Technology

T-Systems Dukung Transformasi Digital Industri Kesehatan di Indonesia – Implementasikan Solusinya di Dua Rumah Sakit

473Views

Keterangan  FT (Kiri – kanan ) :

Stefanus Tirtosuharto  (Senior Project Manager, T-Systems Singapore ),Hasan Widjaja  (Corporate IT Director Eka Hospital ),  Arkadiusz Czopor (Managing Director, T-Systems  Asia South ) dan Sameer Salunkhe (Head Systems Integration,  T-Systems Singapore).

 

 

Transformasi  digital kini tak terelakan lagi di semua lini, tak terkecuali di industri kesehatan.  Industri kesehatan tengah menghadapi evolusi ketiga gelombang teknologi informasi digital. Transformasi digital dengan pesat mentransformasi industri kesehatan. Organisasi-organisasi kesehatan kian hari meningkat di dalam penggunaan teknologi yang semakin cerdas dan menggunakannya untuk penyampaian informasi yang lebih personal juga efisien.

Transformasi digital juga memungkinkan penyedia layanan kesehatan mencapai tujuan dengan mengutamakan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pasien secara keseluruhan. Selain itu, para pemain di industri kesehatan perlu mengimplementasikan beragam aplikasi dan teknologi yang memungkinkan otomatisasi lebih efisien, pengambilan keputusan yang lebih baik, konektivitas yang lebih kuat dengan pelanggan dan pihak eksternal lainnya, dan juga inovasi berbasis data yang lebih canggih.

T-Systems, sebagai integrator sistem global berpengalaman dalam industri kesehatan di lebih dari 20 negara telah banyak membantu bisnis kesehatan menuju digitalisasi , termasuk industri kesehatan di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, menurut  Arkadiusz Czopor, Managing Director untuk T-Systems Asia South,  T-Systems berkomitmen untuk membantu industri kesehatan di Indonesia dalam perjalanan transformasi digital mereka.

“Kami membuka kantor di Indonesia, dengan staf lokal dan ekspansi bisnis ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan kami untuk tetap menjadi penyedia dan integrator sistem terpercaya  di industri kesehatan,” kata Arkadiusz saat memberikan keterangan di Jakarta, Kamis ( 08/11/2018).

Menurut Arkadiusz,  di Indonesia sudah ada dua rumah sakit yang telah mengimlplementasikan sistem yang dikembangkan T-Systemes, yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga  dan Eka Hospital.

T-Systems bekerjasama dengan SAP Indonesia untuk memberikan solusi kesehatan terpadu bagi para pemain industri kesehatan di Indonesia. Eka Hospital, sebagai salah satu rumah sakit terkemuka di Indonesia mengimplementasikan solusi SAP Healthcare, logistik dan manajemen keuangan dengan T-Systems.

Implementasi solusi digital di Eka Hospital  bertujuan untuk penerapan model proses sistem yang selaras dengan seluruh rumah sakit dan klinik EKA sehingga Eka Hospital dapat melayani pasien secara optimal, dan di saat yang bersamaan, merampingkan semua proses back-office sehingga aktivitas frontliners terintegrasi.

Sementara untuk RS Mitra Keluarga, T Systems  menerapkan sistem terintegrasi dengan SAP Electronic Medical Records and Business Process Management. Solusi ini meningkatkan kemampuan Mitra Keluarga untuk menerima informasi operasional dan klinis secara real-time yang dapat diandalkan sehingga proses pengambilan keputusan terakselerasi serta realisasi pendapatan yang optimal. Solusi administratif dan klinis dari SAP akan berjalan di platform SAP HANA®, termasuk keuangan, pengadaan, inventaris, manajemen pasien, tagihan dan rekam medis elektronik (Electronic Medical Records).

“Pemberdayaan pasien adalah salah satu pengaruh utama yang mendorong industri kesehatan untuk menjadi siap digital di seluruh rantai bisnis. Di era masyarakat modern saat ini, konsumen membutuhkan layanan kesehatan yang dapat dipersonalisasi seperti diagnosa kesehatan, bimbingan pencegahan penyakit secara transparan hemat biaya dengan penyimpanan yang aman dan infrastruktur penagihan. ” ujar Arkadiusz  menambahkan.

Sementara itu, menurut  Stefanus Tirtosuharto, Senior Project Manager, T-Systems Singapore , dengan implementasi solusi T-System, pengelolaan dan operasional rumah sakit menjadi lebih efektif dan efisien.

“Hal yang dapat  dirasakan langsung misalnya, pengurangan penggunaan kertas untuk urusan administrasi misalnya, itu  sangat tersaasa sekali.  Pendataan Medical Records pasien lebih terjamin, hal itu akan memudahkan proses diagnosis bagi pasien, bila berobat kembali, “  ungkap Stefanus mencontohkan beberapa keuntungan  pengimplementasian  solusi  dari  T-Systems.

Selain itu menurut  Stefanus, pelayanan  rumah sakit  menjad  lebih cepet, karena  pengambilan keputusan tindakan    lebih  mudah dan cepet  karena  didukung ketersediataan data  yang  memadai. Bahkan  Stefanus juga mengungkapkan bahwa  berdasarkan pengalaman T-Systems,  tingjkat  efisiensi implementasi  T-Systems  di industri kesehatan  bisa mencapai 30 % lebih.

Senada dengan Stefanus,  Hasan Widjaja Corporate IT Director Eka Hospital, mengungkapkan bahwa dengan  berbagai kemudahan dan kecepatan proses pelayanan rumah sakit,  pasien  dan  pengguna layanan  kesehatan  lainnya  tentu menjadi lebih happy.  Terlebih menurut  Hasan didukung dengan suasana rumah sakit yang lebih nyaman.

T-Systems  sendiri, sebagai integrator sistem global berpengalaman dalam industri kesehatan di lebih dari 20 negara kini telah  mendapat 2 penghargaan  yaitu salah satu exclusive elite sellers solusi dari pemimpin pasar global untuk perangkat lunak perusahaan. Di bawah kategori tertinggi program reseller SAP – Global Platinum Partner  dan  sebagai “Datacenter Transformation Partner of the Year Award” dari Microsoft

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Translate »