BERBISNIS

JAPFA Foundation Berikan Beasiswa 50 Siswa SMK

MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

Japfa Foundation, yayasan korporasi yang didirikan oleh PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk (Japfa), meluncurkan program beasiswa bagi 50 siswa SMK bidang agribisnis dan agroteknologi dari berbagai daerah di Indonesia. Dukungan ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan dunia pendidikan di Indonesia.

Peluncuran pogram beasiswa ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama yang dilakukan dengan Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah dilakukan pada bulan Januari 2017. Tujuan program beasiswa prestasi ini, terutama untuk membangkitkan minat para generasi muda, agar tertarik dan peduli untuk ikut mengembangkan industri agribisnis di Tanah Air. Hal ini sejalan dengan visi utama PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk., yaitu “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama.”

“Program beasiswa prestasi JAPFA Foundation ini juga sejalan dengan visi utama JAPFA Foundation, yakni memaksimalkan potensi kaum muda melalui pendidikan, gizi dan olahraga. Di bidang pendidikan, JAPFA Foundation di antaranya ingin mencetak dan menjaring para calon pemimpin agribisnis Indonesia masa depan yang berpotensi melalui program beasiswa,” ujar Head of JAPFA Foundation, Andi Prasetyo, dalam keterangan persnya (24/8), di Jakarta.

Sedangkan program-program keahlian SMK yang disasar dalam program beasiswa ini yakni Agribisnis Ternak Ruminansia; Agribisnis Ternak Unggas; Agribisnis Aneka Ternak; Kesehatan Hewan; Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian; Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan; Pengawasan Mutu Hasil Pertanian dan Perikanan.
Dalam hal ini, Japfa Foundation telah berhasil menjaring 162 pendaftar dari 25 SMKN dan SMKS di 14 propinsi di Indonesia dan menetapkan 50 (lima puluh) siswa sebagai penerima beasiswa SMK bidang agribisnis dan agroteknologi. Mereka berasal dari SMKS-PP Putra Jaya Stabat, Sumatera Utara: 4 siswa/i; SMKN 02 Subang, Jawa Barat : 5 siswa/i; SMKN 02 Purbalingga, Jawa Tengah: 14 siswa/i; SMKN 01 Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah : 17 siswa/i; SMKN 01 Cangkringan, Sleman, Jawa Tengah : 3 siswa/i dan SMKN 01 Plosoklaten, Kediri, Jawa Timur : 7 siswa/i.

Program beasiswa prestasi SMK bidang agrobisnis dan agroteknologi ini, diharapkan bisa mendorong anak-anak muda semakin tertarik dan mau belajar lebih giat lagi. Mereka yang lulus sesuai standar yang ditetapkan harus bersedia bekerja di sektor agrobisnis maupun agroteknologi di seluruh wilayah Indonesia selama 1 (satu) tahun. “Dengan demikian, mereka bisa menyumbangkan keahlian dan pengetahuan yang telah diperoleh di bangku sekolah untuk membangun dunia agribisnis dan agroteknologi di Indonesia,” ujar Andi.

Didirikan di bulan Maret tahun 2015, Yayasan Korporasi yang didirikan oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk ini memiliki visi “Memaksimalkan potensi Kaum Muda melalui bidang Pendidikan, Gizi dan Olah Raga.” JAPFA Foundation mengemban amanah untuk memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi JAPFA, diimbangi juga dengan kemajuan sosial ekonomi dari masyarakat sekitar. Dalam rangka mencapai hal ini, Kaum Muda menjadi fokus utama karena mereka menjadi salah satu faktor penting dan juga aspek paling potensial dalam menggerakkan masyarakat untuk maju. (ACH)

 

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas