Mengasah Kemampuan Digital Marketing untuk Membuat Konten Jadi Menarik

  • Whatsapp


EKSEKUTIF.COM, JAKARTA – Digital marketing merupKn pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama di internet. Di era sekarang, digital marketing atau online marketing saat ini digunakan oleh perusahaan e-commerce yang tengah berkembang maupun para pemilik bisnis UMKM.

“Setidaknya dalam dua tahun terakhir, digital marketing sedang banyak dicari, karena itu menguasai bidang ini bisa menjadi sebuah kesempatan baru,” ujar Maria Natasha, seorang Graphic Designer nara sumber di webinar Literasi Digital Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, Jum’at (17/9/2021).

Maria mengatakan, saat ini sebagian besar bisnis sudah beralih dalam memasarkan produknya, mereka tidak lagi beriklan di bentuk tradisional tapi online karena jangkauan targetnya lebih luas dan tepat dibandingkan tradisional.

Mempelajari digital marketing akan sangat bermanfaat di era sekarang ini, salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang digital marketing adalah membuat konten.

“Membuat konten itu sama seperti PDKT atau pendekatan. Kenalan dulu, apakah sesuai kriteria, lalu menjalin komunikasi,” tuturnya.

Lebih lanjut dia pun memberikan tiga tips utama untuk membuat konten menjadi menarik. Pertama-tama kenali dulu jenis media sosial yang ada seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, hingga Linkedin. Dari sini seorang digital marketing dapat mengetahui karakter sasaran komunikasinya bagaimana seleranya dan kebiasaanya. Selanjutnya isi konten harus sesuai kriteria, apakah isinya positif atau menarik dan ketiga komunikasi atau berinteraksi yaitu membuat konten menjadi sarana untuk berinteraksi dengan sasaran audiens yang dituju.

“Cari tahu topik yang sedang viral, buat konten jadi lebih atraktif, menghibur dan ringan. Buat visual konten yang menarik dan distribusikan dengan bijak serta sesuaikan penggunaan bahasa dengan target,” tambah Maria.

Supaya tepat sasaran, audiens harus menyasar target tertentu yang spesifik agar pesan dari konten efektif. Sebab itu konten harus memiliki kesamaan dengan audiens, unik, spesifik, relate dengan kehidupan sehari-hari, konsisten, positif, tidak mengandung SARA, dan menghibur.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Aditya Nova Putra, Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata IULI, Vivi Andriyani, Marcomm & Promotion Specialist dna Fiona Damanik, Konseler dari Universitas Multimedia Nusantara.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 12 kali dilihat,  12 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *