TikTok Kembali Lanjutkan Program #SamaSamaBelajar 

  • Whatsapp


 

Setelah diluncurkan tahun lalu dan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat, TikTok berkomitmen untuk   terus  berikan akses  untuk belajar  dan berbagi  dengan kembali melanjutkan program #SamaSamaBelajar 2021 yang fokus menghadirkan konten edukasi di platform digital.

Program yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia ini bertujuan untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama kepada siapa pun untuk belajar dan berbagi inspirasi kepada masyarakat melalui konten edukasi di TikTok.

Pemanfaatan internet dan platform digital untuk dunia pendidikan semakin meningkat seiring dengan diberlakukannya kebijakan pembelajaran jarak jauh.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statisik tahun 2020, terjadi peningkatan hampir 100% terhadap penggunaan internet untuk kegiatan belajar di tingkat SMA/sederajat dan juga bangku perkuliahan, dibandingkan tahun 2016. Pemerintah, melalui Kemendikbudristek, pun menaruh fokusnya pada peningkatan teknologi dan infrastruktur guna mendukung program Merdeka Belajar yang memberi kemerdekaan setiap unit untuk berinovasi.

Pengembangan teknologi ini menjadi sangat signifikan seiring diberlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan metode hybrid learning.

“Program Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemendikbudristek sejak tahun lalu pasti akan menghadapi banyak tantangan lain ke depannya. Teknologi dan platform digital yang ada saat ini merupakan salah satu inovasi dan solusi yang membantu keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Di sinilah perlu peran berbagai elemen masyarakat untuk memanfaatkan teknologi yang ada, termasuk oleh peserta didik dan tenaga pengajar,” kata Rachmadi Widdiharto, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dalam paparannya, Kamis ( 20/05/2021 ).

“Sehingga inovasi ini dapat memberikan kesempatan yang lebih luas dan mudah bagi siapa pun untuk belajar, seperti yang digaungkan oleh program Merdeka Belajar,” tambah Rachmadi

Sementara itu, Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia, mengungkapkan bahwa pemberian akses bagi siapa saja untuk belajar dan berbagi inspirasi inilah yang menjadi fokus pada program #SamaSamaBelajar di tahun 2021.

TikTok Indonesia telah mempersiapkan serangkaian kegiatan untuk dilangsungkan sepanjang tahun, antara lain:

  • Kompetisi #SamaSamaBelajar #MerdekaBelajar.Kompetisi ini bertujuan untuk mengapresiasi para kreator yang telah memberikan kesempatan dan akses kepada siapapun untuk belajar dan berbagi inspirasi.
  • TikTok Class.Memberikan kesempatan kepada siapapun untuk menjadi kreator edukasi dengan sesi pelatihan bersama tim TikTok Indonesia.
  • TikTok University Week.Kegiatan webinar di 8 kota di Indonesia dalam bagaimana membuat konten edukasi yang menyenangkan dan engaging. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat berbagi dan belajar kepada generasi muda.

“TikTok terus berkomitmen untuk menjadi platform dimana siapapun dapat bersenang-senang dan menciptakan konten yang menghibur, positif dan bermanfaat,” tegas Angga.

“Setahun terakhir, kami telah melihat bagaimana berbagi pengetahuan sederhana di TikTok ternyata dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, menjadi inspirasi, menciptakan peluang karir hingga membuka berbagai kesempatan baru. Kami senang program SamaSamaBelajar dapat membuktikan bahwa siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan memberikan inspirasi kepada orang lain,” tambah  Angga

Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar yang merupakan kolaborasi dengan Kemendikbud ristek memberikan kesempatan kepada semua kreator untuk membagikan konten informatif mulai tanggal 15 Mei sampai 25 Mei 2021.  Pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah total ratusan juta rupiah.

Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dengan mengunjungi tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar saat ini telah menempati top konten di TikTok, dengan total jumlah views lebih dari 59 Miliar.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *