Latest News

Latest Posts

- Advertisement -
MAJALAH EKSEKUTIF – terbit sejak 1979 –

Latest Tweets

Find Us on Socials

Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

Laman

Brand Fashion ‘ElgaandRina’ Angkat Tenun & Bordir Go Internasional

Fashion designer, Elga Naldy dan fashion enthusiast, Rina Saud meluncurkan brand fashion ‘ElgaandRina’ yang mengusung konsep “Where Embroidery Meets Fashion”.
MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

Fashion designer, Elga Naldy berkolaborasi dengan fashion enthusiast, Rina Saud meluncurkan brand fashion bernama ‘ElgaandRina’ yang mengusung konsep “Where Embroidery Meets Fashion”. Kolaborasi ini dilandasi oleh keinginan kuat untuk mengangkat Busana Tenun & Bordir sebagai kerajinan tangan khas Indonesia ke level internasional.

Potensi Indonesia di industri fashion global, tak dapat disepelekan. Bahkan sudah banyak fashion designer dari Tanah Air yang berjaya secara global yang karyanya bisa selalu menghias wajah-wajah populer dunia. Dai sisi bisnis, fashion atau mode semakin hari menjadi industri yang menguntungkan di dunia Internasional, dimana setiap tahunnya selalu bermunculan nama designer-designer baru dan juga rumah mode yang popular di dunia.

Berbicara mengenai trend fashion di Indonesia, pastinya tidak terlepas dari nama-nama perancang busana dan juga peristiwa yang terjadi pada masa perkembangan trend fashion di Indonesia. Hal inilah yang mendasari fashion designer Elga Naldy-sebagai seorang designer yang telah berkarya lebih dari 10 tahun di dunia fashion Tanah Air dan Internasional, terdorong untuk makin melebarkan kiprahnya di kancah global.

Desain modern dengan sentuhan tradisional dari tenun dan bordir.

Kali ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama Fashion Enthusiast Rina Saud dengan meluncurkan brand fashion bernama ‘ElgaandRina’ yang mengusung konsep ‘Where Embroidery Meets Fashion’. Terobosan kolaborasi ini secara resmi telah perkenalkan untuk pasar Tanah Air, beberapa waktu lalau di Plataran Menteng, Jakarta.

Dikatakan, brand ‘ElgaandRina’ itu sendiri sebenarnya sudah didirikan di Jakarta tahun 2018, yang merupakan kolaborasi apik antara Elga Naldy yang merupakan seorang designer yang saat ini telah memiliki brand Internasional di Mumbai, India dengan label ‘Elga Hariani’ bersama rekannya, seorang Fashion Enthusiast, Rina Saud. Kolaborasi ini dilandaskan oleh keinginan kuat mengangkat produk dari kerajinan tangan Indonesia, seperti Tenun dan Bordir yang dikemas dalam balutan desain dan detail yang unik yang memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap koleksinya.

Koleksi ‘ElgaandRina’ menampilkan suatu karya yang anggun, dinamis dengan kualitas bahan terbaik dan desain modern yang dapat diterima pasar Internasional. Selain merintis pasar dalam negeri, brand ‘ElgaandRina’ juga tengah mempersiapkan karya dan produk untuk di pasarkan di industri fashion Amerika seperti New York dan Los Angeles, yang diperkirakan koleksinya akan dirilis pada tahun 2020 mendatang.

“Kami sangat antusias dengan kehadiran brand kami, ‘ElgaandRina’ yang memiliki ciri khas menggabungkan kerajinan tangan tenun dan bordir. Indonesia memiliki berbagai macam kain tenun yang memang menjadi salah satu ciri kebudayaan Indonesia. Kain tenun sendiri merupakan warisan leluhur yang teknik pembuatan kainnya dikerjakan dengan prinsip yang sederhana yaitu hanya menggabungkan benang menggunakan alat tenun, yang ternyata menghasilkan desain kain yang unik dan khas. Tenun juga merupakan persembahan bangsa Indonesia untuk dunia. Dengan mengangkat konsep menggabungkan tenun dan bordir ini pula, kami ingin melestarikan kerajinan tangan Indonesia dan membuat industri tenun dan bordir tetap bisa hidup. Upaya ini sekaligus juga untuk meningkatkan kehidupan para pengrajinnya, sehingga kerajinan tenun dan bordir tidak punah,” ujar Sang designer, Elga Naldy.

Dia begitu optimistis, apalagi tenun merupakan warisan yang memiliki tradisi sarat makna filosofi dari negeri asalnya yang juga banyak diminati dunia sejak dahulu, dengan keinginan memiliki beragam jenis dan corak motifnya. Kain tenun pun bukan sekedar tekstil tradisional, namun memiliki perjalanan panjang dari suatu peradaban sebuah Bangsa, negeri kepulauan yang memiliki beragam etnis.
“Kekayaan kerajinan tangan khas inilah yang menggelitik saya untuk berkreasi menghasilkan sebuah desain yang cantik dan elegan, dengan mengangkat konsep menggabungkan tenun dan bordir ini. Untuk persembahan perdana, brand ‘ElgaandRina’ menampilkan 45-50 outfit untuk negeri tercinta. Kami berharap fashionista dapat menerima dengan baik brand kami,” ujarnya.

Senada dengan Elga Naldy, Rina Saud mengatakan, melalui brand ‘ElgaandRina’, pihaknya bertekad untuk ikut terus melestarikan budaya lokal serta membantu dan meningkatkan perekonomian penenun dan pembordir yang mayoritas adalah perempuan. “Banyak perempuan tangguh di desa-desa yang terpaksa menjadi kepala keluarga dan harus menghidupi anak-anaknya. Dengan keterampilan menenun atau membordir yang dimiliki, ditambah dengan kebutuhan kain tenun dan bordir yang meningkat, tentunya dapat mengangkat derajat kaum perempuan untuk lebih mandiri,” ujarnya.

Ditambahkan, koleksi ‘ElgaandRina’ mengkolaborasikan kain tenun dengan bahan yang enak dipakai sehingga dapat digunakan sehari-hari. Dengan inovasi, perkembangan pengetahuan, dan pembinaan yang disampaikan oleh berbagai pihak, saat ini penenun telah memahami soal penggunaan benang yang lebih bagus, tidak membuat kain tenun menjadi begitu tebal.

Selain itu corak kain tenun juga semakin berwarna dengan ditemukannya pewarna alami yang memanfaatkan pewarna dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya warna indigo yang saat ini tengah popular yang membuat kain tenun menjadi semakin kekinian dan modern. Brand kami sendiri menggunakan kain tenun dengan pemilihan kain yang terbaik, yang dikombinasikan menggunakan teknik bordir, payet dan patches sehingga menghasilkan busana yang menarik, elegan dan dapat disejajarkan dengan brand Internasional.

“Kami berharap brand ‘ElgaandRina’ semakin membuat industri fashion Tanah Air semakin menggeliat dan tentunya dapat diterima dan dipakai oleh seluruh pecinta fashion di Tanah Air maupun manca negara. Dan kain tenun dan bordir sebagai salah satu warisan budaya bangsa Indonesia dapat semakin popular dan menjadi kebanggaan bersama”, tutup Elga Naldy. (ACH)

MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »