Mengasah Kemampuan Digital Marketing dengan Mengetahui Trik dan Tips Membuat Konten Menarik

  • Whatsapp


JAKARTA,- Digital marketing merupakan pemasaran produk atau layanan menggunakan teknologi digital, terutama di internet. Namun juga termasuk telepon genggam, display advertising dan sarana digital lainnya. Di era internet, digital marketing atau online marketing saat ini digunakan oleh perusahaan e-commerce yang tengah berkembang maupun para pemilik bisnis UMKM.

Banyak sekali perusahaan e-commerce yang sedang mencari kemampuan digital marketing.

Setidaknya dalam dua tahun terakhir, karena itu menguasai bidang ini bisa menjadi sebuah kesempatan baru,” kata Maria Natasha, seorang Graphic Designer nara sumber di webinar Literasi Digital Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (2/8/2021).

Saat ini menurut Maria perusahaan besar sudah beralih dalam memasarkan produknya, mereka tidak lagi beriklan di bentuk tradisional tapi online karena jangkauan targetnya lebih luas dan tepat dibandingkan cara dulu.

Lebih jauh mengatakan, mempelajari digital marketing akan sangat bermanfaat di era sekarang ini. Nah, salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang digital marketing adalah membuat konten.

“Membuat konten itu sama seperti PDKT atau pendekatan. Kenalan dulu, apakah sesuai kriteria, lalu menjalin komunikasi,” kata Maria.

Dia pun menjabarkan tiga tips utama untuk membuat konten menarik. Pertama kenalan dulu dengan jenis media sosialnya ada Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, hingga Linkedin.

Dari sini seorang digital marketing bisa tahu karakter sasaran komunikasinya bagaimana seleranya dan kebiasaanya.

Selanjutnya isi konten harus sesuai kriteria, apakah isinya positif atau menarik dan ketiga komunikasi atau berinteraksi yaitu membuat konten menjadi sarana untuk berinteraksi dengan sasaran audiens yang dituju.

“Cari tahu topik yang sedang viral, buat konten jadi lebih atraktif, menghibur dan ringan. Buat visual konten yang menarik dan distribusikan dengan bijak serta sesuaikan penggunaan bahasa dengan target,” tambah Maria.

Menyasar audiens tertentu yang spesifik merupakan cara efektif agar konten yang dibuat menjadi tepat sasaran. Sebabnya konten harus memiliki kesamaan dengan audiens, unik, spesifik, relate dengan kehidupan sehari-hari, konsisten, positif, tidak mengandung SARA, dan menghibur.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Fibra Trias, Amukti Editor in Chief Mommies Daily, Dee Rahma, Digital Marketing Strategist, Sophie Beatrix, Psikolog Praktisi dalam bidang Pendidikan dan Industri.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 

 91 kali dilihat,  91 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *