias webinar.

Memamerkan hasil karya kini tak lagi menggunakan cara yang sulit. Inilah salah satu dampak positif lain dari internet, kamu bisa menggunakan berbagai platform untuk menampilkan hasil karya. Jika suka menulis, bisa menulis di blog, jika suka berbicara di depan umum, bisa membuat konten dan mengunggahnya ke YouTube, dan jika suka bereksperimen, buatlah website yang unik.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat (12/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Khamaidi (Manager SDM), Ariantanto Eko Harnoko (Co-Founder & Chairman IGI Foundation), Olpie Puspitasari (News Presenter JTV), dan Moh. Salman Alfarisi sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 13 kali dilihat,  13 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *