Kreatif dan Produktif dengan Motivasi Budaya Berbagi Hal Positif di Internet 

  • Whatsapp


EKSEKUTIF.COM, JAKARTA,- Internet membuat segala jenis pengetahuan dan informasi mudah didapat, bahkan semuanya ada dalam genggaman lewat gawai pribadi. Namun setiap orang harus secara cerdas memilih informasi apa yang dilihat agar bisa memberikan manfaat, menambah inspirasi, bahkan ikut memberikan kontribusi positif bagi komunitas.

“Di sosmed kita harus tahu juga nih, kita motivasinya apa,” kata Henry V. Herlambang, CMO Kadobox saat webinar Literasi Digital wilayah Sukabumi, Jawa Barat I, pada Kamis (30/9/2021).

Dia mengungkapkan ada beberapa pilar pendukung untuk menciptakan budaya produktif dan kreatif di ruang digital. Antara lain memilah informasi dari akun positif saja di media sosial, termasuk mengikuti komunitas positif fan produktif. Kemudian bijak dalam berkomentar di media sosial dan ranah digital, serta ikut memberikan kontribusi karya.

Membandingkan akun produktif dan negatif pun sangat mudah yakni dengan melihat isinya. Akun kurang produktif cenderung menggiring opini, dan berisi gosip. Sementara akun produktif mengajarkan budaya yang bermanfaat berupa edukasi. Di samping itu kualitas akun-akun yang layak diikuti bisa tercermin dari komentar pengikut dan respons dari penulisnya. Komentar unggahan yang berbobot bahkan menambah nilai dan perspektif atau memberi opini alternatif.

“Pada akhirnya budaya berbagi hal-hal positif membuat orang di tatanan lingkungan tersebut mudah saling terkoneksi,” katanya lagi.

Menurut dia, uniknya budaya digital termasuk hal-hal yang dulu tak terpikir akan begitu diminati dan dianggap bermanfaat. Dia pun mengajak agar selain mengkonsumsi konten, warga digital bisa membuat kontennya sendiri lewat media sosial. Sebab unggahan positif dari akun pribadi pun bahkan bisa menjadi personal branding yang membuat seseorang dilirik HRD, membuka peluang dengan endorsmen, dan lebih mudah membina relasi di media sosial karena isi konten yang berkualitas.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Sukabumi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Andry Hamida, Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Goretti Meiliani, Project & Planning Section Head Binus Group, dan Nandya Satyaguna, seorang Medical Doctor.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 1 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *