Yuk Sebarkan Budaya Positif di Ruang Digital

  • Whatsapp


EKSEKUTIF.COM, JAKARTA – Begitu besarnya minat kita terhadap budaya luar negeri. Contohnya saat ini budaya Korea yang populer hampir di seluruh penjuru dunia. Namun, sebagai warga Indonesia kita juga bisa membudayakan budaya negara kita hingga mencapai kancah internasional.

Masuknya budaya luar juga dapat dicontoh sebagai salah satu cara bagaimana mereka meraih keberhasilan hingga budayanya bisa menjadi perbincangan negara lain. Kita dapat melihat perjalanan kesuksesan dan penyebaran budayanya.

Pesatnya perkembangan ruang kreasi digital mengharuskan kita mengikuti perkembangan digital. Salah satu yang paling pesat perkembangannya ialah media sosial, seperti Instagram, Tiktok, dan Youtube. Melalui platform-platform tersebut kita bisa menciptakan budaya konten kreatif yang positif.

“Konten kreatif jadi sarana penyebaran budaya saat ini. Budaya dari Indonesia pun bisa kita sebarkan,” ujar Chika Amalia, Public Figure Branding & Partnership dalam Webinar Literasi Digital di Kota Depok, Jawa Barat, Senin (18/10/2021).

Tidak jarang saat ini kita melihat konten motivasi, budaya, edukasi, wisata, nyanyian hingga komedi menggunakan bahasa daerah berseliweran di media sosial. Kita bisa menyebarkannya dengan membuat konten atau hanya membagikan konten-konten tersebut di media sosial. Chika menyampaikan, budaya kreatif dan produktif dangat mendukung penyebaran budaya Indonesia di ruang digital.

“Dengan konten yang keren, mau enggak mau orang akan memperhatikan dari awal sampai akhir. Betapa banyaknya dan beragamnya budaya Indonesia,” ungkap Chika.

Dalam penyebaran budaya Indonesia kita perlu berperan secara aktif dan produktif. Senantiasa menyebarkan budaya Indonesia yang positif dengan tetap memiliki wawasan kebangsaan, nilai Pancasila, dan Kebhinnekaan. Menerapkan budaya positif negara lain boleh-boleh saja, tetapi Chika mengimbau untuk tetap mengingat dan melestarikan budaya bangsa sendiri.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Depok, Jawa Barat, Senin (18/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Atib Taufik (Ketua MGMP Kota Depok), Poppy Zulhana (Wakabid Kurikulum SMP Negeri 19 Depok), Rizky A. Julianda (Instruktur Edukasi 4ID), dan Randi Rinaldi (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 12 kali dilihat,  12 kali dilihat hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *