Dukung Program Pengembangan Pitalebar Kementerian Kominfo RI – CBN dan FiberStar  Hadirkan Akses Internet untuk UMKM Desa Kalitengah Cirebon

[ad_1]

Ket. Foto  ( ki-ka ) :  Singgih Yuniawan SE.M.Kom, Koordinator Insfrastruktur Telekomunikasi Pitalebar, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI; Dr. H. Harry Safari M. Drs. MM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon; Marcelus Ardiwinata, Commerce Director FiberStar; Dedy Handoko, Chief of Broadband CBN; Yanto Heryanto, SE, PJ Kuwu Kalitengah.

 

PT Cyberindo Aditama (CBN) bersama dengan PT Mega Akses Persada (FiberStar) diberikan kepercayaan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) sebagai penyedia layanan akses Internet broadband kepada UMKM di Kalitengah, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Program tersebut merupakan Inisiatif Kemkominfo dalam mendukung pemberdayaan UMKM melalui program Bantuan Pemerintah Penyediaan Layanan Akses Tetap Pitalebar (Fixed Broadband) yang diluncurkan pada Kamis ( 08/04/2021 ) di GMG Nyi Mas Ayu Danawati, Desa Kalitengah, Kabupaten Cirebon.

Dedy Handoko, Chief Broadband Officer CBN mengatakan, “Indonesia saat ini sudah memasuki era digitalisasi, dimana mayoritas kegiatan harian masyarakat tidak terlepas dari peran internet. Bagi UMKM, peran serta internet tentunya dapat meningkatkan produktivitas dan pemasaran untuk perekonomian yang lebih baik. “

“Sebagai salah satu pelopor provider internet di Indonesia, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi CBN untuk menjadi bagian dari program Kemkominfo dalam menghadirkan pemerataan penyediaan koneksi internet di Indonesia,” uangkap Dedy dalam keterangan tertulisnya, Kamis ( 08/04/2021 ).

“Desa Kalitengah adalah salah satu desa UMKM unggulan di Kabupaten Cirebon, dengan mayoritas masyarakat bergerak di industri rumahan seperti produksi batik, telur asin, e-warung, dan lain sebagainya. “Sebagian penerima manfaat sudah mulai merasakan koneksi internet cepat CBN dan tentunya akan semakin bertambah seiring dengan penyelesaian program pembangunan infrastruktur fiber optik secara bertahap,” tambah Dedy.

Sementara itu,  Marvels P. Situmorang, Direktur Pengembangan Pitalebar Ditjen PPI Kemenkominfo RI mengatakan, “Sejak tahun 2018 Direktorat Pengembangan Pitalebar memberikan bantuan akses internet untuk berbagai sektor khususnya menyasar sektor UMKM dan pariwisata untuk memberdayakan kedua sektor tersebut dan mengembangkan jaringan infrastruktur pitalebar. Infrastruktur yang tersediapun perlu dimaksimalkan utilisasinya sebagaimana arahan Presiden RI.”

“ Untuk itu, kami bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk penyedia layanan internet. Untuk Desa Kalitengah ini, kami percayakan CBN sebagai provider internet yang kami yakin dapat memberikan layanan terbaik bagi penerima bantuan,” jelas Marvels.

Tidak hanya memberikan akses internet  lanjut Marvels, Kemenkominfo juga akan memberikan pelatihan pendampingan dalam memaksimalkan penggunaan internet di Desa Kalitengah. Menyusul, beberapa daerah lain juga mendapatkan hal yang sama. Diharapkan dengan kegiatan tersebut mampu meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat.



Post Views:
2

[ad_2]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *