Metrodata Targetkan Keuntungan 2018 sebesar Rp 12,7 triliun

  • Redaksi
  • 10 ago
  • 0

Majalah EKSEKUTIF – Terpancar jelas optimisme dari PT. Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”), perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990. Hal ini tergambar jelas dalam paparan release awal 2018.

Sebagai unit bisnis terbesar dari Perseroan, Unit Bisnis Distribusi Perseroan, di bawah pengelolaan PT Synnex Metrodata Indonesia telah melayani penjualan ke dealer/reseller dan penyedia solusi TIK (Solution Integrator).

Memasuki tahun 2018, Perseroan menetapkan target yang cukup optimis, yaitu penjualan diharapkan mencapai Rp 12,7 triliun atau bertumbuh sebesar 17,4% dibandingkan tahun 2017 dan laba bersih diharapkan bertumbuh 10% atau mencapai Rp 272,1 miliar di tahun 2018.

Randy Kartadinata, SE, (sekretaris Perusahaan) dan Melani Dwi Nastiti (Public Relations Officer) sengaja mengundang khusus majalah eksekutif, dalam paparan RUPS-nya.

Perseroan selalu optimis bahwa permintaan produk dan jasa TIK tidak akan pernah surut dari masa ke masa, melainkan terus meningkat sejalan dengan perkembangan jaman.

Hal ini didukung pula oleh jangkauan penjualan unit bisnis Perseroan kepada hampir seluruh wilayah di Indonesia dan kepada berbagai segmen konsumen mulai dari pengguna akhir yang dijual melalui reseller ataupun e-commerce, maupun kepada perusahaan/korporat.

Sebagai perusahaan teknologi dan komunikasi kelas dunia, perseroan berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 2,9 triliun pada kwartal pertama, yang mengalami kenaikan sebesar 38,1% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017.

Selanjutnya, Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 64,2 miliar untuk kwartal pertama tahun 2018 yang mengalami kenaikan sebesar 42,4% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017.

Perseroan pada saat ini memiliki tiga unit bisnis utama yaitu Bisnis Distribusi yang menangani bidang usaha distribusi kepada dealer dan perusahaan solusi TIK.

Metrodata juga menjalankan business e-commerce; Bisnis Solusi yang menyediakan solusi lengkap TI dan komunikasi dari mulai perancangan, implementasi, IT Managed Services, konsultasi dan pelatihan; Bisnis Konsultasi yang menawarkan solusi bisnis inovatif mulai dari konseptual, pelaksanaan dan implementasinya, dan dukungan untuk transformasi bisnis.

Kinerja Perseroan yang terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama didukung oleh 3 unit bisnis Perseroan, yaitu unit bisnis Distribusi, Solusi dan Konsultasi. Sementara itu, unit bisnis e-commerce telah dialihkan kepemilikannya di bawah unit bisnis Distribusi.


Efektif per tanggal 22 Mei 2018, Perseroan telah melakukan penjualan entitas anak yang bergerak di bidang e-commerce yaitu PT My Icon Technology (“MIT”) kepada Unit Bisnis Distribusi (PT Synnex Metrodata Indonesia).

Kedua perusahaan tersebut adalah dibawah kendali kepemilikan perseroan, di mana untuk selanjutnya pengembangan e-commerce akan mendapat dukungan penuh dari Unit Bisnis Distribusi yang mempunyai akses langsung di dalam pengadaan produk dari principal (pemegang merek) serta memiliki manajemen logistik yang lebih baik.

Pengembangan e-commerce di MIT selanjutnya akan lebih difokuskan kepada bisnis e-government dengan mensuplai produk TIK kepada pemerintah melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (e-katalog).

MIT telah terdaftar sebagai vendor resmi yang ditunjuk oleh pemerintah untuk pengadaan produk-produk TIK ini.

Unit bisnis ini terus melakukan strategi diversifikasi produk dan telah mendistribusikan lebih dari 80 merek produk TIK kepada sekitar 1.800 dealer / reseller yang tersebar di Indonesia.

Diversifikasi yang dilakukan di tahun tahun sebelumnya telah membuahkan hasil, di antaranya adalah penjualan Notebook gaming dan komponen TIK. Penjualan ke dua jenis produk tersebut telah mencapai 7% dari penjualan unit bisnis distribusi.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, unit bisnis Distribusi juga telah membangun platform B2B (business to business) untuk mempermudah mitra dealer dalam melakukan pemesanan barang, memeriksa ketersediaan barang serta memantau status pemesanan mereka.

Metrodata juga membantu para pelanggan mendapatkan layanan teknologi cloud, perseroan meluncurkan platform yang dapat menyalurkan cloud computing service kepada para pelanggannya.

Sebagai bukti keseriusan Perseroan untuk mengembangkan Unit Bisnis Distribusinya, Perseroan sedang membangun gudang sendiri seluas 22.000 m2 di MM 2100 Cibitung, dengan nilai investasi pembelian lahan dan pembangunan gudang sebesar Rp 195 miliar.

Gudang tersebut diharapkan dapat digunakan sebelum akhir tahun 2018, sehingga Perseroan tidak tergantung lagi kepada pihak ketiga atas fasilitas logistik yang selama ini disewanya.

Selanjutnya, Unit Bisnis Solusi melalui entitas anak PT Mitra Integrasi Informatika menyediakan beragam Solusi TIK bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Unit bisnis ini terus menghadirkan solusi-solusi yang lebih ekonomis dan inovatif seperti software berbasis open source, dengan harga yang lebih efisien, ERP berbasis cloud yang bekerjasama dengan principal, serta menghadirkan inovasi dalam bentuk layanan solusi.

Menerapkan best practice dalam metode pengembangan software salah satunya adalah DevOps dan API (Application Programming Interface).

Dengan DevOps, aplikasi dapat dikembangkan lebih cepat serta tetap memiliki governance yang baik, di mana pengembangan dapat dilakukan bertahap dengan menggunakan teknologi Micro Services.

Sedangkan API memudahkan dua aplikasi yang berbeda dapat terhubung tanpa mengubah struktur dari perangkat lunak itu sendiri.

Fokus pada pembuatan aplikasi-aplikasi mobile pada platform iOS dan Android yang dapat membantu tim penjualan perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dalam membuat sales order secara online melalui smart phone.

Aplikasi ini juga mampu untuk memonitor pergerakan tim penjualan termasuk membantu pengaturan jadwal pengiriman barang.

Unit Bisnis Solusi juga terus meningkatkan eksistensinya dengan menyediakan solusi-solusi seiring dengan perkembangan teknologi seperti hybrid cloud.

baca juga: majalah eksekutif cetak sejak 1979 – klik ini yang terbaru

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klik aja

Translate »