BERBISNIS

Ini Dia 10 Finalis “Khong Guan SMK Jago Jualan”

60Views

Kompetisi betajuk “Khong Guan SMK Jago Jualan” yang betujuan mengembangkan bakat dan kemampuan jualan di bagi para siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia telah memasuki babak final. Setelah melalui proses seleksi dan penjurian ketat, akhirnya terpilih 10 Tim Finalis yang masing-masing mendapat trofi, dan hadiah menarik lainnya.

Kesepuluh tim pemenang, antara lain Tim Juragan Kebumen (Yogyakarta), Tim Lancang Kuning (Pekanbaru), 3. Tim Han’s Beauty (Solo), Tim 45SJJS (Bandung), Tim Invinity (Bukit tinggi), Tim Exciting Paser (Balikpapan), Tim Gensarana (Padang ), Tim Mythic Squad (Belitung ), Tim Spemda Squad (Semarang), serta Tim Sales Squad (Manado). Ke-10 tim terbaik akan diberikan tiket dan akomodasi untuk acara final Big Bang di Jakarta, serta hadiah khusus dan trofi.

“Kami sangat bangga karena kegiatan ini mendapat respons yang sangat antusias dari SMK di seluruh Indonesia. Saya percaya kompetisi ini bisa menjadi pengalaman berharga yang bisa jadi bekal mereka dalam memasuki dunia kerja, bahkan menjadi entrepreneur sekalipun. Terutama keahlian dalam bidang sales (penjualan) yang menjadi unsur penting dalam dunia bisnis. Seluruh peserta, sebelumnya juga dibekali mentoring dan edukasi langsung dari para experts di bidang sales,” ungkap Tommy Hartono, National Sales Manager Khong Guan didampingi Dedy Budiman, Penanggung Jawab Program “Khong Guan SMK Jago Jualan”, dalam jumpa pers di sela acara “Awarding Night Final” (12/8), di Jakarta.

Menurut Penanggung Jawab program, Dedi Budiman, dengan dukungan utama PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia dengan brand miliknya, Khong Guan, program ini sudah mulai dilaksanakan sejak Februari 2018 lalu. Semula, sebanyak 242 tim telah mendaftar melalui website www.smkjagojualan.com, yang masing-masing terdiri dari 12 orang siswa/i dari kelas X – XII yang berasal dari 23 kota besar di Indonesia. Selama masa kompetisi berlangsung, peserta terus dibekali dengan online class serta pendampingan oleh masing-masing mentor di kota masing-masing mengenai produk yang dipasarkan, strategi pemasaran yang akan diterapkan, serta strategi pendekatan kepada calon customer.

Ditambahkan, kompetisi terdiri dari tiga (3) tahapan. Pertama dimulai dari tanggal 12 Maret 2018 sampai 12 Mei 2018 telah diikuti lebih dari 200 tim yang lolos verifikasi administrasi. Kualifikasi untuk lolos menuju tahap kedua adalah dengan memperoleh minimum omset penjualan sebesar Rp 5 juta. Sebanyak 82 tim yang berasal dari 20 propinsi di Indonesia lolos untuk menuju tahap kedua.
Tahap kedua dimulai dari tanggal 21 Mei 2018 sampai 30 Juni 2018 dengan jumlah tim sebanyak 82 tim, dengan minimum omset penjualan Rp 7 juta dalam jangka waktu kurang lebih 1.5 bulan kompetisi. Pada tahap kedua ini, terpilih 10 tim yang tersaring untuk melanjutkan kompetisi ke tahap final. Kesepuluh tim tersebut mewakili 10 propinsi dengan penjualan terbaik pada kompetisi menjalankan program ini sejak Februari 2018 lalu.

Pada tahap final, kesepuluh tim tersebut mengirimkan masing-masing lima orang perwakilan beserta mentor pembimbing dan guru pembimbing mereka untuk berangkat ke Jakarta dan melakukan Khong Guan Sales Marathon. Sales Marathon adalah kegiatan selling paket Khong Guan yang akan dijual dalam 2 sesi pada tanggal 12 Agustus 2018. Sesi pertama dilakukan pada venue CFD Thamrin dari jam 06:00 – 09:00 dan Sesi kedua dilakukan pada venue TMII dari jam 13:00 – 16:00.

Kelima anggota team tersebut tentu saja memiliki role berbeda untuk mencapai target yang diberikan oleh dewan juri. 2 orang akan menjadi sales force, 1 orang akan menjadi mascot sebagai gimmick, 1 orang bertanggung jawab terhadap stock dan 1 orang akan melakukan live streaming, gimmick dan social media activity untuk memviralkan dan mempromosikan kegiatan Final dari KHONG GUAN SMK JAGO JUALAN 2018 ini di media digital.

Mereka diwajibkan menjual paket Khong Guan senilai IDR 25.000 menggunakan kreativitas dan strategi mereka. Selling Marathon ini langsung dinilai oleh dewan juri, yang terdiri dari Ketua Program ASSA 2018, perwakilan dari PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, serta perwakilan dari Komunitas Sales Director Indonesia (SDI), dan perwakilan dari KOMISI (Komunitas Sales Indonesia).

Tommy Hartono, menambahkan, melalui Khong Guan SMK Jago Jualan 2018 ini, PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia tak sekadar mengejar bisnis, namun juga berkomitmen untuk ikut memajukan dunia pendidikan. Melalui kegiatan ini, Kongguan mengajak para pelaku bisnis agar ikut peduli dalam memberikan kesempatan bagi para siswa/i untuk meningkatkan skill dan pengalaman mereka melalui pengalaman langsung di lapangan. Terutama siswa/I SMK Jurusan Pemasaran melalui pelatihan-pelatihan, pembimbingan, dan terutama pengalaman kerja yang nyata melalui jualan langsung produk dari dunia industri. “Saya percaya melalui “Khong Guan SMK Jago Jualan 2018” inibisa makin mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan mentalitas diri mereka, yang akan sangat bermanfaat dalam dunia bekerja,” tandasnya. (ACH)

Tinggalkan Balasan

Translate »