Majalah Eksekutif

Catatan “pinggir” Johan O Silalahi

874Views

Eksekutif.id — “Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BUMN PT Bukit Asam Tbk, hari Jum’at, tanggal 28 Desember 2018, Saya mengakhiri tugas di BUMN PT Bukit Asam Tbk sebagai Komisaris Independen merangkap Ketua Komite Audit.

Insya Allah dan Alhamdullilah Saya sudah memberikan yang terbaik dan karya nyata (Legacy) dalam sejarah BUMN Kita khususnya di BUMN PT Bukit Asam Tbk.

Salah satu Legacy Saya kepada seluruh BUMN di Indonesia, menjadi catatan sejarah untuk pengawasan dan pembinaan seluruh BUMN milik bangsa dan negara.

Catatannya adalah, dengan memasukkan pengawasan yang ketat kepada seluruh anak dan cucu perusahaan BUMN Kita yang sekian lama mencatat akumulasi kerugian dan “tinta merah”, mengubahnya menjadi “tinta biru”.

Dengan memasukkan kriteria kinerja operasi dan kinerja keuangan seluruh anak dan cucu perusahaan BUMN ke dalam Key Performance Indicator (KPI) dari Direksi dan Dewan Komisaris BUMN.

Ide dan strategi terobosan ini, Saya gulirkan setelah mendengar paparan para Deputi Menteri dari Kementerian BUMN kepada seluruh Dewan Komisaris dan Dirut BUMN di Hotel Novotel Bogor.

Tidak lama setelah Saya diberi amanah menjadi Komisaris Independen merangkap Ketua Komite Audit BUMN PT Bukit Asam Tbk.

Adapun paparan para Deputi Menteri BUMN pada saat itu adalah, adanya fenomena yang unik.

Ternyata, 90 persen anak dan cucu perusahaan BUMN Kita yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh BUMN ternyata sekian lama terus mencatat akumulasi kerugian dengan tinta merah, sisanya hanya 10 persen anak dan cucu perusahaan BUMN yang kepemilikannya bermitra dengan pihak ketiga lainnya yang berhasil mencatat keuntungan dengan tinta biru.

Hal ini telah berlangsung sedemikian lama, menjadi pesan serta catatan penugasan dari Kementerian BUMN kepada seluruh Dewan Komisaris dan Dirut BUMN.

Saya sampaikan dan ingatkan kembali dalam RUPSLB tgl 28 Desember 2018 kemarin.

Khususnya kepada Deputi Menteri BUMN Bapak Harry Fajar Sampurno dan Pejabat Kementerian BUMN yang hadir, jajaran Dekom dan Direksi Holding Industri Pertambangan (HIP) Inalum.

Juga kepada jajaran Dekom dan Direksi PT Bukit Asam Tbk serta seluruh pemegang saham BUMN PT Bukit Asam Tbk untuk menjadi catatan dan perhatian kedepan, demi masa depan bangsa dan negara Kita tercinta khususnya masa depan seluruh BUMN di Indonesia”.

baca juga: majalah eksekutif edisi cetak terbaru — klik ini

MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
%d blogger menyukai ini: