Kampanye “Indonesia Bergerak Lawan Kuman” – NUVO Bangun 150 Titik  Sarana Sanitasi di  3 Provinsi Indonesia

  • Whatsapp


 

Dalam rangka perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober yang lalu, hari ini, NUVO Family andalan Wings Group Indonesia meluncurkan kampanye terbarunya “Indonesia Bergerak Lawan Kuman”.

Kampanye tersebit  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta kembali mengedukasi tentang pentingnya memberikan perlindungan diri dengan menjaga sanitasi seperti membiasakan diri cuci tangan pakai sabun serta menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Tidak hanya sekedar menyuarakan aksi melalui edukasi dan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah, NUVO juga turun langsung berpartisipasi dalam pengadaan fasilitas sanitasi di 150 titik di Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pengadaan fasilitas tersebut merupakan bukti nyata dukungan NUVO baik kepada pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan, maupun kepada masyarakat dalam komitmen membangun bangsa yang lebih sehat.

Menurut data UNICEF, di Indonesia baru 78% rumah tangga yang memiliki fasilitas sanitasi atau cuci tangan, dimana Papua dan NTT adalah proporsi rumah tangga yang memiliki sarana terendah sebesar 36% dan 54%. Demikian pula halnya yang terjadi di sekolah, dimana 3 dari 5 sekolah tidak memiliki akses ke kebersihan dasar. Akibatnya, 10 juta anak Indonesia diperkirakan tidak dapat melakukan cuci tangan secara konsisten.

Padahal selain dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19, mencuci tangan pakai sabun juga dapat mencegah penyakit lainnya, seperti penyakit diare dan juga pneumonia. Sehingga, sangat penting bila kita semua saling bekerja sama untuk menjadikan cuci tangan pakai sabun di air mengalir menjadi sebuah kebiasaan sejak dini.

“Di tengah pandemi dengan kondisinya yang tidak menentu, upaya menjaga kebersihan diri merupakan salah satu kunci akan kesehatan yang sekiranya dapat dipupuk menjadi sebuah kebiasaan baik sejak dini pada masyarakat, termasuk pada usia anak sekolah dasar,” ujar Gabriella da Silva, Head of Public Relations Wings Group Indonesia, dalam paparannya saat peluncuran kampanye bertajuk “Indonesia Bergerak Lawan Kuman” yang digelar secara vitrtual, Rabu ( 27/10/2021).

Lebih lanjut Gabriella da Silva mengungkapkan bahwa selama beberapa tahun terakhir dan masih berjalan hingga sekarang, Wings Group bekerja sama dengan UNICEF Indonesia untuk mempromosikan pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta mendukung pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan yang dikelola dengan aman serta berkelanjutan.

“Sejak awal Wings Group hadir di tengah masyarakat, pendidikan dan kesehatan memang menjadi fokus utama kami. Karena kami percaya bahwa all good things in life should be accessible for all, demikian pula kehadiran NUVO terlebih dengan kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman ini merupakan jawaban untuk memperkuat tujuan kami dalam mengedukasi dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir khususnya bagi anak-anak dan keluarga Indonesia,” jelas Gabriella.

Tidak hanya bermitra baik dengan organisasi internasional seperti UNICEF Indonesia, Wings Group Indonesia juga bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai instansi lainnya demi mewujudkan pemerataan sanitasi bagi masyarakat Indonesia, terlebih di masa pandemi.

“NUVO sebagai total protection solutions dengan rangkaian produk seperti NUVO Body Wash, NUVO Hand Soap, NUVO Hand Sanitizer dan NUVO Wet Wipes selalu berkomitmen untuk membantu mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan terlindungi selama 24 jam setiap hari,” ujarnya lagi.

“Kami berharap agar implementasi perilaku hidup bersih sehat semakin maksimal dan merata – demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Karena jelas jika kita menjaga kebersihan diri – kita bisa lebih menjaga kesehatan diri dan keluarga, sehingga bisa menjadi semakin produktif menjalani hari-hari,” tambahnya.

Selain berkontribusi membangun fasilitas cuci tangan di 3 Provinsi Indonesia melalui NUVO, Wings  dan UNICEF sebagai bagian dari “Kemitraan Pemerintah dengan Swasta untuk CTPS (PPP-HWWS)” juga turut mendistribusikan safe school kits kepada 5000 sekolah dan madrasah di 6 provinsi wilayah kerja UNICEF (Aceh, Jatim, Jateng, Sulawesi Selatan, NTT, Papua).

“Pandemi COVID-19 menyadarkan kita akan pentingnya perilaku hidup bersih, khususnya cuci tangan pakai sabun. Mencuci tangan pakai sabun bukan hanya efektif mencegah penularan penyakit tetapi juga investasi cerdas untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi kejadian penyakit di masa yang akan datang dan dapat menghematan biaya kesehatan sampai 15 kali,” ujar Muhammad Zainal, Spesialis WASH UNICEF Indonesia.

“Untuk itu, kami mengapresiasi kesempatan bekerjasama dengan Wings Group dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat karena dibutuhkan upaya dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk menjadikan menjadikan cuci tangan sebagai budaya,” tambahnya.

Sebagai pemrakarsa Kemitraan Pemerintah dengan Swasta untuk CTPS (PPP-HWWS) dan juga Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Kementerian Kesehatan sebagai pemerintah pusat tentunya memiliki banyak program demi mendukung berlangsungnya pola hidup bersih dan sehat.

“Indikator utama dari pola hidup bersih dan sehat adalah cuci tangan pakai sabun. Di Indonesia sendiri, kebiasaan cuci tangan pakai sabun yang merupakan bagian dari protokol kesehatan 3M sudah semakin meningkat karena memang Kementerian Kesehatan sudah mengkampanyekan kebiasaan ini sedari dulu bahkan sebelum pandemi, khususnya di sekolah,” ungkap  dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes Republik Indonesia yang hadir pada peluncuran kampanye tersebut.

“Kami di bagian promosi kesehatan, bersama dengan kemitraan pentahelix termasuk private sector seperti Wings Group dan juga masyarakat bertugas untuk menguatkan program sanitasi dan pola hidup bersih dan sehat agar semakin digaungkan, “ jelasnya.

Konsep yang ingin kami sebarkan dengan kemitraan ini adalah aku tau artinya kita sudah punya pengetahuannya, aku mau sehingga kita mau melaksanakannya sendiri dan aku mampu dengan artian mampu menjalankan dan menggerakkan orang lain dalam kebiasaan baik ini, sesuai tagline CTPS “sehat ada di tangan kita” artinya adalah berbicara tentang menjaga tangan yang bersih, serta tangan di sini merupakan tanggung jawab kita,”  ungkap dr. Imran

Sementara itu, Melanie Putria sebagai Campaign Ambassador “NUVO, Indonesia Bergerak Lawan Kuman”  mengungkapkan bahwa bersama dengan NUVO, ia akan memberikan edukasi serta mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli akan pola hidup bersih dan sehat yang dimulai dengan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Setiap hari saya dan keluarga selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih di rumah. Melalui kesempatan ini, saya sangat mengapresiasi langkah NUVO yang menyelenggarakan kampanye terbaru Nuvo Indonesia Bergerak Lawan Kuman dan saya tidak sabar untuk segera mengunjungi daerah tujuan kampanye NUVO serta turut mengedukasi masyarakat di sana untuk melakukan pola hidup bersih sehat,” ujar Melanie.

“Meski kita harus bijak menggunakan air bersih, pola hidup bersih dan sehat jangan pernah diabaikan ya. Kita bisa mandi rutin dengan NUVO Body Wash dan cuci tangan pakai NUVO Hand Wash. Jika sedang di luar rumah dan tidak ada aliran air, kita bisa gunakan NUVO Hand sanitizer atau NUVO Wet Wipes untuk tetap menjaga kebersihan. Yuk, mulai biasakan diri kita dan keluarga untuk menjaga kebersihan diri setiap saat,” tutup Melanie.

 

 

 2 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *