Pentingnya Digital Skills di Era Internet, Ketahui 4 Tips Membuat Konten Menarik

  • Whatsapp


JAKARTA,- Memiliki digital skills saat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya saing diri. Sekarang pun sudah banyak content creator bermunculan dengan keahlian digital. Berbagai profesi baru yang lahir melalui perkembangan digital di antaranya seperti graphic designer, photographer, content writer, influencer, hingga YouTuber.

Lasya Salsabila Azarine, Duta Padjajaran 2021 saat menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital mengungkapkan, perubahan dari offline ke online dengan adanya internet kini juga digunakan untuk digital marketing. Bila dulu pemasaran produk dilakukan door to door, dengan target market yang luas maka pada era online marketing saat ini lewat digital dan memiliki target spesifik. Biaya yang dikeluarkan untuk digital marketing pun lebih murah dibanding cara tradisional, hasilnya pun terukur.

“Berbicara digital marketing atau influencer yang baik maka berbicara mengenai konten, yaitu informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik,” ujar Lasya saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, Kamis (5/8/2021).

Konten disebut menarik apabila menyenangkan, membangkitkan rasa suka, dan memengaruhi atau membangkitkan hasrat untuk memperhatikan. Semua itu berbicara mengenai visualisasi, sehingga ciri konten menarik harus memiliki visualisasi yang baik yaitu dengan kecakapan digital salah satunya saat menggunakan aplikasi yang mutakhir saat ini dan fitur di media sosial.

Lebih jauh Lasya pun mengungkapkan 4 tips utama cara membuat konten yang menarik, yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu bidang yang ditekuni misalnya bidang memasak atau keahlian sebagai psikolog. Selanjutnya harus membangun kepercayaan dari audiens maupun pengikut di media sosial. Tak kalah penting self branding dan kemampuan komunikasi.

“Distribusikan konten secara rutin dan bijak, sesuaikan konten dan penggunaan bahasa dengan audiens atau follower kita,” tuturnya lagi.

Webinar Literasi Digital di Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Nikita Dompas, Producer & Music Director, Efrizal Zaida, Dosen STT Nurul Fikri, Taufik Hidayat, Kepala UPT IT & Dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Syekh Yusuf.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 10 kali dilihat,  10 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *