Connect with us
script data-ad-client="ca-pub-4777880934442148" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Berita Bisnis

Tantang Talenta Digital Indonesia – Shipper Kolaborasi dengan AWS Gelar Shipper Hackaton Rancang Aplikasi Gudang Pintar

Published

on


Eksekutif.com – Perusahaan rintisan alias startup logistik berbasis teknologi Shipper Indonesia (Shipper.id) berkolaborasi bersama Amazon Web Services (AWS) menggelar Shipper Hackathon “ShipperHack 2021”.

Pertama kalinya diadakan oleh Shipper, ShipperHack adalah kompetisi online pemrograman selama 48 jam, yang akan dilaksanakan pada 9-11 April 2021, di mana kelompok pengembang perangkat lunak (developers) terpilih akan merancang solusi untuk meningkatkan kinerja rantai pasokan dan proses logistik secara digital.

Secara khusus, tantangan bagi para peserta ShipperHack 2021 adalah merancang aplikasi untuk mendukung terlaksananya sistem pergudangan pintar atau smart warehousing.

Budi Handoko selaku Co-Founder & COO Shipper Menjelaskan “Shipper dengan bangga mempersembahkan ShipperHack 2021 yang mengusung tema Application for Smart Warehouse (aplikasi gudang pintar-Red). Kompetisi ini merupakan wujud nyata dari Shipper untuk mendukung para pemuda bertalenta dalam bidang digital dan teknologi untuk terus berinovasi demi memajukan sektor logistik di Indonesia.

Tentunya, kami pun berharap inovasi yang dihasilkan dapat mendukung upaya-upaya pemerintah dalam transformasi digital sektor logistik ke depannya,” Ujar Budi, Dalam konferensi pers virtual Selasa (23/03).

Budi memaparkan bahwa gudang pintar adalah ekosistem teknologi yang mendukung proses penerimaan, pengidentifikasian, penyortiran dan pengaturan barang secara otomatis. Sistem ini memastikan proses otomasi pada keseluruhan operasi pergudangan, mulai dari pemasok ke pelanggan sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas layanan logistik secara keseluruhan. Sistem gudang terintegrasi juga telah dioperasikan oleh perusahaannya, pada lebih dari 150 gudang di berbagai wilayah Indonesia.

Berdasarkan laporan Startusinsights Januari 2021, tren industri logistik bergantung pada perubahan signifikan yang didorong oleh penerapan inovasi berbasis teknologi dalam proses bisnis. Otomatisasi dalam proses logistik akan menghasilkan  produktivitas dan efisiensi yang signifikan dalam alur kerja.

Dengan demikian, prinsip otomatisasi dalam gudang pintar adalah salah satu bagian utama dari tren logistik masa depan yang termasuk diantaranya penerapan Internet of things, artificial intelligence, dan blockchain. Gudang pintar akan menggunakan kombinasi teknologi otomasi yang efisien untuk mengontrol biaya operasional untuk bisnis logistik.

Kompetisi ShipperHack menargetkan keikutsertaan 80-100 peserta dari kalangan pengembang pernagkat lunak (developer) muda dari tanah air. Registrasi kompetisi ini tidak dipungut biaya dan dapat dilakukan secara online. Registrasi telah dibuka sejak 1 Maret 2021 dan akan ditutup pada 1 April 2021.

Para peserta dapat mendaftarkan diri secara individual atau dalam tim, yang masing-masing terdiri atas 3-5 orang anggota. Akan terdapat puluhan juta rupiah dan produk-produk Amazon yang dipersiapkan Shipper dan AWS sebagai hadiah bagi para pemenang. Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi dapat diakses melalui https://shipper.id/shipperhackathon.

Dalam kesempatan ini, Shipper mengumumkan pula beberapa nama yang akan menjadi dewan juri dalam kompetisi ShipperHack. Mereka adalah Petra Novandi Barus, Senior Developer Advocate, AWS Indonesia, Natali Ardianto, Co founder & CEO Jovee.id & Lifepack.id, Marvinus Kokoh Arif, CTO Shipper.id dan Ridy Lie, Partner & Head of Tech Insignia Venture Partners.

Para juri akan menilai dan memberikan masukan kepada setiap tim untuk mempertajam solusi teknologi gudang pintar yang mampu diwujudkan dan dikembangkan untuk penggunaan sehari-hari. Nantinya, para peserta kompetisi dapat pula menggunakan layanan AWS dalam mendukung performa aplikasi rancangan mereka.

Salah seorang juri ShipperHack 2021, Marvinus Kokoh Arif, menyatakan bahwa aplikasi yang paling implementatif akan mendapat poin tertinggi. “Terkadang, peserta hackathon itu lebih fokus ke sistem, jadi karena berpikir terlalu jauh, aspek user experience menjadi terlupakan. Padahal, aplikasi yang berhasil adalah yang bisa digunakan dengan mudah oleh kalangan yang tidak familiar dengan teknologi sekalipun”, ungkapnya.

ShipperHack 2021 adalah sarana untuk menstimulasi para talenta muda untuk ikut urun rembuk dalam transformasi digital sektor logistik. Bagi Shipper, intervensi teknologi dan inovasi dalam sektor logistik memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong kontribusi riil dari sektor swasta untuk menopang pertumbuhan perdagangan elektronik (e-commerce) yang semakin masif digunakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

UKM Center FEB UI mencatat bahwa pada 2018 terdapat 64,19 juta UMKM di Indonesia dengan kontribusi ekonomi mencapai 60,3 persen terhadap PDB. Sektor ini juga menyerap hampir 117 juta (97 persen) tenaga kerja.

Oleh karena itu, efisiensi biaya logistik pada akhirnya akan berdampak signifikan bagi peningkatan daya saing pelaku UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

Selain ShipperHack, Shipper juga memiliki inisiatif lainnya untuk membangun SDM digital, antara lain, Shipper Academy dan Shipper Trainee Program. Kedua program tersebut merupakan program pelatihan yang menyasar mahasiswa, lulusan baru universitas, serta profesional muda di Indonesia.

Penguatan SDM digital merupakan komitmen utama perusahaan dalam terus membangun ekosistem logistik nasional guna mempercepat pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.

Dengan didukung oleh para pimpinan dan karyawan perusahaan yang didominasi oleh talenta muda, Shipper adalah salah satu perusahaan teknologi dengan perkembangan paling pesat di Indonesia.

 

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Bisnis

Bantu Korban Banjir dan Longsor NTT –  PTTEP  Gelar  Program NTT Bangkit Berdaya

Published

on

By


 

Bencana banjir dan longsor di NTT beberapa waktu lalu telah memakan korban yang cukup banyak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Provinsi NTT, yang merilis laporan terkini kondisi pasca bencana, pada 12 April 2021  menyebutkan bahwa rincian  korban bencana melaporkan 179 orang meninggal dunia, 45 orang hilang, 271 orang luka-luka, 11.406 orang mengungsi, dan 461.359 orang terdampak banjir. Sementara itu, 14.779 bangunan rusak berat, 10.208 bangunan rusak sedang, dan 35.716 bangunan rusak ringan.

Atas dasar itulah, PTTEP melalui Dompet Dhuafa bersinergi dengan pemerintah provinsi NTT, berupaya menjadi pihak yang aktif terlibat  dalam membantu korban bencana di NTT. Komitmen tersebut diwujudkan melalui program NTT Bangkit Berdaya, yang diselenggarakan pada Selasa (20/04/2021 ) yang dilakukan secara online bersama pemerintah NTT.

Melalui program tersebut  PTTEP ingin memastikan bahwa masyarakat harus kembali bangkit dan berdaya.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membantu saudara-saudara di NTT, terutama yang terkena dampak bencana banjir dan tanah longsor,” ujar Grinchai Hattagam, General Manager PTTEP Indonesia, seusai memberikan bantuan, Selasa ( 20/04/2021).

“Menghadapi bencana di tengah pandemi, masyarakat harus kembali bangkit dan berdaya, sehingga kehidupan sosial, ekonomi, dan lainnya bisa terus berlanjut lebih baik lagi,” tegasnya.

Bantuan yang diberikan PTTEP tersebut meliputi paket dapur gizi sehat, paket logistik mandiri, paket belajar siswa mandiri, dan paket aksi layanan sehat.

“Diharapkan 2764 masyarakat terdampak di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan, mendapatkan bantuan ini,” tambah Grinchai.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda NTT, Maxi Manafe, mengungkapkan,“Bantuan dari PTTEP sangat bermanfaat bagi masyarakat kami yang terkena bencana, saya bersyukur dan berterimakasih PTTEP menjadi pihak yang berkomitmen dalam penanganan bencana di NTT. ”

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bappeda NTT, Johny Erikson Ataupah mengungkapkan bahwa  komitmen PTTEP dapat memberikan inspirasi bagi perusahan lain, untuk menjadi bagian dalam upaya kepedulian.

Selain itu menurut Johny, PTTEP juga bekerja sama dengan pemerintah daerah di NTT dalam upaya pencegahan stunting. “ Ini tentu bisa menjadi inspirasi bagi (perusahaan) yang lain,” tegas Johny.

Penyaluran bantuan sendiri dilakukan melalui Dompet Dhuafa bekerja sama dengan BPBD NTT, dan relawan yang ada di lokasi bencana. Dihubungi secara terpisah Ketua pokja logistik bencana, Sylvia Pekujawang, yang juga merupakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT, menyampaikan bahwa bantuan akan disalurkan di lokasi terdampak bencana yang parah, dan yang masih banyak memerlukan bantuan.

“Penanganan pasca bencana menjadi konsen semua pihak, Dompet Dhuafa, selalu siap sedia, sinergi, melakukan upaya bersama untuk memberikan bantuan dan layanan hangat bagi masyarakat terdampak bencana,” jelas Herdiansah, Direktur CSR Dompet Dhuafa.

 



Post Views:
2

Continue Reading

Berita Bisnis

Pertumbuhan Penjualan Naik 107,7 % – MD Picture Raih  Laba  Rp. 17,3 Miliar pada Q1 2021

Published

on

By


 

PT MD Pictures Tbk  telah mengumumkan kinerja keuangan untuk kuartal pertama yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2021.  Perseroan catat pertumbuhan signifikan pada nominal penjualan menjadi Rp 61 miliar. Alhasil, laba bersih Perseroan tercatat Rp 17,3 miliar. 

Pada kuartal pertama tahun 2021, nominal penjualan tumbuh dua kali lipat dari Rp 29,4 miliar pada kuartal pertama tahun 2020 menjadi Rp 61 miliar pada periode yang sama tahun ini atau tumbuh sebesar 107,7%.

Kontributor utama atas pertumbuhan ini adalah dari kategori film dengan kontribusi sebesar 90,7% dari total pendapatan, setara dengan nilai nominal sebesar Rp 55,3 miliar atau tumbuh 196,4% dibandingkan dengan angka pada setahun sebelumnya yaitu Rp 18,7 miliar. Pendapatan dari kategori film meliputi pendapatan dari digital, cinema dan televisi. Kontributor pendapatan lainnya terdiri dari sewa bangunan dan sewa peralatan shooting.

Kontributor utama pertumbuhan penjulan  pada Q 1 tersebut berasal dari Digital Sales yang tumbuh pesat hampir 20 Ribu persen dibandingkan kuartal Pertama tahun sebelumnya dari Rp 0,3 miliar menjadi Rp 51,04 miliar.

Sebagai bagian dari pivot strategy MD Pictures, tercatat adanya pertumbuhan pesat pada penjualan di sektor digital sebesar 19.762,5% dibandingkan setahun sebelumnya, dari Rp 0,3 miliar menjadi Rp 51,04 miliar di kuartal pertama 2021.

Penjualan digital berkontribusi sebesar 92,3% dari total penjualan film dan 88,7% dari total penjualan. Sejalan dengan masa new normal karena pandemi, penjualan program televisi tumbuh dua kali lipat sedangkan penjualan film bioskop masih relatif rendah.

Direktur Utama MD Pictures, Manoj Punjabi mengatakan, “Kinerja positif pada kuartal ini merupakan hasil dari tanggapan cepat FILM dalam beradaptasi dengan pandemi COVID-19 di awal 2020 melalui penerapan pivot strategy dimana kami memasuki pasar dan bentuk konten hiburan baru. Tantangan ini menjadi peluang bagi kami dimana terdapat peluang emas di masa cemas.”

Pertumbuhan pesat pada penjualan tersebut menurut Manoj,  diiringi oleh penurunan pada beban pokok penjualan sebesar 10,9% dibandingkan setahun sebelumnya menjadi Rp 27,3 miliar. Hal ini menghasilkan laba bruto sebesar Rp 33,7 miliar pada kuartal ini. Beban operasional turun sebesar 29,4% dibandingkan setahun sebelumnya dari Rp 24,1 miliar menjadi Rp 17,0 miliar.      

Secara keseluruhan, pertumbuhan penjualan dan penurunan beban operasional memungkinkan MD Pictures untuk secara drastis memperbaiki kinerjanya dari kerugian bersih senilai  Rp 7,5 miliar pada setahun sebelumnya menjadi laba bersih senilai Rp 17,3 miliar pada kuartal pertama 2021.

“Perubahan strategi kami untuk menjadi produsen hiburan online menjadikan FILM untuk tidak hanya bertahan di pasar namun juga berhasil meningkatkan kinerja secara drastis,” ungkap Manoj, dalam keterangan tertulisnya, “ Jum at ( 16/04/2021 ).

“Sejarah panjang MD Pictures dalam menghasilkan film dan series original serta beragam franchise yang sukses memungkinkan kami untuk melakukan transformasi cepat dan menerapkan model pendapatan baru yang menghasilkan laba bersih jauh lebih tinggi pada kuartal I 2021,” tambah Manoj Punjabi.

Perseroan terus mengelola neraca keuangan yang sehat, dengan pertumbuhan aset sebesar 3,0% dibandingkan akhir tahun 2020, menjadi Rp 1,4 triliun per 31 Maret 2021.

Indonesia sedang mengalami revolusi digital dan MD Pictures menjadi produsen dan distributor terkemuka untuk hiburan dalam bentuk digital baru, bekerja sama dengan, antara lain, Disney+Hotstar, WeTV dan Iflix, Viu, Netflix, Vidio, Migo, danTelkomsel Maxstream.

Ke depannya, MD Pictures berencana untuk terus menjadi pemimpin pasar dan memanfaatkan pertumbuhan pesat di industri ini.



Post Views:
6

Continue Reading

Berita Bisnis

DJI AIR 2S Hadir di Jaringan Outlet Erajaya Group

Published

on

By


Menggabungkan Kualitas Gambar yang Luar Biasa dengan Kinerja Penerbangan yang Mumpuni

Eksekutif.com, – Erajaya Group bersama DJI, pemimpin global dalam drone sipil dan teknologi kamera kreatif, hadirkan DJI Air 2S secara Exclusif.

Drone kamera portabel ini adalah solusi drone all-in-one, dengan kinerja penerbangan yang kuat, menggunakan sensor 1” untuk pengambilan gambar 20 megapiksel dan video 5,4K.

Peningkatan kualitas kamera serta cara baru
dalam menerbangkan dan memvisualisasikan gambar, produk terbaru DJI ini telah membuat tolak ukur yang baru dalam memberikan pengalaman menerbangkan drone.

Djohan Sutanto, Direktur Erajaya Group, menyatakan, “Tak dapat dipungkiri bahwa pada saat ini drone merupakan teknologi inklusif makin dicari masyarakat. Kemudahan pengoperasian, resolusi kamera yang terus meningkat, umur batere yang membaik, ukuran produk yang makin ringan dan compact membuatnya menjadi salah satu opsi mengabadikan momen spesial bagi pengguna individu maupun para pembuat konten (content creator).”

Menyongsong momen Lebaran tahun ini, kami secara khusus menghadirkan drone terbaru dari DJI yaitu DJI Air 2S, dan memberikan penawaran khusus untuk setiap
pembelian baik. Ucap Djohan kepada media, saat acara peluncuran DJI Air 2S secara virtual, Jumat (16/04).

Kami mengundang pencinta drone dan produk DJI untuk dapat mengunjungi outlet DJI di Mal Grand Indonesia lantai 3A untuk melihat produk eksklusif ini. Imbuhnya.

DJI Air 2S telah tersedia dengan 2  pilihan Combo. Yang pertama adalah Standard Combo yang dibanderol seharga Rp 15.999.000, sudah termasuk drone, pengendali jarak jauh, satu buah baterai
serta semua kabel dan bagian yang diperlukan. Combo yang kedua adalah Fly More Combo yang dijual dengan harga Rp 20.999.000, mencakup drone, pengendali jarak jauh, tiga buah baterai, filter ND, hub
pengisian daya, dan tas bahu

Setiap pembelian DJI Air 2S pada tanggal 16 April hingga 18 April 2021 di DJI Authorized Reseller Store Grand Indonesia dan di beberapa jaringan outlet Urban Republic (UR) pilihan, akan mendapatkan hadiah
langsung SanDisk Extreme 128GB secara gratis.

Hadiah langsung ini juga bisa didapatkan melalui pembelian di official store DJI e-commerce marketplace Tokopedia untuk 100 orang pembeli pertama.

Selain itu, pelanggan Urban Republic bisa memperoleh cashback hingga Rp 400.000* dan cicilan 0% hingga 18 bulan dengan menggunakan Kartu Kredit Bank BCA dan Mandiri.

Produk ini juga akan segera tersedia di beberapa jaringan outlet iBox dan Erafone tertentu.



Post Views:
5

Continue Reading

Trending

Copyright © 2021 Eksekutif.ID | Kerjasama dan kolaborasi silahkan email: eksekutifmatra@gmail.com. Hotline 0816-1945-288