Majalah Eksekutif

Tokopedia Bersama Modalku Luncurkan ‘Modal Toko’

161Views

EKSEKUTIF.id —  Dalam rilis yang diterima  disebutkan, bahwa Tokopedia telah bekerja sama dengan Modalku. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun.

“Tokopedia melihat adanya kebutuhan yang tinggi dari para penjual akan pinjaman modal usaha yang lebih mudah, instan dan fleksibel,” ujar AVP Fintech Tokopedia, Samuel Sentana.

“ Sejak diluncurkan April 2019 lalu, sudah ada puluhan ribu penjual yang dapat mengakses pinjaman modal melalui Modal Toko,” masih menurut Samuel.

Ia pun menjelaskan, program memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace, logistik, pembayaran dan teknologi finansial.

Tokopedia memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital.

Sebagai perkembangan dari layanan sebelumnya, yaitu Tokopedia Pinjaman Modal, Modal Toko memungkinkan penjual di Tokopedia mengembangkan bisnisnya dengan mendapatkan modal usaha secara lebih mudah, instan dan fleksibel.

Melalui Modal Toko, penjual di Tokopedia bisa mendapatkan modal hingga Rp300 juta yang dapat ditarik kapan saja dan berapa saja sesuai kebutuhan sampai batas kredit limit tercapai, dengan proses aplikasi dan persyaratan mudah.

Di rilis disebutkan, selain itu, bunga pinjaman rendah dan flat, serta tanpa biaya admin atau provisi lainnya. Proses persetujuan pinjaman hanya akan memakan waktu rata-rata satu hari.

Jika sudah disetujui, pinjaman modal akan masuk ke Saldo Penghasilan Tokopedia secara real time dan bisa langsung ditarik tunai.

Sederet nilai tambah yang dihadirkan Tokopedia melalui Modal Toko diharapkan bisa membuat arus keuangan para penjual berjalan lebih baik.

Ketersediaan modal yang lancar memungkinkan para penjual restocking lebih cepat, sehingga keuntungan yang bisa didapatkan pun bisa menjadi lebih tinggi.

Faktanya, pendapatan penjual yang mencairkan pinjaman melalui Modal Toko meningkat rata-rata 50 persen, dengan rata-rata jumlah order meningkat hingga 2,5 kali lipat.

Samuel menambahkan bahwa sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia selalu bekerja sama dengan para mitra strategis dalam mewujudkan inovasi yang ditujukan untuk membantu para UMKM.

“Tokopedia kali ini bekerja sama dengan Modalku, platform pinjaman digital yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, dalam menghadirkan layanan Modal Toko,” terang Samuel.

Untuk mendorong perkembangan bisnis para penjual di Tokopedia, serta meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM secara keseluruhan.

Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya, mengatakan, “Di era digital ini, inovasi menjadi kunci untuk menjawab kebutuhan UMKM lokal, termasuk segmen online seller yang tumbuh begitu pesat belakangan ini.

Kerja sama Modalku dengan Tokopedia menjadi salah satu cara untuk memperluas akses ke pinjaman usaha yang terjangkau bagi sektor underserved sekaligus berkontribusi untuk inklusi keuangan nasional.

Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, Hendrikus Passagi, di sisi lain mengapresiasi kerja sama Tokopedia dan Modalku.

“Kami berharap kehadiran fitur Modal Toko, sebagai hasil kerja sama Tokopedia dan Modalku, dapat lebih melengkapi ekosistem ekonomi digital di tanah air,” demikian Hendrikus memaparkan.

Kolaborasi dalam fitur ini dipastikan akan dapat semakin meningkatkan perkembangan usaha daring dari para pelaku bisnis di Indonesia.

Modalku merupakan platform pinjaman digital terbesar di Indonesia yang menghubungkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemberi pinjaman individu dan institusi.

Modalku adalah merek dagang yang dimiliki PT Mitrausaha Indonesia Grup (perusahaan).

Secara hukum, Modalku terdaftar di OJK sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Dalam konteks itu, disebutkan juga misi memajukan ekonomi Indonesia dengan mendukung pertumbuhan UMKM melalui kegiatan pinjam meminjam langsung.

Tokopedia kali ini bekerja sama dengan Modalku, platform pinjaman digital yang terdaftar dan diawasi oleh OJK,

baca juga: majalah eksekutif edisi cetak — klik ini

MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -
redaksi
the authorredaksi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
%d blogger menyukai ini: