Tips Positif dan Produktif di Media Digital 

  • Whatsapp


JAKARTA,– Era digital yang serba memanfaatkan teknologi internet memungkinkan setiap orang memanfaatkannya secara positif dengan menjadikan media digital ruang positif untuk produktif. Tak dapat dipungkiri dengan perubahan era yang kini serba internet digitalisasi akhirnya mengharuskan setiap orang memanfaatkannya untuk berbagai bidang pekerjaan dan usaha.

“Untuk terhindar dari hal-hal negatif, fokuskan tujuan dalam bermedia digital. Mau berkarya atau sekadar bergaya?,” Kata Aldiyar, Instruktur Edukasi4ID saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat I, Kamis (26/8/2021)

Dia pun memberikan tips agar setiap orang bisa secara positif menggunakan media digital sebagai ruang untuk produktif. Pertama, mulai dari hal yang paling mungkin sebagai langkah awal. Mulai dari apa yang kita suka dan bisa. Sebagai contoh, dari hobi fotografi yang digeluti bisa saja dijadikan sarana produktif menghasilkan karya. Selanjutnya jadilah pembuat karya dan bukan sekadar penikmat. Misalnya kalau hobi memasak, maka Anda bisa mendaftar ikut kompetisi sejenis MasterChef, membuat karya di media sosial dengan unggahan seputar dunia kuliner berupa tips memasak atau membuat resep tertentu.

Kemudian gunakan media digital sebagai media penyimpanan portofolio. Di Instagram bahkan Anda bisa menyertakan link berupa website potrofolio karya-karya yang berupa prestasi. Unggahan di feed Instagram pun bisa menjadi portofolio, misalnya berupa contoh desain mural atau desain webtoon.

“Memperlihatkan hasil pekerjaan yang sedang digeluti di media sosial akan membuat orang menjadi tahu profesi dan keahlian kamu. Jika kamu freelancer maka akan mudah klien melihat hasil pekerjaanmu,” kata Aldiyar.

Pergunakan media sosial untuk menjalin relasi. Bangun relasi positif di media sosial dengan hanya fokus ke sesuatu yang berhubungan dengan tujuan kamu di awal tadi. Antara lain menjalin relasi dengan rekan satu profesi dan teman baru yang satu hobi.

Manfaatkan juga media sosial sebagai media promosi bisnis, pelajari tools desain sederhana yang bisa Anda pelajari secara otodidak lewat bantuan internet. Selanjutnya manfaatkan relasi yang telah dibangun untuk mempromosikan produk atau jasa.

Selain bisa mengungah segala hasil karya, manfaatkan juga media digital untuk mendapatkan informasi yang viral. Namun jangan lupa agar membekali diri untuk mengantisipasi derasnya informasi palsu yang beredar. Sebaiknya hanya ikuti akun kredibel yang dapat dipercaya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Depok, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Klemes Isma Yulianto, Kepala Program TKJ SMK Harapan Bangsa Depok, Dessy Natalia, Asst. Lecture & Industrial Placement Staff UBM, serta Ali Imran, Instruktur SMK Harapan Bangsa Depok.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 1 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *