Majalah Eksekutif

Kurangi Risiko Penyakit Dengan Bersepeda

56Views

 

BANDUNG – Kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap orang karena setiap aspek kehidupan berhubungan dengan kesehatan. Sehat secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Salah satu kegiatan yang dapat menunjang kesehatan adalah dengan bersepeda. Gerakan saat mengayuh sepeda akan melatih detak jantung dan menurunkan kolesterol, karena melibatkan gerakan otot-otot besar seperti paha, lengan, dan pinggul.

Manfaat bersepeda sangat banyak, diantaranya menurunkan risiko pengembangan penyakit jantung, kolesterol, stroke hingga stress. Sebuah studi mengungkapkan bahwa, manfaat rutin bersepeda dengan intensitas yang cukup cepat yakni selama dua menit dapat membantu terhindar dari risiko penyakit jantung. Setelah latihan selama dua menit beristirahatlah 60 detik, kemudian lanjutkan kembali latihan dengan intensitas waktu yang sama.

Orang yang konsisten bersepeda selama 90 menit dalam seminggu, memiliki 24 persen risiko lebih kecil mengalami serangan penyakit terutama jantung. Sementara, mereka yang bersepeda selama setengah jam dalam seminggu, mengalami penurunan 16 persen risiko serupa. Para ahli kesehatan tengah gencar mendorong orang untuk berolahraga sepeda, karena manfaat rutin berolah raga sepeda bisa mengurangi risiko terkena serangan berbagai penyakit.

Bersepeda membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular sebesar 3-7 persen, bersepeda menggunakan kelompok otot terbesar di kaki, meningkatkan denyut jantung untuk mendapatkan keuntungan stamina dan kebugaran. Secara keseluruhan, bersepeda menawarkan banyak manfaat. Ini memberikan tubuh latihan yang cepat dan enerjik.

Olah raga bersepeda ini telah rutin dilakukan Jamaah Akhlaqul Muhajirin Sumedang setiap Ahad pagi, komunitas sepeda yang beranggotakan mulai dari remaja hingga sepuh ini rata-rata menempuh jarak 10-20 km setiap minggu.

Koordinator Goes Akhlaqul Muhajirin Dadang Sukmawan mengatakan, selain olahraga yang kita dapat, unsur menariknya adalah jamaah Masjid Akhlaqul Muhajirin dapat bersatu baik dalam Shalat berjamaah di Masjid maupun dalam sosialisasi kemasyarakatan terutama yang berada di lingkungan masjid.

Masjid Akhlaqul Muhajirin yang berlokasi di Perumahan Bumi Cipacing Permai Puskopad, Cipacing – Jatinangor, Sumedang, tengah merampungkan renovasinya yang sudah mencapai 80 persen. Ditengah renovasi, kegiataan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) tetap berjalan, diantaranya olah raga bersepeda yang rutin diadakan setiap Minggu mulai pukul 07.00 WIB.

“Selain olah raga goes yang kami lakukan, kami juga mempunyai program yang bermanfaat untuk komunitas ini seperti berbagi rezeki kepada warga yang dilalui sepeda, silaturrahmi ke DKM lain untuk mengajak olah raga goes antar DKM, yang jauh menjadi dekat dan yang dekat menjadi saudara. Kami berharap olah raga sepeda ini makin banyak diminati dan makin solid terutama warga yang berada di Bumi Cipacing Permai. Dengan bersepeda, kita bisa lebih sehat, selain itu, kita juga bisa berkontribusi mengurangi tingkat polusi di kota tempat tinggal kita”. Ujar Dadang.

MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -
Hadi Suwarno
the authorHadi Suwarno

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
%d blogger menyukai ini: