Potensi Media Sosial Jika Dimanfaatkan Secara Positif

  • Whatsapp


EKSEKUTIF.COM, JAKARTA,- Sejak transformasi digital mengalami percepatan karena pandemi, masyarakat mengalamk berbagai perubahan besar. Di sisi budaya dalam kebiasaan bekerja, belajar, bertransaksi kini sangat bergantung pada internet. Internet pun menjadi bagian dari hidup yang tak terpisahkan semenjak kegiatan hanya bisa dilakukan di rumah saja.

Manda Utoyo, seorang Digital Creator mengungkapkan internet dan media sosial memiliki manfaat yang luas dan akan tergantung pada individu pemakainya. Lebih lanjut Manda pun memberi kiat agar bisa memanfaatkan internet secara positif di kehidupan sehari-hari.

“Memaksimalkan dan asah skill yang dimiliki saat ini, bisa dari hobi maupun keahlian karena profesi,” ujarnya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat I, pada Senin (11/10/2021).

Apalagi di era digital ini setiap orang bisa menjadi content dan mencobanya. Tidak perlu bertanya siapa penontonnya, namun memulai adalah hal yang bisa dilakukan meskipun awalnya terasa sulit. Namun, dia mengatakan cobalah untuk menggelutinya terlebih dulu hingga ada hasil yang akan didapat.

Tentunya dalam membuat konten, sebagai digital creator dia menilai seseorang harus mengikuti perkembangan tren. Dari sana berbagai ide akan bermunculan, apakah berupa memasak menu yang sedang viral dan kemudian dari sana muncul keinginan untuk menjualnya dan ternyata banyak yang menyukainya. Dia mengatakan, jika memang tertarik menjadi digital creator ada begitu banyak celah dan peluang yang bisa diambil.

“Semua orang mengalami hal yang hampir sama ketika pandemi datang. Segala sesuatu berubah, namun di dalamnya tetap ada peluang ketika bisa berpikir celah dan kebutuhan sekitar yang bisa menjadi nilai ekonomi,” ujarnya lagi.

Salah satu tips lainnya sebagai digital creator sadari dan pahami dulu kebutuhan orang di masa pandemi. Hal tersebut menurutnya  tidak sulit untuk diketahui karena saat ini setiap orang mengalaminya. Dengan begitu akan muncul gagasan baru menciptakan produk dan memasarkannya di internet.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat I merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Iman Darmawan, Fasilitator Public Speaking, Dessy Natalia, Asst Lecturer di UBM, dan Ardi Liberty, Legal BCAInsurance.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 3 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *