Latest News

Latest Posts

- Advertisement -
MAJALAH EKSEKUTIF – terbit sejak 1979 –

Latest Tweets

Find Us on Socials

Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

Laman

Makanan dan Minuman Penghilang Rasa Kantuk. Sudah pernah mencoba?

MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

Rasa ngantuk yang muncul pada diri kita sebenarnya sangatlah manusiawi.

Setelah seharian beraktivitas dari pagi hingga sore hari, Kita pasti akan merasakan kelelahan dan mengantuk ketika malam menjelang.

Cara paling mudah untuk menghilangkan rasa ngantuk ini adalah dengan beristirahat dan tidur.

Namun apa jadinya jika Kita mengalami insomnia, sulit tidur di malam hari atau terpaksa begadang karena pekerjaan menumpuk?  Wah, pastinya mata akan terasa “panas” di siang hari.

Kondisi ini, bisa saja menganggu konsentrasi dan membuat malas bekerja.

Tak perlu bingung, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu coba sebagai penghilang rasa ngantuk!

1. Kopi

Minuman hitam yang satu ini nampaknya sudah cukup populer dimanfaatkan sebagai penangkal ngantuk. Yuph, berkat kandungan kafeinnya yang tinggi, kopi mampu membuat mata terjaga cukup lama dan merasangkan pikiran jadi lebih fresh. Walau demikian, Kamu juga perlu berhati-hati karena mengonsumsi kopi bisa menyebabkan efek ketergantungan.

2. Air putih

Meski efeknya tidak sekuat kopi, namun air putih juga bisa dikonsumsi untuk menghilangkan rasa ngantuk. Air putih dapat membuat tubuh Kita menjadi bugar kembali dan meningkatkan konsentrasi. Seseorang yang kekurangan asupan cairan, biasanya cenderung lemas dan tidak bersemangat.

3. Teh

Siapa sih yang tidak menyukai teh? Apalagi diseduh dengan air panas, wah pastinya menikmati teh di siang hari akan terasa nikmat. Tapi, tahukah Kamu bahwa ternyata teh juga menyimpan kandungan kafein loh! Jadi kalau Kamu merasa ngantuk pada saat berkerja, langsung saja bikin secangkir teh hangat. Dijamin rasa ngantuk akan langsung pergi.

4. Makanan Pedas

Pilihan lain yang bisa konsumsi untuk menghilangkan rasa ngantuk yakni dengan mengonsumsi makanan pedas. Percaya deh, mengemil makanan pedas dapat membuat mata langsung melek. Tapi Kamu juga harus waspada, sebab terlalu banyak mengonsumsi cabe bisa memicu sakit perut dan kerusakan pada lambung.

5. Makanan Asam

Di samping makanan pedas, makanan berasa asam juga bisa mencegah munculnya rasa ngantuk. Kamu bisa loh mengonsumsi manisan atau buah jeruk, lemon, mangga muda untuk pembangkit semangat. Umumnya, buah-buahan yang memiliki rasa asam mengandung vitamin C cukup tinggi, sehingga bisa menyuplai energi yang lebih besar untuk tubuh.

6. Es Krim

Apakah Kamu penggemar es krim? Well, makanan yang satu ini memang sangat disukai banyak orang. Selain rasanya yang manis dan nikmat, es krim juga bisa membasmi rasa ngantuk. Sensansi dingin yang masuk ke tenggorokan serta kandungan kafein di dalamnya akan membuat tubuhmu terasa bergairah kembali.

7. Mengunyah Permen Karet

Permen karet memang bukan jenis makanan yang bergizi. Tapi Kamu bisa memanfaatkan permen ini sebagai penghilang rasa ngantuk. Memang efeknya tidak secara langsung, saat Kamu mengunyah permen karet secara otomatis otot-otot mulut akan terus bergerak sehingga lama-kelamaan rasa ngantuk pun menjadi hilang perlahan.

8. Cokelat Hitam

Sebenarnya sih, semua jenis cokelat mengandung kafein. Namun kadarnya berbeda-beda. Semakin murni cokelat tersebut (kadar kakaonya tinggi) maka semakin besar pula kandungan kafeinnya. Maka dari itu, jika Kamu tergolong orang yang suka mengantuk di kantor, sebaiknya selalu sediakan cokelat di dalam tasmu ya!

9. Telur

Ketika Kamu merasa ngantuk di kantor atau sekolah, mungkin ada baiknya jika Kamu mencoba telur sebagai menu makan siang.

Siapa sangka, makanan berbentuk bulat lonjong ini mampu mengusir rasa ngantuk loh! Kandungan protein serta kolin di dalamnya dapat memberikan energi lebih besar untuk tubuhmu sehingga rasa ngantuk pun akan hilang.

10. Kacang Kenari

Makanan terakhir penghilang rasa ngantuk yang bisa Kamu coba adalah kacang kenari. Walaupun ukurannya kecil mungil, namun ternyata kenari mengandung tinggi gizi loh.

Disebutkan dalam sebuah studi, kacang kenari mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh. Dengan demikian, kacang ini snagat cocok dijadikan cemilan di siang hari.

Nah demikianlah beberapa makanan dan minuman yang dapat menghilangkan rasa ngantuk.

Semoga info ini bisa bermanfaat dan membuat kita lebih bersemangat lagi ketika bekerja. Yang terpenting, jangan membiasakan begadang ya! Tetap semangat!

MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »