• Homepage
  • >
  • BERBISNIS
  • >
  • LANXESS Tentukan Target Keuangan Baru – Margin Operasi 14-18% Mulai Tahun 2021

LANXESS Tentukan Target Keuangan Baru – Margin Operasi 14-18% Mulai Tahun 2021

  • Karyoto
  • 28 September 2017
  • 0

Perusahaan bahan kimia khusus, LANXESS, kini berencana untuk mempercepat langkah-langkah demi pertumbuhan yang menguntungkan dengan menentukan target-target keuangan baru. Perusahaan berencana untuk lebih meningkatkan stabilitas dan profitabilitasnya dalam beberapa tahun ke depan dan telah menetapkan target keuangan jangka menengah yang sesuai.

Mulai tahun 2021, margin operasi, yang diukur sesuai EBITDA pre exceptionals, diperkirakan akan berada di kisaran 14-18%. Pada tahun fiskal 2016, margin berada di angka 12,9%. Di saat yang sama, grup perusahaan diprediksi akan menjadi semakin stabil, dengan volatilitas yang menurun dalam hasil operasi. Dari sisi volume, LANXESS berencana untuk secara konsisten bertumbuh di atas produk domestik bruto global.

“LANXESS kembali pada pijakan yang kokoh dan telah memulai jalur pertumbuhan yang menguntungkan. Di tahun-tahun mendatang, kami berniat untuk mencapai potensi penuh kami dan mentransformasi LANXESS menjadi sebuah perusahaan yang lebih kuat dengan platform yang sangat seimbang dan stabil, peningkatan profitabilitas, dan yang tak kalah pentingnya, kultur tim dalam perusahaan yang didasarkan pada dedikasi dan motivasi,” kata Matthias Zachert, CEO LANXESS AG, dalam siaran pers nya (26/09/2017).

“Kami akan mencapai potensi penuh kami dalam beberapa tahun ke depan,” tambah Zachert

Untuk mencapai target-target baru ini, LANXESS akan terus mengembangkan portofolionya saat ini berdasarkan kriteria yang jelas. Grup perusahaan hanya akan mencakup operasi bisnis dalam portofolio yang dapat mencapai posisi pasar terdepan dan menghasilkan margin yang menarik secara berkelanjutan. Investasi organik, sekitar EUR 400 juta antara tahun 2016 dan 2020, melibatkan proyek yang menghasilkan rata-rata pengembalian modal tertanam (return on capital employed/ROCE) sebanyak rata-rata 20%.

Sebagai perbandingan, ROCE grup LANXESS adalah 6,9% di tahun fiskal 2016. Selain itu, LANXESS mengejar keseimbangan berbasis regional dan industri yang lebih besar lagi guna semakin mengurangi dampak volatilitas pasar. Hal ini mencakup peningkatan pangsa penjualan di pasar pertumbuhan seperti Asia dan Amerika Utara, serta kehadiran yang diperluas di industri-industri pelanggan yang menarik seperti listrik/elektronik atau energi dengan aplikasi-aplikasi produk yang inovatif.

Untuk mendukung target keuangan baru tersebut LANXESS melakukan beberapa langkah-langkah strategis seperti akuisisi dan digitalisasi perusahaan.

Faktor kunci dalam mencapai target keuangan baru mencakup sinergi-sinergi yang berasal dari akuisisi Chemtura, yang merupakan akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan. LANXESS mengharapkan sekitar EUR 100 juta dalam penghematan biaya tahunan pada tahun 2020. Penghematan biaya untuk tahun fiskal 2017 telah diperkirakan akan mencapai kira-kira EUR 25 juta. Biaya terkait sebanyak satu kali sebesar EUR 140 juta diperkirakan akan terjadi sehubungan dengan hal tersebut.

Sekitar separuh sinergi dari perkiraan EUR 100 juta disebabkan oleh produksi dan pengadaan. Misalnya, LANXESS akan memperluas inisiatif “Manufacturing Excellence” (“Keunggulan Manufaktur”) ke lokasi-lokasi produksi Chemtura sebelumnya untuk lebih mengoptimalkan proses dan teknologi mereka. Selanjutnya, volume pembelian gabungan dari kedua perusahaan untuk bahan baku sebanyak sekitar EUR 2,5 miliar dapat dikurangi dengan menyelaraskan kontrak pasokan dan meningkatkan integrasi mundur. Penghematan tambahan dapat diwujudkan di bidang transportasi dan logistik. Misalnya, unit-unit bisnis gabungan saat ini masih mengoperasikan lebih dari 200 gudang di seluruh dunia.

Sekitar 30% dari semua sinergi dapat dicapai dalam hal administrasi, terutama di Amerika Utara. Biaya dan struktur untuk Dewan Direksi Chemtura terdahulu, markas terdahulu di Philadelphia dan daftar bursa saham Chemtura tidak diperlukan lagi. Selanjutnya, lokasi-lokasi administratif yang berdekatan akan digabung dan fungsi-fungsi yang serupa akan dieliminasi. Secara keseluruhan, sekitar 40 proyek telah dimulai untuk membakukan administrasi di Amerika Utara. Sebanyak 20% sinergi diperkirakan akan berasal dari penyederhanaan struktur pemasaran dan penjualan global.

Selain langkah akuisisi tersebut, untuk mendukung pencapaian target-target tersebut LANXESS juga tengah memajukan pertumbuhannya dengan inisiatif digitalisasi di seluruh grup LANXESS. Untuk mendukung transformasi digital tersebut LANXESS telah membentuk sebuah departemen dengan 30 pakar di bidang ini sebagai permulaan.

Area utama dari inisiatif tersebut meliputi digitalisasi rantai nilai, penggunaan big data, pengembangan model bisnis digital dan menumbuhkan keahlian digital di antara para karyawan.

“Digitalisasi akan membawa perubahan berkelanjutan dalam hal proses dan model bisnis di industri kimia dan industri para pelanggan kami. Hal ini memberi kita banyak kesempatan, dan membutuhkan transformasi mendalam dalam perusahaan. Kami ingin secara aktif mendorong transformasi digital di LANXESS dan memanfaatkan potensi digitalisasi pada saat yang tepat,” ungkap Matthias Zachert menegaskan.

 

 

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klik aja

Translate »