Trik Membuat Konten yang Bermanfaat dan Bernilai Positif

  • Whatsapp


EKSEKUTIF.COM, JAKARTA,- Saat jaringan internet sudah cukup merata di Indonesia dan fasilitas smartphone sudah cukup mumpuni, setiap orang di era digital sekarang ini dapat manfaatkannya sebagai sarana content marketing. Di mana seiring waktu penggunaan internet dan sejak kondisi pandemi makin muncul profesi baru seperti content creator dan influencer.

“Terlebih di masa pandemi saat semua sudah serba digital dan aktivitas lebih banyak di rumah, rata-rata orang menggunakan internet 8 jam per hari dengan waktu 3 jam 14 menit dihabiskan untuk sosial media,” ujar Fanny Fabriana, seorang public figure yang aktif menjadi content creator saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jum’at (1/10/2021).

Bagi Fanni yang sempat terjun ke dunia modeling dan kini merupakan seorang ibu dari tiga anak, apa yang diunggah ke sosial media menjadi perhatiannya sehingga harus bijak. Sebagai content creator yang lebih banyak membagikan idenya kepada pengguna Instagram dia pun memberikan tips membuat konten di sosial media.

“Konten sumbernya bisa dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain, kadang kita mau kasih kata inspirasi quote positif dari orang lain kode etiknya kita tulis juga sumbernya,” sebut Fanny.

Di samping itu Fanny pun membagikan tips untuk memilih tema sesuatu yang dikuasai, sebab pastinya dengan begitu sudah memahami celahnya. Selanjutnya pilih juga konten yang disukai, karena kalau suka akan sesuatu pastinya seseorang akan lebih mau mengeksplore ide dan menggali lebih banyak bidang itu agar isi konten lebih mengalir. Satu lagi yang tak boleh terlupakan adalah menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan kejujuran saat membuat konten atau originalitas.

“Tanya ke diri sendiri mengenai hobi dan kesukaan kita apa sih? Apa yang dikuasai sehingga dengan begitu sudah tahu celahnya. Selain itu tidak perlu selalu mengikuti tren, tapi lebih ke konten yang original saja,” ujarnya.

Sebisa mungkin menurut Fanny saat membuat konten seseorang harus memerhatikan sisi manfaatnya, memotivasi atau menginspirasi dan memiliki nilai. Sementara itu biasanya netizen menyukai konten yang merupakan jawaban dari permasalahan atau memberikan solusi.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bogor, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Klemes Rahardja, Founder Enterpreneur Society, Aditya Nova Putra, Ketua Jurusan Hotel dan Pariwisata IULI, dan Syarief Hidayatulloh, Digital Strategist Hello Monday Morning.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 4 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *