Mengulik Kehebatan Sepatu ASICS Terbaru, Bisa untuk Dua Tipe Lari

  • Whatsapp


EKSEKUTIF.com — Anda pasti sudah tidak asing dengan brand sepatu ASICS yang berasal dari Jepang. Sepatu ini adalah salah satu merk dari perusahaan olahraga negeri Matahari Terbit yang bernama Onitsuka Tiger.

Onitsuka sendiri dibangun pada tahun 1949 oleh Kihachiro Onitsuka, kemudian pada tahun 1977 bergabung dengan perusahaan JELENK dan GTO sehingga membentuk ASICS Corp.

Diproduksi di SANIN ASICS Industry Corporation yang terletak di Prefektur Tottori, Anda tidak harus jauh-jauh ke Jepang untuk membeli sepatu istimewa ini.

Silahkan kunjungi Blibli untuk mendapatkan koleksi sepatu ASICS terbaru.

Baru-baru ini brand ASICS meluncurkan dua sepatu lari baru. Sepatu ini digadang-gadang cocok bagi Anda yang memiliki tipikal lari yang berbeda.

Penasaran dengan sepatu lari baru  dan ragam sepatu lari produksi ASICS? Kita simak sama-sama infonya sebagai berikut, yuk!

1.   Perbedaan Tipikal Lari

Apabila Anda pecinta olahraga lari, Anda pasti tahu gaya tipikal saat melakukan olahraga ini.

Umumnya ada dua tipikal lari yang sering dilakukan, yakni gaya berlari dengan jangkauan kaki yang panjang dan gaya berlari dengan langkah yang pendek.

Gaya lari dengan jangkauan kaki yang panjang disebut juga dengan stride. Gaya berlari ini selain membuat jangkauan kaki lebih jauh juga membuat waktu melayang di udara lebih lama.

Kecepatan para pelari biasanya ditentukan dengan semakin panjang jangkauan langkah kakinya.

Adapun gaya lari yang kedua disebut dengan cadence. Gaya berlari cadence biasanya menggunakan jangkauan kaki yang pendek, serta gerakan naik turun yang cukup sedikit.

Biasanya pelari yang menggunakan tipikal lari cadence meningkatkan kecepatan larinya dengan menambah jumlah langkah kaki sehingga ritme lari pun ikut berubah.

Dua tipe lari ini sama-sama efektif lho, karena keduanya berdasarkan kebiasaan dan cara gerak masing-masing orang.

Oleh karena itu dibutuhkan sepatu lari yang tepat bagi mereka yang memiliki gaya berlari yang berbeda antara satu dan yang lain.

2.   Melayang di Udara dengan Metaspeed Sky

Metaspeed Sky adalah sepatu lari keluaran terbaru dari ASICS Corp. Sepatu ini dirancang secara ilmiah dengan mempertimbangkan gaya lari stride.

Para ilmuwan di ASICS Institute of Sport Science (ISS) meneliti gaya berlari para atlet dan mencari tahu apa saja yang membuat para atlet ini bisa berlari lebih cepat.

Para ilmuwan kemudian menemukan bahwa pelari yang mengadopsi gaya Stride membutuhkan rebound atau tolakan yang lebih besar dari sol sepatu bagian tengah atau midsole.

Tolakan vertikal yang besar dari midsole ini membuat mereka dapat memperpanjang jangkauan langkah dalam berlari.

Hadirlah kemudian sepatu Metaspeed Sky dengan lapisan foam yang tebal pada bagian tengah atau midsole.

Foam ini membantu pelari mendapat tolakan yang lebih kuat diantara kedua kakinya, sehingga bisa mendapatkan langkah yang lebih panjang saat berlari.

3.   Sepatu ASICS Metaspeed Edge

Sepatu Metaspeed Edge diproduksi oleh ASICS bagi mereka yang memiliki gaya lari cadence atau menggunakan langkah yang pendek.

Lompatan vertikal yang dilakukan oleh pelari dengan gaya ini juga lebih rendah dibandingkan dengan gaya stride. Namun mereka membutuhkan lebih banyak kendali pada footstrike dan toe-off.

Kendali pada toe-off dapat membuat para atlet menghasilkan lebih banyak energi untuk maju dan berlari ke depan untuk mempercepat langkah mereka.

Lini sepatu Metasped Edge dilengkapi dengan lapisan busa yang lebih rendah, namun stabil untuk memudahkan para pelari dengan gaya cadence untuk mengubah irama atau ritme larinya.

Sehingga bisa melangkah lebih sering apabila ingin menambah kecepatan berlari.

Sepatu ini juga dilengkapi dengan pelat karbon yang berfungsi untuk menstabilkan midsole ketika kaki mendarat di tanah dan memandu pelari karena pantulan yang timbul ditransfer secara efisien ke arah depan untuk menambah kecepatan berlari.

4.   Sepatu Gel-Kayano 26

Gel-Kayano 26 bisa mengurangi beban di kaki dengan menjaga kestabilan saat berlari dan menahan hentakan kaki.

Pada bagian atasnya terdapat jaring Engineered Mesh Upper yang dapat meregang ke segala arah dan berfungsi sebagai penahan kaki.

Jaring ini terbuat dari bahan yang memiliki sirkulasi udara yang baik serta memiliki fleksibilitas yang tinggi. Jaring-jaring tersebut bahkan masih menyisakan ruang ketika kaki Anda masuk ke dalam sepatu sehingga dapat lebih bebas bernafas.

Kemudian pada area pangkal ibu jari dan tumit disematkan teknologi GEL untuk menopang beban dan meningkatkan fungsi penahan hentakan.

Bagian tumit dan pergelangan kaki juga dilengkapi dengan external Heel Counter untuk menjaga stabilitas.

Pada bagian sol tengah. Anda akan menemukan perpaduan teknologi Flytefoam yang sangat ringan untuk menambah kekuatan berlari.

5.   ASICS Gel Nimbus 21

Gel Nimbus 21 ini sangat empuk, nyaman dipakai, dan stabil dipakai untuk berlari dalam waktu yang lama.

Sepatu seri ini diinspirasi oleh nama awan karena harapannya siapapun yang memakai sepatu ini bisa berlari melesat melampaui awan.

Bagian atas sepatu sendiri menggunakan 2 lapis jaring Jacquard Mesh untuk menambah stabilitas dan fleksibilitas kaki.

Pada bagian tumit disokong dengan external heel counter untuk menjaga kestabilan. Adapun bagian tengahnya dilengkapi dengan Flytefoam Lyte dan Flytefoam Propel yang kokoh. Bantalan gel sendiri diletakkan pada bagian jari dan tumit untuk menahan hentakan kaki.

Itu dia deretan sepatu ASICS yang bisa dibeli untuk menunjang kegiatan olahraga lari yang Anda lakukan. Segera kunjungi Blibli untuk mendapatkan sepatu keren ini.

Selamat berolahraga.

****

BACA JUGA: majalah eksekutif edisi November 2021

 

 3 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *