Majalah Eksekutif

Bulog Menjamin Komoditas Pangan & Lakukan Operasi Pasar

#Buwas & Bagya
469Views
MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

EKSEKUTIF.id — Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menjamin komoditas tersedia di seluruh Indonesia, seperti gula,  beras, minyak goreng dan tepung terigu. Ada dan juga harga standar, terjangkau masyarakat.

“Saat ini, cadangan beras nasional berada di sekitar 2,1 juta ton,” ujar Budi Waseso, dalam konteks mempersiapkan pasokan beras khususnya di tengah kondisi bencana dan cuaca buruk.

Pihak Bulog telah menyiapkan stok khusus bencana di masing-masing provinsi serta kabupaten dan kota. Akan dilakukan juga operasi pasar komoditas pangan di Jakarta.

Adapun ke-5 pasar ini ialah Pasar Kramat Jati, Pasar Cempaka Putih, Pasar Mampang, Pasar Koja dan Pasar Tomang Barat.

Khusus untuk gula, Bulog menggandeng Gulaku dan menyiapkan 10 ton suplai gula tiap harinya untuk operasi pasar. Setiap orang dibatasi pembeliannya maksimal 2 kg, dengan harga hanya Rp 12.500 per kg-nya.

Disiapkan juga beras medium, beras premium, tepung dan minyak goreng dengan harga terjangkau.

Perum Bulog berencana memperluas jaringan hingga tingkat Rukun Tetangga guna memperkuat distribusi dan stabilisasi harga pangan.

Kepala Bulog Budi Waseso mengatakan secara struktur pihaknya tidak memiliki jejaring hingga ke tingkat desa. Sebagai jalan keluarnya pihaknya akan membangun sinergitas jaringan dengan berbagai elemen pimpinan daerah.

Melalui RT/RW kepala desa, kecamatan, hingga provinsi, dalam pendistribusian bahan pangan untuk kestabilan harga dan ketersediaan pangan.

Buwas panggilan akrabnya berharap dengan cara ini seluruh beras medium, premium bisa diserap semua oleh Bulog. Upaya ini juga menurutnya bisa menghindari ketergantungan dari impor.

Bulog menargetkan pada panen raya Maret-April bisa menyerap produksi beras hingga 1,8 juta ton. Angka ini diperkirakan sudah cukup untuk stok Bulog.

klik juga: majalah MATRA edisi terbaru

MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -
redaksi
the authorredaksi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
%d blogger menyukai ini: