• Homepage
  • >
  • Internasional
  • >
  • Ramai Diberitakan, Lippo dan China Merchants Akuisisi Rumah Sakit Terkemuka Di Shanghai

Ramai Diberitakan, Lippo dan China Merchants Akuisisi Rumah Sakit Terkemuka Di Shanghai

  • Redaksi
  • 14 ago
  • 0

EKSEKUTIF.id – Konglomerat Indonesia, Lippo Group, melalui usaha patungan dari anak perusahaan OUE Lippo Healthcare dan mitra konglomerat China, China Merchants, telah mencapai kesepakatan dengan China Changjiang National Shipping Group Co, untuk mendirikan “perusahaan joint venture multi-juta dolar baru”.

Perusahaan patungan Lippo-China Merchants akan memegang 51 persen saham dalam usaha patungan baru, sementara China Changjiang akan menahan sisanya.

Perusahaan baru akan mengoperasikan Rumah Sakit Shanghai Changhang, yang saat ini dikelola oleh Changjiang Shipping Co. Untuk Lippo, yang mengoperasikan 32 rumah sakit di Indonesia, Rumah Sakit Shanghai Changhang menandai rumah sakit pertama yang dioperasikan oleh kelompok di Shanghai.

Di luar Indonesia, Lippo, yang mengklaim sebagai salah satu grup perawatan kesehatan terbesar di Asia Tenggara, juga mengoperasikan empat rumah sakit di Myanmar di bawah Rumah Sakit Pun Hlaing Siloam.

Lippo Group bersama dengan mitra konglomerasi asal Tiongkok, China Merchants Group, telah meraih kesepakatan dengan China Changjiang National Shipping Group Co. Kesepakatan itu, untuk mengakuisisi sebuah rumah sakit terkemuka di Shanghai.

Shanghai Changhang Hospital, yang saat ini dikelola oleh Shanghai Changjiang Shipping Co, terletak di area Pudong New District, Shanghai.

Dalam perjanjian tersebut, anak perusahaan patungan Lippo — yaitu perusahaan patungan bersama China Merchants Group dengan kepemilikan 50:50 — akan menguasai 51 persen dari saham perusahaan patungan sementara sisanya dimiliki oleh China Changjiang.

Lee Yi Shyan, Chairman anak perusahaan Lippo di Singapur, yaitu OUE Lippo Healthcare Limited (OUELH) mengatakan,  “Pasar industri layanan kesehatan Tiongkok yang tumbuh pesat merupakan peluang bagi kami.”

Maksudnya, “Untuk menghadirkan pengalaman Lippo dalam jasa kesehatan ke populasi yang lebih besar.”

“Kemitraan kami dengan China Merchants Group menggabungkan keahlian kami dalam layanan kesehatan internasional dengan pengetahuan mendalam mereka tentang pasar lokal,” tutur Lee Yi Shyan.

“Melalui usaha patungan bersama China Changjiang ini, kami akan lebih baik lagi dalam melayani pasar jasa kesehatan di Tiongkok,” paparnya.

Masih dalam penjelasan Lee, Lippo, yang mengoperasikan 32 rumah sakit di Indonesia di bawah Siloam International Hospitals, dan empat rumah sakit di Myanmar dengan bendera Siloam Pun Hlaing Hospitals, adalah salah satu kelompok usaha jasa kesehatan terbesar di Asia.

Pada 2016, perusahaan investasi CVC Capital Partners membeli 15% saham PT Siloam Hospitals Internasional Tbk dengan dengan nilai US$ 165 juta.

Sebagai bagian dari visi transformasi kemanusiaan Lippo untuk Asia, kelompok usaha ini terus membuka rumah sakit di berbagai wilayah dan ditargetkan membuka 10 rumah sakit baru di Indonesia tahun ini.

Untuk diketahui, Lippo, konglomerasi usaha lintas Asia dengan investasi strategis dan area operasi di delapan pasar global, adalah kelompok usaha jasa terintegrasi terbesar di Indonesia.

Lippo melayani lebih dari 60 juta pelanggan melalui usaha real estat, mall, department store, rumah sakit, telekomunikasi, media, dan jasa keuangan.

sumber: ANTARANEWS.id

baca juga: majalah Eksekutif cetak (print) terbaru – klik ini

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klik aja

Translate »