Biar Cuan, Simak Tips Berbisnis di Marketplace

  • Whatsapp


Eksekutif.com – Marketplace menjadi tempat jual beli yang marak digunakan masyarakat saat ini. Kemajuan teknologi sudah tidak mengkhawatirkan masyarakat dalam berbelanja online.

Henry V Herlambang, CMO Kadobox, menjelaskan dalam berjualan online, kita butuh foto produk yang baik. Jika keahlian dalam memotret sedikit, kita bisa menggunakan jasa foto produk yang saat ini juga banyak di Instagram. Deskripsi produk yang lengkap & menarik agar meyakinkan customer. Di penulisan deskripsi juga perlu menuliskan keunggulan produk yang kita miliki dengan produk lain.

Lanjutnya, kita juga bisa menggunakan pengiriman dengan sistem COD, karena beberapa ada yang malas untuk transfer uang dan mau bayar saat barang di rumah. Meminta teman atau kenalan untuk membeli produk dan memberikan review via marketplace agar dilirik customer, terlebih jika reviewnya bagus.

“Kita harus tahu juga jenis usaha kita apakah open reseller, dropshipper, agen, bisa beli banyak, atau produk satuan agar bisa menentukan strategi. Misalnya, seperti barang furnitur termasuk barang yang dibeli satuan. Kemudian, kita petakan satu kategori jagoan agar mudah diingat oleh pembeli,” ujar Henry dalam Webinar di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/7/202).

Untuk menggaet pembeli, pemanfaatan aset dari media digital pun harus diperhatikan. Terutama yang butuh pembeli untuk diyakinkan, penjual dapat memanfaatkan Whatsapp. Selain itu, untuk memudahkan kita bisa menggunakan Instagram, marketplace, dan e-commerce. Penentuan target pasar secara spesifik sama pentingnya.

“Lalu ada pendukung utama marketplace dalam bisnis kita yakni dengan menggunakan berbagai macam iklan, seperti FB dan IG Ads, Tiktok Influencer, Selebgram, Markeplace ADS, dan konten Instagram yang dapat di share. Ads tidak hanya untuk iklan saja, tetapi berfungsi untuk meyakinkan pembeli,” tuturnya.
Dalam marketplace ADS, penjual dapat mengumpulkan kata kunci untuk mempermudan dan menambah engagement produk. Kata kunci ini harus dipikirkan dengan matang dan sebanyak-banyaknya. Pastikan, kata kunci yang dibuat relevan dengan produk yang dijual, serta memiliki sedikit pesaing dengan kata kunci yang sama.

Henry juga mengatakan, untuk memudahkan pembeli kita dapat melengkapi bio instagram akun bisnis dengan informasi yang lengkap. Selain itu, kita juga harus menaruh link yang mengarah pada pembelian (Link marketplace dan Whatsapp). Tujuannya, agar dengan mengklik link dari profil akun bisnis kita, pembeli dengan mudah dan cepat langsung membeli barang tersebut.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021) ini juga menghadirkan pembicara, Nikita Dompas, Producer & Music Director, Shandy Susanto, Dosen Podomoro University, Adang Budaya, TA DPR RI & Sekbid Hukum), dan Riri Damayanti.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 21 kali dilihat,  21 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *