Adaptasi Menciptakan Karya Positif di Era Digital

  • Whatsapp


EKSEKUTIF.COM – Kita beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi di era digital apapun latar belakang industri dan bidang pekerjaannya tentu akan memberikan sebuah hasil atau perubahan positif yang inspiratif dan efisien. Faktanya era digital sudah bukan lagi perkara masa depan namun sudah menjadi realita bagi populasi dunia.

Perkembangan teknologi yang terus meningkat tajam dari tahun ke tahun sebenarnya dilakukan demia mengimbangi kebutuhan manyusia akan teknologi yang semakin besar. Dalam setiap aspek kehidupan, selalu ada teknologi digital yang membantu kita sehari-hari, menjadikan aktivitas lebih efisien.

Produser musik, Pringgo Aryo Pradana mengatakan, seseorang gemar membuat konten foto atau video untuk media sosial kemudian terdapat banyak apliaksi editor yang berfungsi untuk membantu memperindah hasil jepretan yag sesuai dengan selera. Bahkan kini di luar sana banyak yang berawal dari coba-coba aplikasi lalu menjadi sebuah hobi kemudian ketika sudah menjadi hobi lalu kemungkinan menambah penghasilan dari sana juga terbuka luas.

“Intinya banyak sekali hal positif yang dapat kita lakukan apabila ada kemauan untuk mengetahui lebih dalam mengenai teknologi digital. Tidak hanya di industri musik yang seperti itu tapi industri lain juga demikian. Mendapatkan efisiensi yang sama, yang memiliki ketertarikan di dunia kuliner dapat berjualan tanpa membuka kios atau warung tetapi kerja sama dengan perusahaan ojek online dan marketplace untuk menjadi bagian dari toko. Promosi dapatdilakukan di media sosial,” ungkapnya saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (25/8/2021).

Sekarang yang terpenting, bagaimana seseorang dapat lebih kreative dalam berpromosi di media digital. Supaya brand kita tetap terdengar misalnya kita membuat promo atau kolaborasi. Tidak hanya dapat berkolaborasi dengan yang satu jenis namun di era sekarang, kolaborasi dapat dilakukan siapapun.

“Seperti beberapa waktu lalu sebuah brand rumah makan padang terkenal berkolaborasi dengan sebuah produk fashion. Ada juga produk make-up yang berkolaborasi dengan produk makanan. Kreativitas memang sangat diuji di zaman sekarang dan kuncinya lagi ialah bagaimana para pelaku usaha dapat konsisten,” jelasnya.

Saat ini adalah saatyang tepat untuk kita siapapun memulai dan belajar karena kini software dan program berbasis digital sudah sangat canggih apalagi software atau program-program tersebut sudah sangat mudah didapatkan di marketplace dengan harga yang sangat terjangkau.
Software dan aplikasi zaman sekarang sudah sangat user-friendly, nyaman dilihat mudah dioperasikan. Belilah software yang asli bukan bajakan karena selain kita menghargai perusahaan yang telah membuat software digital tersebut. Namun kita juga akan merasa lebih aman dalam menggunakan atau menjalankan karya di software tersebut.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (25/8/2021) siang, juga menghadirkan pembicara Aditianata (Dosen Universitas Esa Unggul), Bentang Febrylian (Pemeriksa Fakta Mafindo), Rizky Ardy Nugroho (podcaster), dan Rio Silaen sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 2 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *